sign up SIGN UP

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Pasangan Sedang Ada Masalah

Retno Wulandari | Jumat, 25 Jun 2021 08:30 WIB
5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Pasangan Sedang Ada Masalah
caption

Menghadapi pasangan yang sedang ada masalah memang tidak mudah, apalagi status kamu dan dia masih dalam hubungan pacaran. Artinya, belum tentu kamu memiliki hak untuk ikut campur dan membantunya dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya.

Sebagai pasangan yang baik, tentu saja kamu juga tidak tega melihatnya menghadapi masalah tersebut sendirian. Lantas apa yang bisa kamu lakukan? Yuk, simak artikel berikut!

1. Jadi Pendengar yang Baik

Hal yang harus dilakukan ketika pasangan sedang ada masalah
Jadi pendengar yang baik ketika pasangan sedang ada masalah/Foto: freepik.com

Jadi pendengar yang baik merupakan cara paling tepat ketika pasangan sedang ada masalah. Selain itu, kamu juga harus jadi pendengar yang bijak. Artinya, kamu bisa membedakan apakah dia hanya ingin didengar atau meminta solusi dari kamu untuk melewati masalah yang sedang dihadapinya.

Kamu juga tidak boleh memaksa pasangan untuk menceritakan semua runtutan masalah yang sedang dihadapinya. Jika kamu tetap memaksa, maka bukan keterbukaan yang akan kamu dapatkan, melainkan kemarahan. Tentu saja kondisi ini semakin memperburuk keadaannya, Ladies.

2. Berikan Ruang agar Dia Merasa Lebih Tenang

Hal yang harus dilakukan ketika pasangan sedang ada masalah
Berikan ruang ketika pasangan sedang ada masalah/Foto: freepik.com

Ketika sudah tahu masalah apa yang sedang dihadapi oleh pasangan, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memberikannya ruang untuk dirinya sendiri agar lebih tenang. Ketika sudah merasa lebih tenang, pasangan kamu bisa berpikir dengan jernih saat mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalahnya.

Ingat, memberikan waktu agar pasangan merasa lebih tenang bukan berarti kamu berhenti menghubunginya, lho. Tetaplah untuk memberikan perhatian kepadanya, karena perhatian dari kamu pasti sangat dia butuhkan apalagi dalam kondisi saat ini.

3. Tawarkan Bantuan

Hal yang harus dilakukan ketika pasangan sedang ada masalah
Tawarkan bantuan ketika pasangan sedang ada masalah/Foto: freepik.com

Ketika kamu sudah memberikannya ruang untuk dirinya sendiri dan ternyata dia masih stres dengan masalahnya, maka tunjukkan perhatian kamu dengan menawarkan bantuan kepadanya. Jika dia menerima bantuan kamu, maka tanyalah permasalahannya dari awal agar memudahkan kamu saat membantunya.

Sebaliknya, jika ternyata dia menolak tawaran kamu, maka terimalah dengan hati yang lapang dan tetap berikan perhatian kepadanya. Ingat ya Ladies, jangan pernah memaksakan diri untuk ikut campur dalam permasalahan yang dihadapi oleh pasangan, apalagi status kalian masih pacaran!

4. Berikan Dukungan

Hal yang harus dilakukan ketika pasangan sedang ada masalah
Berikan dukungan ketika pasangan sedang ada masalah/Foto: freepik.com

Selain perhatian, kamu juga harus memberikan dukungan dan semangat kepada pasangan. Ketika pasangan lagi ada masalah, pastinya dia membutuhkan dukungan dan semangat dari kamu agar lebih kuat dan tidak merasa sendirian.

Kamu juga harus lebih sabar ketika menghadapi situasi ini. Jika tidak, maka akan muncul masalah baru yang memengaruhi hubungan kamu dan dia. Jadi, jangan pernah lelah dan terus berikan dukungan kepada pasangan kamu, ya.

5. Berikan Pelukan

Hal yang harus dilakukan ketika pasangan sedang ada masalah
Berikan pelukan ketika pasangan sedang ada masalah/Foto: freepik.com

Meskipun terkesan biasa saja, ternyata pelukan bisa membuat seseorang merasa lebih tenang lho, Ladies. Oleh karena itu, kamu bisa memberikan pelukan yang tulus kepada pasangan meskipun tanpa dia minta. Hangatnya pelukan yang kamu berikan bisa jadi salah satu obat penenang di tengah masalah yang sedang dihadapinya. Kamu juga bisa berikan usapan lembut dan kalimat-kalimat yang manis. Hal ini akan membuatnya merasa jauh lebih tenang.

Ladies, itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan ketika pasangan sedang ada masalah. Jika kamu memiliki cara lain, tambahkan pengalaman kamu di bawah ini yuk!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id