sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

6 Alasan yang Membuat Pria Selingkuh meski Kehidupan Asmaranya Bahagia

Esra Dopita | Selasa, 14 Jul 2020 12:30 WIB
6 Alasan yang Membuat Pria Selingkuh meski Kehidupan Asmaranya Bahagia
caption

Kehadiran orang ketiga atau perselingkuhan menjadi hal yang paling ditakuti dalam hubungan. Baik pria maupun wanita bisa menjadi pelaku selingkuh. Namun, kebanyakan perselingkuhan kerap dilakukan kaum Adam. Sebetulnya, perselingkuhan tidak selalu karena kehadiran orang ketiga atau wanita lain dalam hubungan. Akan tetapi, terkadang karena keinginan pria itu sendiri yang mau selingkuh.

Lantas, mengapa pria masih berselingkuh meski sudah memiliki kehidupan asmara yang bahagia? Dilansir dalam laman Psychology Today, Robert Weiss, relationship expert sekaligus terapis asal Amerika Serikat, membahas secara khusus mengenai hal-hal yang dapat membuat seorang pria selingkuh. Nah, berikut ini alasan pria berselingkuh.

Pemahaman Rendah Soal Komitmen

Salah satu alasan yang menyebabkan pria berselingkuh adalah kurang dewasa dan tidak memahami sebuah komitmen dalam hubungan.
pria berselingkuh/https://wolipop.com/

Salah satu alasan yang menyebabkan pria berselingkuh adalah kurang dewasa dan tidak memahami sebuah komitmen dalam hubungan. Hal ini bisa jadi karena si pria tak banyak memiliki hubungan yang mementingkan komitmen dalam hidup mereka.


Mereka menganggap enteng sebuah komitmen dan bertindak semaunya. Akibatnya, ia tak menyadari dan mengerti bahwa tindakannya tersebut dapat melukai perasaan pasangannya. 

Keegoisan Diri

Selingkuh kerap dilakukan pria karena keegoisannya sendiri. Ia hanya memikirkan kebahagiaan dan keinginannya sendiri.
https://www.cnnindonesia.com/

Selingkuh kerap dilakukan pria karena keegoisannya sendiri. Ia hanya memikirkan kebahagiaan dan keinginannya sendiri sehingga tak segan berbohong demi menutupi perbuatannya.

Mereka sadar bahwa tindakannya itu akan membuat pasangan kesal atau sedih, tapi tetap saja tak peduli karena lebih mementingkan diri sendiri. Rasa egois itu membuat mereka tak berpikir positif. 

Perasaan Insecure

Pria merasa tidak percaya diri atau insecure. Sayangnya, untuk meningkatkan rasa percaya diri itu, pria malah mencara validasi dari orang lain.
https://wolipop.detik.com/

Dalam kondisi tertentu, terkadang pria merasa tidak percaya diri atau insecure. Misalnya, mereka merasa dirinya muda atau tua, tak cukup tampan, tidak kaya, serta tak cukup pintar. Sayangnya, untuk meningkatkan rasa percaya diri itu, mereka justru mencari validasi dari wanita lain, bukan pasangannya. 

Merasa Hubungan Sudah Berakhir

Alih-alih memperbaiki hubungan atau berterus terang tentang keinginan putus, pria justru berselingkuh dengan alasan hubungan sudah berakhir.
https://unsplash.com/@kellysikkema

Ada beberapa pria selingkuh karena merasa hubungannya berada di ujung tanduk alias sudah berakhir. Namun, alih-alih mempertahankan hubungan atau berterus terang tentang keinginan putus, pria justru berselingkuh atau membuat sesuatu yang membuat pasangan kesal sehingga ujung-ujungnya pasangan yang mengajak berpisah atau meminta putus.

Perlu diketahui, ada beberapa tipe orang yang tidak ingin mengakhiri hubungan sebelum memiliki pasangan yang baru. Orang dengan tipe ini akan berusaha membangun hubungan cinta dengan orang baru meski masih menjalin hubungan asmara dengan yang lain.

Trauma Masa Kecil

Trauma masa kecil juga turut menyebabkan seseorang pria berselingkuh.
https://unsplash.com/@tjump

Trauma masa kecil juga dapat menyebabkan seseorang berselingkuh. Trauma yang dimaksud bisa berupa pelecehan seksual, pelecehan emosional, dan penelantaran.

Akibatnya, membuat seseorang kesulitan membangun hubungan dan enggan berkomitmen dengan satu orang saja. Bahkan pada kasus tertentu, mereka akan memanfaatkan perselingkuhan untuk mengobati rasa sakit hati atau luka dari masa lalu.

Ekspektasi Tinggi pada Pasangan

Alasan lain yang membuat pria berselingkuh adalah ekspektasi yang tinggi pada pasangang, bahkan tidak realistis. Mereka menuntut pasangan selalu sempurna dan sesuai dengan keinginannya.
https://unsplash.com/@ericjamesward

Alasan lain yang membuat pria berselingkuh adalah ekspektasi yang tinggi pada pasangan, bahkan tidak realistis. Mereka menuntut pasangan selalu sempurna dan sesuai dengan keinginannya seperti pasangan harus cantik, pandai merawat diri, dan sebagainya. Mereka tak mempedulikan perasaan pasangan. Ketika harapan itu tidak terpenuhi, mereka akan mencari pemenuhan dari orang lain alias berselingkuh.

Nah, itulah beberapa alasan pria selingkuh. Meski demikian, kamu tak perlu khawatir pria selingkuh bisa berubah menjadi pribadi yang setia, asalkan sungguh-sungguh menyesal serta berupaya terus memperbaiki diri. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id