sign up SIGN UP

Bukan Hanya Romantis, Ternyata Cara Berpegangan Tangan dengan Pasangan Punya Makna Tersendiri Lho! Ini Penjelasannya

Raudiya Nurfadilah | Kamis, 21 Oct 2021 08:45 WIB
Bukan Hanya Romantis, Ternyata Cara Berpegangan Tangan dengan Pasangan Punya Makna Tersendiri Lho! Ini Penjelasannya

Berpegangan atau bergandengan tangan dengan pasangan menjadi satu bagian yang penting, karena cara tersebut bisa menunjukkan perasaan bahwa kamu merasa dekat dengan pasangan. Sebuah penelitian yang dikutip dari laman Womens Health Mag menunjukkan bahwa sentuhan seperti bergandengan tangan dapat melepaskan oksitosin, neurotransmitter yang memberikan perasaan senang.

“Ini (berpegangan tangan) memunculkan perasaan positif tentang satu sama lain, sehingga kamu berdua merasa seksi dan diinginkan. Ini hampir seperti foreplay,” kata Toni Coleman, LCSW, seorang psikoterapis dan pelatih hubungan di Washington DC.

Selain merasa lebih dekat dan romantis, cara bergandengan pun dapat memberikan makna, karena secara umum hal tersebut merupakan jenis komunikasi secara nonverbal. Apa saja? Berikut penjelasannya.

Jari Mengait Erat

Makna berpegangan tangan yang mengait erat
Makna berpegangan tangan yang mengait erat/ Foto: Pexels/ Git Stephen Gitau

Jika kamu dan pasangan sering bergandengan tangan dengan cara jari terjalin atau semua jari mengait erat maka artinya keduanya mendambakan hubungan yang lebih dalam dan adanya keinginan untuk mengembangkan.

Mengutip dari laman Bright Side, jari-jari yang saling bertautan melambangkan gairah dan hubungan yang kuat antara dua orang. Tetapi ada juga hal pertanda tak bagus yakni jika salah satunya menggenggam tangan dengan cara yang santai, berarti salah satu pasangan belum memiliki hubungan yang kuat.

Pegangan Longgar

Makna berpegangan tangan secara longgar
Makna berpegangan tangan secara longgar/ Foto: Pexels/ Trung Nguyen

Jika cara ini dilakukan olehmu dan pasangan, mungkin kalian sedang melakukan pemanasan atau dengan hati-hati, mencoba dalam memulai hubungan karena caranya yang terkesan lembut.

Perhatikan siapa yang memulai duluan untuk berpegangan tangan, maka dia yang mengekspresikan keinginan untuk adanya kontak fisik.

Pegangan Atas dan Bawah

Pegangan atas bawah artinya sangat perhatian
Pegangan atas bawah artinya sangat perhatian/ Foto: Pexels/ Marcus Aurelius

Jika pasangan memegang dengan salah satu tangannya berada di atas dan lainnya di bawah serta menatap matamu maka artinya si dia secara 100 persen memerhatikan setiap kata yang kamu ucapkan.

“Ini hampir seperti jenis pelukan. Semua kontak kulit ke kulit itu memaksimalkan oksitosin yang tinggi,” ujar Coleman.

Pegangan Kuat tapi Tidak Saling Bertautan

Makna pegangan yang sama seperti berjabat tangan
Makna pegangan yang sama seperti berjabat tangan/ Foto: Pexels/ Alex Green

Cara ini bergantung berada di mana hubunganmu, karena pemegang tangan mungkin mengencangkan cengkramannya dengan cara protektif untuk menawarkan kenyamanan atau kepastian jika yang lain cemas.

Kemungkinan lainnya bahwa pegangan yang erat tidak menandakan adanya rasa kasih sayang, itu juga digunakan seseorang untuk menegaskan dominasi mereka.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id