sign up SIGN UP

Artis-Artis Dunia Ini Ungkap Masalah Mental Health, Ada Selena Gomez!

ira syafira | Senin, 21 Jun 2021 23:00 WIB
Artis-Artis Dunia Ini Ungkap Masalah Mental Health, Ada Selena Gomez!
caption
Jakarta -

Kesehatan yang harus dijaga oleh seseorang bukanlah sekedar kesehatan tubuh atau fisik saja, melainkan kesehatan mental juga perlu diperhatikan.

Kesehatan mental seseorang dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan yang mungkin meninggalkan dampak besar bagi kepribadian dan perilaku seseorang tersebut. Seperti contohnya, kekerasan dalam rumah tangga, stres berat jangka panjang, hingga pelecehan anak. Beberapa jenis gangguan mental yang paling umum ditemukan di antaranya ada depresi, gangguan bipolar, kecemasan, stres pasca trauma, gangguan obsesif kompulsif, dan psikosis. 

Masalah kesehatan mental ini menarik perhatian banyak orang, tidak terkecuali para selebritis. Beberapa artis ternama mengungkap bahwa mereka pernah merasakan gangguan kesehatan mental sebelumnya, sehingga mereka memutuskan untuk speak up sebagai perhatian dari mereka untuk orang yang sedang menghadapi masalah tersebut saat ini.

Berikut beberapa selebritis dunia yang berbicara terkait isu kesehatan mental, ada Demi Lovato hingga Selena Gomez.

1. Lady Gaga

Foto: Lady Gaga/instagram.com/@ladygaga
Foto: Lady Gaga/instagram.com/@ladygaga

Terungkap pada 2016 silam, Lady Gaga menceritakan bahwa dirinya menderita gangguan stres pascatrauma (PTSD) setelah menderita pelecehan seksual saat ia berusia 19 tahun yang dilakukan oleh seorang produser rekaman. Ia belum pernah mengungkapkan pada siapapun sebelumnya, hingga ia menyadari bahwa perhatian yang diberikan oleh dokter, keluarga, dan juga teman-temannya bisa menyelamatkan hidupnya.

Lady Gaga telah berjuang untuk mencari banyak cara agar ia bisa sembuh, sampai akhirnya ia menemukan fakta bahwa kebaikan adalah cara terbaik untuk sembuh. Gangguan PTSD seperti yang di derita oleh Lady Gaga ini kebanyakan dialami oleh mereka yang mengalami atau menyaksikan trauma berat. Sehingga masalah satu ini harus lebih diperhatikan karena bisa berpengaruh ke kualitas hidup penderitanya.

2. Demi Lovato

Foto: Demi Lovato/instagram.com/@ddlovato
Foto: Demi Lovato/instagram.com/@ddlovato

Demi Lovato turut membicarakan terkait gangguan makan dan melukai diri sendiri yang telah ia derita. Demi menyatakan gangguan yang di deritanya itu merupakan cara untuk mengekspresikan rasa malunya terhadap dirinya sendiri dan pada tubuhnya sendiri.

Ia pernah berkata bahwa, di saat emosinya terbangun, Demi tidak tahu harus berbuat seperti apa. Sehingga ia melakukan pelampiasan kepada dirinya sendiri. Tapi, saat ini dirinya telah berubah. Ia menyalurkan energi positif untuk dirinya sendiri dengan cara bercermin dan mengatakan 'Kamu cantik, kamu cantik, aku mencintaimu, kamu sempurna apa adanya.'

3. Pangeran Harry

Foto: Pangeran Harry/instagram.com/@princeharryofengland
Foto: Pangeran Harry/instagram.com/@princeharryofengland

Pangeran Harry juga turut terbuka perihal kesehatan mental yang ia rasakan, dan ia mengungkap bahwa dirinya menderita serangan panik setelah kematian sang ibu, Putri Diana.

Ia bercerita saat ia harus mengenakan jas dan dasi setiap kali berada di ruangan manapun dan bertemu dengan banyak orang, ia merasa keringat mengucur dan detak jantungnya berdegup lebih cepat. Pangeran Harry merasa tidak tenang dan ingin segera pergi dari kerumunan tersebut. Namun karena gelar yang ia sandang adalah pangeran, ia tidak bisa keluar dan hanya bisa menyembunyikan gangguan dalam dirinya tersebut.

4. Katy Perry

Foto: Katy Perry/instagram.com/@katyperry
Foto: Katy Perry/instagram.com/@katyperry

Penyanyi sekaligus penulis lagu, Katy Perry, sepertinya baru-baru ini membuka diri untuk menceritakan tentang titik terendah yang pernah ia alami di tahun 2017 lalu. Melalui CBS This Morning, setelah berpisah sementara dengan sang suami, Orlando Bloom, ia mengatakan bahwa dirinya berada di persimpangan jalan dalam karirnya.

Pada tahun 2017 dia mengakui bahwa ia menderita depresi klinis, ia merasa seperti tidak bisa bangun dari tidunya. Karirnya tidak benar-benar memenuhi harapan yang ia inginkan. Untungnya, Katy berhasil bangkit dengan mencari terapis dan mulai menulis lagu baru.

5. Selena Gomez

Foto: Selena Gomez/instagram.com/@selenagomez
Foto: Selena Gomez/instagram.com/@selenagomez

Si cantik, Selena Gomez juga pernah menjadi salah satu penderita gangguan kesehatan mental. Pada 2019, Selena sempat dirawat di US Facility karena mengalami gangguan emosional. Ia tercatat dua kali dirawat di rumah sakit karena adanya sel darah putih yang rendah. Dokter dari NYU Langone Health mengungkap bahwa Selena menderita lupus, penyakit autoimun kronis.

Selama dirawat di RS untuk kedua kalinya, Selena mengalami serangan panik yang disebabkan oleh kecemasan dan depresi. Hingga beberapa minggu kemudian, Selena vakum dari akun media sosialnya. Ia memilih mundur dari sorotan media dan melakukan perawatan untuk penyembuhan dirinya. 

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id