sign up SIGN UP

6 Tanda Patah Hati Beneran, Bukan Cuma Sedih Aja

Intan Dwi | Minggu, 27 Jun 2021 08:00 WIB
6 Tanda Patah Hati Beneran, Bukan Cuma Sedih Aja
caption

Perpisahan memang bisa menjadi hal yang sulit untuk dihadapi, terlebih kamu sudah menjalin hubungan dalam waktu cukup lama. Bahkan kalau kamu senang keluar dari hubungan itu, tetap akan ada perubahan besar dalam hidup, seperti berurusan dengan akhir suatu hubungan bisa penuh dengan gejolak emosional.

Dengan memahami ketika patah hati kamu, bisa menjadi sesuatu yang lebih serius dapat membantu kamu memulai penyembuhan. Patah hari tidak selalu terlihat sama dan akan terlihat berbeda pada setiap orang karena itu adalah bentuk kesedihan. Karena itu, banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk menghilangkan rasa sakit hati dan kecewa dari perpisahan itu.

Berikut ini ada tanda-tanda yang membuat patah hati kamu menjadi sesuatu yang lebih serius:

Tidak Bisa Memikirkan Hal Lain

Kalau kamu mulai merasa seperti kamu tidak berharga atau tidak dicintai setelah putus cinta, itu menunjukkan patah hati kamu jadi lebih serius.
Tidak bisa memikirkan hal lain/freepik.com

Setelah mengakhiri hubungan, masuk akal jika mantan kamu melintas di benak kamu. Tetapi ketika semua hal tentang mereka benar-benar menjadi yang kamu pikirkan terus-menerus itu akan membuat kamu semakin sakit hati.

Kalau kamu mulai merasa seperti kamu tidak berharga atau tidak dicintai setelah putus cinta, itu menunjukkan patah hati kamu jadi lebih serius. Selain itu, jika mulai merasa seolah-olah hidup tidak layak dijalani tanpa orang lain, tandanya kamu membutuhkan dukungan profesional.

Merasa Mati Rasa di Tempat Kerja


Salah satu perasaan terburuk setelah putus cinta adalah harus pergi ke kantor, karena tahu kamu tidak akan bisa berkonsentrasi pada pekerjaan.
Merasa mati rasa di tempat kerja/freepik.com

Salah satu perasaan terburuk setelah putus cinta adalah harus pergi ke kantor, karena tahu kamu tidak akan bisa berkonsentrasi pada pekerjaan. Tetapi jika perasaan mati rasa di tempat kerja itu tidak hilang begitu saja, kamu harus memperhatikannya.

Memang ketika seseorang mengalami patah hati, rasa sakitnya bisa begitu hebat hingga tak tertahankan bahkan mereka bisa berhenti merasa bersemangat tentang pekerjaan mereka. Kalau itu telah mempengaruhi kemampuan kamu, saatnya mencari dukungan profesional.

Tidak Merasa Senang

Bersenang-senang ketika kamu sedih memang hal yang lebih sulit, tapi kalau kamu mulai menyadari bahwa kamu merasa tidak dapat menikmati hal-hal itu sama sekali mungkin pertanda kamu membutuhkan dukungan dari luar untuk membantu kamu merasa lebih baik.
Tidak merasa senang/freepik.com

Bersenang-senang ketika kamu sedih memang hal yang lebih sulit, tapi kalau kamu mulai menyadari bahwa kamu merasa tidak dapat menikmati hal-hal itu sama sekali mungkin pertanda kamu membutuhkan dukungan dari luar untuk membantu kamu merasa lebih baik.

Menghindari Teman-teman

Mempertahankan persahabatan setelah putus cinta bisa sangat sulit, meskipun mereka adalah beberapa orang terpenting dalam hidup kamu.
Menghindari teman-teman/freepik.com

Mempertahankan persahabatan setelah putus cinta bisa sangat sulit, meskipun mereka adalah beberapa orang terpenting dalam hidup kamu. Memang teman bukanlah profesional terlatih dan tidak tahu cara terbaik untuk mendukung kamu.

Tetapi bahkan jika mereka tidak bisa memberi apa yang kamu butuhkan, menghindari teman-teman kamu tetap bukan pilihan terbaik. Justru itu bisa memperburuk patah hati kamu, sebenarnya kamu bisa mendapatkan dukungan dari mereka.

Kehilangan Motivasi Kamu

Mungkin bagi sebagian orang sulit untuk bangkit kembali setelah patah hati, tetapi kalau kamu kehilangan motivasi untuk bekerja, . Itu bisa menjadi pertanda patah hati kamu sedang berlangsung.
Kehilangan motivasi/freepik.com

Mungkin bagi sebagian orang sulit untuk bangkit kembali setelah patah hati, tetapi kalau kamu kehilangan motivasi untuk bekerja, mengikuti kebiasaan rutin atau menjalani hari seperti biasa. Itu bisa menjadi pertanda patah hati kamu sedang berlangsung.

Berjuang untuk Membangun Rutinitas Baru

Perpisahan tidak hanya suulit karena kamu sedih karena pasangan kamu sudah pergi, tapi mereka juga sulit karena kamu sedih atas rutinitas yang telah kalian lakukan bersama.
Berjuang untuk membangun rutinitas baru/pexels.com

Perpisahan tidak hanya sulit karena kamu sedih karena pasangan kamu sudah pergi, tapi mereka juga sulit karena kamu sedih atas rutinitas yang telah kalian lakukan bersama. Dimana kamu pernah bisa mengandalkan passangan kamu, namun sekarang kamu harus berjuang sendiri untuk menghadapi masalah kamu.

Tetapi kalau kamu mengalami kesulitan mengatai kesedihan tentang rutinitas lama atau sedang berjuang untuk menemukan yang baru, profesional kesehatan mental bisa membantu kamu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id