sign up SIGN UP

Kiat Minimalisir Kesalahpahaman Komunikasi Via Chat dengan Rekan Kerja Selama WFH, Penting!

Shinta Nikmah | Sabtu, 10 Jul 2021 12:00 WIB
Kiat Minimalisir Kesalahpahaman Komunikasi Via Chat dengan Rekan Kerja Selama WFH, Penting!
caption

Di masa pandemi saat ini, kebanyakan dari kita harus membatasi kegiatan dan bekerja dari rumah (WFH). Pembatasan kegiatan ini demi meminimalisir kontak fisik dengan orang lain.

Ketika bekerja dari rumah, interaksi yang dilakukan jadi cukup terbatas yakni secara virtual baik dengan video conference atau chat melalui media sosial. Memang, pesan melalui chat menjadi alternatif dalam berkomunikasi dengan bos dan rekan kerja lainnya. Selain mudah dan cepat, komunikasi melalui chat juga lebih privasi.

Tapi pernah nggak sih kamu berselisih paham dengan rekan kerja, hanya karena si rekan salah menginterpretasikan pesanmu di chat? Jika pernah, ke depannya kamu perlu berhati-hati dalam mengirimkan pesan via chat, Beauties. Berikut kiat-kiat yang bisa kamu coba:

Gunakan Tanda Baca yang Sesuai

punctuation
Tanda baca yang sesuai/ Foto: freepik.com

Mengirim pesan tanpa tanda baca sering kali memicu kesalahpahaman. Sebab, satu kalimat akan memiliki arti yang berbeda-beda tergantung tanda baca yang digunakan. Sebagai contoh kalimat 'Kamu sudah makan." akan memiliki perbedaan arti dengan kalimat, 'Kamu sudah makan?'.

Maka dari itu, agar pesan yang kamu tujukan ke rekan kerja bisa tersampaikan dengan tepat, maka kamu perlu tambahkan tanda baca yang sesuai. Terlebih kepada atasan atau rekan kerja yang jarang berkomunikasi sebelumnya agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Hindari Typo

Typo
Hindari typo/ Foto: freepik.com

Mengirim pesan dengan kesalahan penulisan alias typo juga bisa memicu kesalahpahaman ketika chatting dengan rekan kerja. Jika typo yang kamu lakukan masih sekedar salah huruf mungkin masih bisa ditolerir sebab letak huruf di keypad yang berdekatan.

Namun jika kamu typo dalam menuliskan angka, misal nominal uang, jumlah barang, atau tanggal, maka hal tersebut bisa menimbulkan kesalahpahaman yang cukup besar. Jadi sebelum dikirim, ada baiknya kamu memeriksa kembali pesanmu agar terhindar dari typo.

Pilih Emoji yang Tepat

Emoji
Pakai emoji yang tepat/ Foto: freepik.com

Chatting dengan orang lain termasuk rekan kerja memang lebih afdal jika menambahkan emoji di akhir pesan. Emoji yang banyak bertebaran di media sosial juga berfungsi sebagai pengganti intonasi dan bisa mewakili perasaan si pengirim. 

Karena fungsinya yang krusial tersebut, maka kamu perlu memperhatikan pemilihan emoji saat berkirim pesan via chat dengan rekan kerja atau atasan. Agar terlihat profesional, kamu perlu ingat bahwa esensi pesan yang kamu kirim ada pada kata-kata yang diketik, bukan emoji yang ada pada pesan. 

Perhatikan Waktu Mengirim Pesan

pesan di tengah malam
Hindari mengirim pesan di tengah malam/ Foto: freepik.com

Meski kamu sedang Work From Home (WFH) dan memiliki waktu yang lebih fleksibel daripada bekerja dari kantor, namun kamu tetap perlu memperhatikan waktu ketika mengirim pesan kepada rekan kerja.

Jika tidak mendesak, akan lebih baik jika kamu mengirimkan pesan via chat kepada rekan kerja hanya di jam kerja. Hindari mengirim pesan ketika tengah malam, terlebih menuntut agar pesanmu segera dibalas saat itu juga ya, Beauties. Sebab hal tersebut relatif dianggap kurang sopan.

Selain memperhatikan waktu, kamu juga tidak dianjurkan mengirim pesan dalam keadaan panik atau ketika sedang emosi. Hal tersebut dimaksudkan agar orang lain tidak salah tafsir dengan pesan yang ingin kamu sampaikan. Lebih baik tunggu dulu hingga kondisimu tenang dan emosimu sudah stabil.

Bijak dalam Berkomentar

berkomentar
Bijak dalam berkomentar/ Foto: freepik.com

Selain mengirim pesan secara private, kamu tentu memiliki grup chat yang beranggotakan rekan kerja bahkan atasan. Keberadaan grup chat memang memudahkan komunikasi dengan rekan-rekan satu kantor. 

Nah, berhubung grup chat memiliki banyak partisipan di dalamnya, maka kamu perlu bijak dalam mengomentari pesan yang disampaikan oleh rekanmu. Jangan sampai komentar yang kamu lontarkan justru menyinggung orang lain. Jika ingin memberi masukan kepada salah seorang rekan kerja yang ada di dalam grup, ada baiknya kamu menyampaikannya lewat chat pribadi.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id