sign up SIGN UP

7 Tanda Kamu Berada Dalam Hubungan yang Tidak Seimbang

Intan Dwi | Senin, 02 Aug 2021 18:00 WIB
7 Tanda Kamu Berada Dalam Hubungan yang Tidak Seimbang
caption

Dunia akan menjadi sempurna, ketika kamu pacaran dengan seorang dan menjalin hubungan kalian akan bekerja keras untuk mencapai kesuksesan dan tujuan pacaran. Namun, terkadang ketika pasangan tidak cukup berkontribusi pada hubungan akan sulit untuk memperbaikinya.

Dalam hubungan yang tidak seimbang, satu orang menjadi satu-satunya yang bertanggung jawab untuk melakukan tugas-tugas yang pada dasarnya membuat semua keajaiban hubungan terjadi. Sementara pasangan mereka hanya duduk diam, berharap satu orang yang menyelesaikan dan menyalahkan ketika ada kesalahan.

Jelas ini bukan pasangan yang sehat dan dapat menghancurkan hubungan sehingga tidak dapat mencapai tujuan pacaran yang sudah dirancang di awal. Berikut ini ada tanda-tanda untuk mengetahui kalau kamu berada dalam hubungan yang tidak seimbang.

Mereka tidak melangkah membantu

Ketika pacaran mungkin kamu tidak menyadari betapa tidak adilnya hubungan kamu sampai kamu mengalami masa-masa sulit, seperti masalah di tempat kerja atau masalah kesehatan.
Mereka tidak melangkah untuk membantu/instagram.com/jtbcdram

Kamu mungkin tidak menyadari betapa tidak adilnya hubungan kamu sampai kamu mengalami masa-masa sulit, seperti masalah di tempat kerja atau masalah kesehatan. Menurut seorang ahli psikolog, ketika pasangan yang baik biasanya datang untuk meringankan beban, entah itu dengan menawarkan dukungan emosional atau membantu menyelesaikan tugas kamu.

Tetapi jika pasangan kamu tidak melangkah untuk membantu, terutama ketika kamu mengalami masa sulit, anggap itu sebagai tanda bahaya. Padahal salah satu tujuan pacaran agar sampai ke jenjang berikutnya adalah saling membantu ketika salah satu lagi ada yang mengalami kesulitan.

Kamu mengalami stres dan kecemasan

Ketika pacaran dan semua ini terjadi, masuk akal kenapa kamu mungkin mulai merasa cemas dan juga stres.
Mengalami stres dan kecemasan/instagram.com/tvndrama.official

Ketika pacaran dan semua ini terjadi, masuk akal kenapa kamu mungkin mulai merasa cemas dan juga stres. Efek samping fisik dan mental dari hubungan yang tidak seimbang termasuk penurunan gairah seks, kebencian, kemarahan, stres atau tempramen pendek.

Hal itu dikarenakan pasangan kamu enggak tahu kalau mereka enggak adil. Mungkin kamu mulai merasa kehilangan koneksi karena kamu mengharapkan orang yang kamu cintai menawarkan bantuan atau setidaknya bertanya apakah mereka bisa melakukan sesuatu untuk meringankan beban kamu.

Kalau tidak, sulit untuk kamu merasa bahagia dan santai dan itulah mengapa mungkin ada baiknya untuk berbicara dengan pasangan.

Mereka selalu mencari pujian

Ketika pacaran dan bantuan pasangan kamu tidak biasa, jangan heran jika mereka mencari pujian setelah menyelesaikan tugas terkecil yang mereka lakukan.
Mereka selalu mencari pujian/hancinema.net

Kalau bantuan pasangan kamu tidak biasa, jangan heran jika mereka mencari pujian setelah menyelesaikan tugas terkecil yang mereka lakukan. Meskipun boleh saling mengucapkan “terima kasih” dan “terima kasih kembali”, tidak ada yang mengharapkan pujian yang lain hanya karena mereka melakukan satu hal.

Kamu selalu merasa lelah

Kelelahan ketika pacaran adalah tanda lain yang jelas ketika kamu terlalu melakukan dan memikirkan banyak hal.
Selalu merasa lelah/instagram.com/tvndrama.official

Kelelahan adalah tanda lain yang jelas ketika kamu terlalu melakukan dan memikirkan banyak hal. Dalam hubungan yang adil dan seimbang, pasangan kamu juga memiliki daftar apa yang harus mereka pikirkan dan lakukan.

Tetapi jika tidak, semuanya akan jatuh ke tangan kamu lagi dan menghasilkan jadwal yang padat dan tidak ada energi yang tersisa. Saat itulah kamu mulai merasa lelah dan benar-benar melupakannya.

Lebih suka menelfon teman untuk bantuan

Tanda lain ketika pacaran kamu tidak adil adalah saat kamu melakukan segalanya dalam hubungan kamu adalah jika kamu lebih suka menelfon teman atau anggota keluarga ketika kamu membutuhkan bantuan daripada pasangan kamu.
Lebih suka menelfon teman untuk bantuan/instagram.com/hancinema.net

Tanda lainnya adalah ketika kamu melakukan segalanya dalam hubungan kamu adalah jika kamu lebih suka menelfon teman atau anggota keluarga ketika kamu membutuhkan bantuan daripada pasangan kamu.

Hal itu dikarenakan, secara tidak sadar kamu tahu bahwa kamu enggak bisa mengandalkan mereka jadi kamu menelepon seseorang yang selalu mendukung kamu, seperti sahabat kamu.

Merasa terisolasi dan sendiri

Ada banyak alasan mengapa kamu mungkin merasa kesepian meski pacaran dengan seseorang, salah satunya ketika kamu bertanggung jawab atas segalanya dalam hubungan
Merasa terisolasi dan sendiri/hancinema.net

Ada banyak alasan mengapa kamu mungkin merasa kesepian dalam hubungan seperti ini. Salah satunya, ketika kamu bertanggung jawab atas segalanya kamu tidak akan memiliki banyak energi tersisa untuk merencanakan sesuatu yang menyenangkan atau bertemu untuk kencan.

Seorang pasangan yang tidak berkontribusi juga sangat kecil kemungkinannya untuk melangkah dan membuat rencana sendiri, jadi kalau kamu tidak melakukannya maka itu tidak akan terjadi. Bersikap tidak adil dalam hubungan, itu termasuk larangan pacaran ketika menjalin hubungan.

Selalu disalahkan saat terjadi kesalahan

Saat pacaran, pasangan kamu tidak berkontribusi dan seringkali sulit bagi mereka untuk menghargai semua pekerjaan dan upaya yang dilakukan untuk membuat hidup kamu berjalan dengan lancar.
Selalu disalahkan saat ada kesalahan/instagram.com/kbsdrama

Ketika pasangan tidak berkontribusi, seringkali sulit bagi mereka untuk menghargai semua pekerjaan dan upaya yang dilakukan untuk membuat hidup kamu berjalan dengan lancar. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa mereka akan cepat marah ketika semuanya berantakan.

Pada akhirnya pasangan kamu pun akan selalu menyalahkan kamu setiap ada kesalahan, yang juga disebabkan karena dia menaruh semua harapannya di diri kamu. Mungkin ada baiknya untuk duduk dan mencari cara untuk membagi tanggung jawab secara lebih merata.

Sehingga pasangan kamu tidak selalu mengharapkan kamu untuk menyelesaikan sesuatu dan tujuan pacaran kalian pun bisa tercapai sesuai dengan keinginan kalian.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id