sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Hal Ini Menandakan Pasanganmu Tidak Menghargai Kamu Lagi

Intan Dwi | Selasa, 23 Feb 2021 15:30 WIB
5 Hal Ini Menandakan Pasanganmu Tidak Menghargai Kamu Lagi
5 Tanda Ini untuk Mengetahui Bahwa Pasangan Kamu Tidak Menghargai Kamu Lagi/ Foto: freepik.com
Jakarta -

Menjalin hubungan dengan seseorang memang menyenangkan dan banyak cinta yang diberikan satu sama lain, tetapi tidak ada yang lebih penting daripada memiliki rasa hormat dan menghargai dalam hubungan.

Rasa hormat atau menghargai satu sama lain merupakan komponen penting dari setiap hubungan yang sehat dan kunci keberhasilan hubungan romantis yang terjalin lama. Ketika rasa hormat yang kuat maka pasangan cenderung merasa lebih dihargai dan aman dalam hubungan.

Tetapi ketika rasa hormat tidak ada, maka pasangan akan cenderung merasa waspada, marah, kesal dan takut. Sikap tidak hormat dapat terjadi dalam berbagai bentuk, tetapi biasanya memiliki hasil akhir yang sama. Berikut ini tanda-tanda dari pasangan yang tidak lagi menghargai kamu lagi:

Menggunakan ketakutan kamu untuk melawan

Perlakuan itu merupakan indikasi bahwa pasangan kamu tidak menghargai atau memiliki rasa hormat yang cukup untuk kamu.
Menggunakan ketakutan kamu untuk melawan/freepik.com

Dalam suatu hubungan, seharusnya kamu merasa cukup aman untuk terbuka, berbagi pikiran yang mendalam dan bersandar pada pasangan kamu untuk kenyamanan dan dukungan. Tapi bagaimana kalau seorang pasangan justru berbicara mengenai kamu atau menggunakan ketakutan kamu untuk keuntungan mereka?

Perlakuan itu merupakan indikasi bahwa pasangan kamu tidak menghargai atau memiliki rasa hormat yang cukup untuk kamu. Kalau kamu melihat kebiasaan ini, mungkin itu sesuatu yang bisa kamu tangani sebagai pasangan, dia harus minta maaf dan memperbaiki semua.

Tetapi kalau pasangan terus-menerus tidak menghormati kamu, mungkin yang terbaik adalah mengakhiri hubungan dan melanjutkan hidup.

Selalu menginterupsi ketika kamu berbicara

Ketika seseorang memotong di tengah pembicaraan, artinya orang tersebut tidak menghargai kamu lagi.
Selalu menginterupsi ketika kamu berbicara/freepik.com

Apakah pasangan kamu secara konsisten menyela cerita kamu? Ketika seseorang memotong di tengah pembicaraan, artinya orang tersebut tidak menghargai kamu lagi. Ini enggak hanya kasar, tetapi sering menunjuk dan berpikir bahwa dia “lebih unggul” itu merupakan masalahnya.

Sebagai aturan umum, rasa hormat berarti pasangan kamu memperlakukan kamu dalam semua situasi dengan setara. Itu berarti bersikap sopan, berkomunikasi dengan jelas dan mengajukan pertanyaan tentang keinginan kamu dan memperlakukan kamu seperti mereka sendiri.

Mereka tidak membebaskan kamu

Seorang pasangan dapat menunjukkan rasa tidak hormat jika mereka tidak mengizinkan kamu memiliki waktu sendiri atau minta kamu menjelaskan apa yang akan kamu lakukan tanpanya.
Mereka tidak membebaskan kamu/freepik.com

Dalam hubungan yang saling menghormati, setara dan seimbang, kedua pasangan tetap menjadi individu yang bebas membuat keputusan sendiri, mengejar impian dan menjalani hari kamu. Tetapi jika pasangan sudah tidak menghormati kamu, kamu akan mulai merasa seperti tidak ada pilihan.

Seorang pasangan dapat menunjukkan rasa tidak hormat jika mereka tidak mengizinkan kamu memiliki waktu sendiri atau minta kamu menjelaskan apa yang akan kamu lakukan tanpanya. Nah, jika kamu pernah merasa pasangan kamu tidak menghormati privasi kamu lihatlah secara objektif.

Tidak menghargai nilai-nilai kamu

Jenis pengabaian ini tidak pantas kamu terima dan menandakan bahwa pasangan kamu tidak lagi menghargai nilai-nilai kamu secara setara.
Tidak menghargai nilai-nilai kamu/freepik.com

Kalau kamu selalu menjadi orang yang mengubah rencana untuk menampung impian pasangan kamu dan impian kamu terus-menerus ditahan demi impian mereka, itu semua pertanda dia tidak menghormati kamu lagi.

Jenis pengabaian ini tidak pantas kamu terima dan menandakan bahwa pasangan kamu tidak lagi menghargai nilai-nilai kamu secara setara.

Memberikan perlakuan diam

perlakukan diam berfungsi untuk membuat kamu tetap dalam ketegangan tentang apa yang akan terjadi dan tidak yakin apa yang kamu lakukan salah dan seberapa buruknya.
Memberikan perlakuan diam/freepik.com

Meskipun setiap orang berhak untuk diam ketika sedang merasakan kesal, tapi selalu perhatikan apakah pasangan kamu secara konsisten selalu diam setiap kali masalah muncul dalam hubungan kalian.

Dilansir dari Bustle, perlakukan diam berfungsi untuk membuat kamu tetap dalam ketegangan tentang apa yang akan terjadi dan tidak yakin apa yang kamu lakukan salah dan seberapa buruknya. Hal ini dianggap sebagai bentuk kontrol dan juga teknik manipulasi yang dinamakan stonewalling. Seringkali ini diartikan sebagai akhir dari hubungan sudah dekat karena itu sangat toxic.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id