sign up SIGN UP

Rachel Vennya Kabur Karantina dari Wisma Atlet, Dibantu Oknum TNI Hingga Terancam 1 Tahun Bui

Rini Apriliani | Kamis, 14 Oct 2021 13:00 WIB
Rachel Vennya Kabur Karantina dari Wisma Atlet, Dibantu Oknum TNI Hingga Terancam 1 Tahun Bui
caption
Jakarta -

Rachel Vennya tengah menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Beberapa waktu lalu, dirinya bersama brand lokal ERIGO melakukan perjalanan ke New York untuk mewakili Indonesia dalam ajang New York Fashion Week

Mengingat situasi yang masih dalam kondisi pandemi Covid-19, Pemerintah Indonesia pun memiliki kebijakan untuk mereka yang telah melakukan perjalanan atau baru datang dari luar negeri.

Kebijakan tersebut salah satunya adalah adanya kewajiban untuk melakukan tes ulang RT PCR bagi penumpang WNI dan WNA dari luar negeri dan diwajibkan menjalani karantina selama 8x24 jam.

Untuk tempat karantinanya sendiri, mereka dapat memilih untuk secara gratis di Wisma Atlet atau di hotel yang perlu biaya mandiri. 

Kronologis Kejadian Kaburnya Rachel Vennya

Rachel VennyaRachel Vennya/ Foto: Instagram.com/rachelvennya

Sejumlah selebritas lain, seperti Arief Muhammad, Denny Sumargo dan istri menjalani karantina di hotel. Sedangkan Rachel Vennya bersama kekasih dan manajernya memilih untuk menjalani karantina di Wisma Atlet.

Namun, tak mengikuti aturan Pemerintah yang mewajibkan 8 hari karantina, kabar berhembus jika Rachel Vennya bersama rekan lainnya kabur dari Wisma Atlet.

Kabar ini dibongkar oleh salah satu netizen yang merupakan pengurus data administrasi di Wisma Atlet, Pademangan. Ia mengungkapkan jika sebelumnya saat tiba di bandara, Rachel bersama rekan lainnya memang telah hendak kabur. Tapi, saat ditanyakan kembali ia mengatakan jika akan karantina di Wisma Atlet. 

Rachel VennyaRachel Vennya/ Foto: Instagram.com/rachelvennya

Akhirnya setelah melakukan proses pengurusan data tersebut, ia pun melakukan karantina di Wisma Atlet Pademangan. Belum usai menjalani 8 hari waktu karantina, selang 3 hari kemudian ia sudah keluar dan kembali berkumpul bersama teman-temannya.

Diketahui ia merayakan ulang tahun di rumahnya. Tak hanya itu saja, ia pun kembali melakukan perjalanan liburan ke Bali. Berbagai potretnya saat tengah asyik liburan pun dibagikannya di laman Instagram.

Kebongkaran kasus yang dilakukan oleh netizen tersebut lantaran ia merasa kesal. Di samping banyaknya mereka yang harus tetap melakukan karantina padahal sedang dalam keadaan urgent seperti sanak-saudaranya meninggal, justru Rachel Vennya dapat dengan mudahnya lolos karantina. 

Rachel Vennya Tampil Berani Saat di Amerika Serikat Pakai Baju Renang Buat Nongkrong, Ternyata Segini Harga Busananya/Instagram.com/RachelvennyaRachel Vennya/Instagram.com/Rachelvennya/

Setelah melakukan penyelidikan, ibu dari Xabiru ini memang benar terkonfirmasi kabur dari karantina di Wisma Atlet. Ternyata, dalam proses kaburnya ini, Rachel melibatkan oknum TNI berinisial FS.

"Dari hasil penyelidikan sementara, terdapat temuan bahwa adanya Oknum anggota TNI bagian Pengaman Satgas di Bandara yang melakukan tindakan nonprosedural," ujar Kapendam Jaya Kolonel Herwin BS, seperti yang dikutip dari detikcom, Kamis (14/10).

Herwin memaparkan jika oknum TNI berinisial FS ini mengatur segala cara agar Rachel Vennya dapat menghindari prosedur pelaksanaan karantina yang telah ditetapkan pemerintah.

Akibat Kabur, Rachel Vennya Terancam 1 Tahun Penjara

Rachel VennyaRachel Vennya/ Foto: Instagram.com/rachelvennya

Akibat dari apa yang dilakukannya tersebut, Rachel Vennya harus menanggung sanksi yang telah ditetapkan. Dalam Pasal 93 UU No 6/2018 tentang Kekarantinaan menyebutkan,

Setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) dan/atau menghalang-halangi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sehingga menyebabkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dipidana dengan pindana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/ atau pidana denda paling banyak Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah).

Namun hingga saat ini, Rachel Vennya belum membuka suara terkait tindakan yang dilakukannya tersebut. Walau begitu, Satgas Covid-19 masih terus melakukan penyelidikan membongkar kasus ini, hingga diperoleh hasil yang maksimal.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id