sign up SIGN UP

Mengenal Terapi Ketamin yang Dijalani Marshanda Sampai ke Amerika, Ternyata di Indonesia Dilarang Keras!

Zeyra Haya | Sabtu, 09 Oct 2021 09:30 WIB
Mengenal Terapi Ketamin yang Dijalani Marshanda Sampai ke Amerika, Ternyata di Indonesia Dilarang Keras!
caption

Gangguan kesehatan mental kian menjadi perbincangan serius. WHO mengatakan, saat ini gangguan mental menjadi penyakit ketiga dari beban penyakit global yang diperkirakan memberikan tekanan yang luar biasa pada kehidupan sosial masyarakat dunia.

Berbagai macam gangguan kesehatan mental kerap sulit diobati, salah satunya Bipolar Disorder. Bipolar Disorder adalah kondisi dimana seseorang mengalami perubahan emosi yang drastis.

Terapi Ketamin untuk penyembuhan gangguan Bipolar/Foto: pexels.com/SHVETS Production
(Terapi Ketamin untuk penyembuhan gangguan Bipolar/Foto: pexels.com/SHVETS Production)

Gangguan bipolar merupakan dampak dari adanya gangguan pada senyawa alami yang berfungsi menjaga fungsi otak atau dikenal dengan neurotransmitter. Neurotransmitter sendiri bisa terganggu akibat faktor genetik, lingkungan, sosial hingga fisik.

Gangguan bipolar akan berdampak buruk pada penderita apabila tidak ditangani secara baik. Untuk pengobatan bipolar, dokter biasanya akan menganjurkan penggunaan obat antidepresan atau terapi khusus.

Marshanda menjadi salah satu artis Tanah Air yang secara terbuka berbagi tentang gangguan bipolar yang ia derita. Perempuan cantik kelahiran tahun 1989 ini mengaku tengah menjalani terapi Ketamin di Amerika Serikat untuk mengobati gangguan bipolarnya.

Lantas apa itu terapi Ketamin? Beauties, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Ketamin?

Terapi penyembuhan Bipolar menggunakan obat bius jenis Ketamin. Amankah?/Foto: pexels.com/RF._.studio
(Terapi penyembuhan Bipolar menggunakan obat bius jenis Ketamin. Amankah?/Foto: pexels.com/RF._.studio)

Ketamin adalah salah satu jenis obat bius total atau anestesi umum. Ketamin bekerja dengan cara mengganggu sinyal di otak yang berperan terhadap kesadaran dan rasa sakit.

Penggunaan Ketamin dapat berisiko menimbulkan efek samping berbahaya, seperti meningkatnya tekanan darah, gangguan pernapasan dan gangguan penglihatan, oleh sebab itu penggunaannya harus di bawah pengawasan tenaga medis dan dosis dokter.

Bagaimana Cara Pemakaian Ketamin?

Cara pemakaian Ketamin dalam terapi penyembuhan Bipolar/Foto: pexels.com/Frank Merino
(Cara pemakaian Ketamin dalam terapi penyembuhan Bipolar/Foto: pexels.com/Frank Merino)

Ketamin diberikan lewat suntikan melalui pembuluh darah (intravena) atau ke dalam otot (intramuskular) oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter. Ketamin digunakan sebagai obat bius total pada pasien yang akan menjalani prosedur medis seperti operasi.

Bagaimana Terapi Ketamin untuk Bipolar Disorder?

Terapi Ketamin bagi penderita Bipolar/Foto: pexels.com/Liza Summer
(Terapi Ketamin bagi penderita Bipolar/Foto: pexels.com/Liza Summer)

Penanganan gangguan bipolar biasanya dilakukan dengan memberikan obat antidepresan. Namun, kerap kali metode ini tidak efektif bagi beberapa kondisi mental. Kemudian beberapa waktu ini, sebuah meta-analisis menunjukkan kemanjuran Ketamin bagi para pasien depresi unipolar dan bipolar.

Ketamin dosis tunggal memiliki aksi cepat pada gejala depresi dan reaksinya bertahan bahkan selama seminggu. Ketamin juga bisa mengurangi keinginan bunuh diri yang biasanya dialami oleh orang-orang gangguan mental.

Tanggapan Marshanda Terkait Terapi Ketamin

Marshanda akui jalani terapi Ketamin dan kondisinya membaik/Foto: detik.com
(Marshanda akui jalani terapi Ketamin dan kondisinya membaik/Foto: detik.com)

Artis cantik Marshanda, mengaku melakukan terapi Ketamin untuk meredakan kecemasan yang dialaminya. Ia memastikan pengobatannya diawasi profesional. Perempuan yang akrab disapa Chacha ini juga menyebutkan terapi Ketamin dimaksudkan untuk mengendalikan depresi dan ia lakukan dengan tujuan bertujuan agar dapat lebih mengenal dirinya lagi.

Selain itu, terapi Ketamin ini dilakukan Marshanda agar ia dapat lepas dari obat-obatan antidepresan dan obat tidur yang selama ini dikonsumsinya. Sayangnya, terapi ini masih terhitung ilegal di Indonesia. Sehingga Chacha harus mengupayakan bolak balik Amerika demi kesembuhannya.

Beauties, itulah informasi mengenai terapi Ketamin, terapi gangguan bipolar yang dilakukan artis Marshanda di Amerika Serikat.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id