sign up SIGN UP

5 Public Figure Ini Buka Suara Jika Mereka Pernah Mengalami Mental Health

aqillah diaz | Selasa, 05 Oct 2021 06:15 WIB
5 Public Figure Ini Buka Suara Jika Mereka Pernah Mengalami Mental Health
caption

Gangguan mental merupakan salah satu hal yang dianggap memalukan. Hal ini dikarenakan jika kita menceritakan masalah ini akan mendapatkan stigma yang tidak baik di kalangan masyarakat. Namun, saat ini hal itu tidak berlaku lagi karena sudah banyak orang yang lebih berhati-hati dan lebih terbuka.

Gangguan mental dapat dialami oleh siapa saja, terlebih lagi penyakit ini dapat memengaruhi suasana hati dan menghambat aktivitas sehari-hari, sehingga perlu penanganan secara cepat.

Saat ini, sudah banyak orang yang berani buka suara terkait dengan kesehatan mental yang dialaminya, termasuk para public figure Tanah Air yang mengalami gangguan mental.

Nah, siapa saja mereka? Berikut beberapa public figure Tanah Air yang pernah mengungkapkan jika mereka pernah mengalami mental health.

1. Marshanda

Marshanda / foto : instagram.com/mashanda99
Marshanda / foto : instagram.com/mashanda99

Marshanda atau artis yang biasa dipanggil Chacha, merupakan salah satu public figure yang pernah mengalami mental health. Hal ini diketahui pada video yang pernah diunggah pada tahun 2009 yang memperlihatkan kesedihan dan amarahnya. Video tersebut langsung menjadi salah satu perbincangan hangat masyarakat.

Lalu beberapa tahun kemudian, Chacha mengaku bahwa saat itu ia sedang mengalami depresi dan halusinasi. Selain itu, Chacha mengaku bahwa ia juga mengidap salah satu mental health, yakni bipolar. 

Butuh waktu yang cukup lama untuk bisa bangkit dari penyakit tersebut dan beberapa tahun kemudian ia juga berusaha untuk bergaul dengan orang di sekitar yang mendukungnya dengan kondisi tersebut. 

2. Ariel Tatum

Ariel Tatum/ foto : instagram.com/arieltatum
Ariel Tatum/ foto : instagram.com/arieltatum

Kemudian, ada Ariel Tatum. Perempuan kelahiran 1996 yang mengaku pernah akan melakukan percobaan bunuh diri pada umur 13 tahun. Ariel Tatum didiagnosa mengalami mental health Borderline Personality Disorder (BPD).

Gangguan mental ini ditandai dengan gangguan pikiran, suasana hati, dan hubungan yang tidak stabil, bahkan dapat membuat perilaku menjadi impulsif. Seseorang yang mengalami ini dapat menjadi pemicu masalah yang mengharuskan ia untuk berhubungan dengan orang banyak, karena kondisi perasaan dan pola pikir yang berbeda. 

3. Vidi Aldiano

Vidi Aldiano / foto : instagram.com/vidialdiano
Vidi Aldiano / foto : instagram.com/vidialdiano

Vidi Aldiano juga pernah mengalami gangguan kecemasan atau anxiety attack. Ia mengaku sudah lama mengalami mental health ini dan cukup mengganggu aktivitasnya sehari-hari.

Hal ini diungkapkannya usai tampil di acara Pesta Pendidikan Nasional di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di kawasan Senayan, Jakarta Pusat. Hingga saat ini, pelantun "Nuansa Bening" ini rutin berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan cara pencegahannya.

4. Awkarin

Karin Novilda / foto : instagram.com/awkarin
Karin Novilda / foto : instagram.com/awkarin

Siapa sih yang nggak tahu selebgram yang satu ini? Ya, Karin Novilda atau selebgram yang biasa Awkarin pernah mengalami mental ilness.

Awkarin mengaku pernah melakukan percobaan bunuh diri beberapa kali pada saat SMA. Ia juga menjelaskan mental health yang dialaminya dalam video berjudul "I QUIT INSTAGRAM" yang diunggah di YouTube pribadinya.

Ia menceritakan pengalamannya mengenai mental ilness yang dialaminya dan berharap banyak orang untuk tidak malu ketika mengalami hal yang berbeda karena takut dianggap gila, karena hal itu dapat berakibat fatal bagi mental health seseorang. 

5. Rachel Vennya

Rachel Vennya / foto : instagram.com/rachelvennya
Rachel Vennya / foto : instagram.com/rachelvennya

Sama seperti dengan Marshanda, Rachel Vennya juga pernah mengalami bipolar hingga ia takut untuk berbagi pengalamannya karena ia sangat berusaha untuk menutup ceritanya akibat stigma negatif terhadap orang yang mengalami Bipolar Disorder. Namun, pada akhirnya Rachel memilih untuk memberanikan diri menceritakan pengalamannya kepada publik dan berharap masyarakat dapat meningkatkan kesadarannya untuk mengubah stigma negatif tersebut. 

Itulah 5 public figure Tanah Air yang pernah mengungkapkan jika mereka pernah mengalami mental health. Semoga cerita dari beberapa public figure tersebut bisa membantu para pengidap mental health lainnya ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id