sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Bukan Seks Semata, Ini 7 Penyebab Pria Berselingkuh

tjitradewi | Senin, 15 Mar 2021 22:30 WIB
Bukan Seks Semata, Ini 7 Penyebab Pria Berselingkuh
caption

Kisah perselingkuhan makin kerap terdengar belakangan ini. Hal ini pun membuat banyak perempuan menjadi takut untuk menjalin sebuah hubungan atau membawanya ke jenjang yang lebih serius.

Ada orang yang berkata bahwa perempuan yang tak bisa menjaga penampilan membuat pasangannya mencari wanita lain yang lebih cantik. Beberapa orang bilang bahwa pasangan yang tidak puas di ranjang akan mencari wanita lain yang bisa memuaskannya. Namun, apakah anggapan-anggapan itu benar adanya?

Dilihat dari segi psikologi, ternyata laki-laki yang selingkuh dari pasangannya sebenarnya memiliki masalah dengan dirinya sendiri. Mereka pun sebisa mungkin mencari alasan untuk membenarkan tindakannya dengan menyalahkan pasangannya. Lalu, apa sebenarnya sebab laki-laki selingkuh? Seperti dilansir dari Psychology Today, simak selengkapnya di sini!

1. Tidak Dewasa

Ilustrasi pria kekanakan.
Ilustrasi pria kekanakan. (Freepik)

Jika seseorang tak paham benar bahwa dengan berselingkuh dapat menyakiti pasangannya, ia berpikir bahwa memiliki 'petualangan' bersama perempuan lain merupakan hal yang sah untuk dilakukan. Ia pun berpikir bahwa setia kepada satu pasangan seperti pakaian yang dengan mudahnya bisa ia pakai dan lepas lagi

2. Merasa Rendah Diri

Ilustrasi pria rendah diri.
Ilustrasi pria rendah diri. (Freepik)

Laki-laki yang merasa tak pantas mendampingi pasangannya karena terlalu tua atau muda, tidak tampan, tidak sepintar atau sekaya pasangan biasanya akan mengalami krisis percaya diri. Untuk mengatasi egonya, biasanya mereka akan mencari validasi kepada wanita lain agar dirinya merasa dibutuhkan dan berharga.

3. Ingin Mengakhiri Hubungan

Ilustrasi putus hubungan.
Ilustrasi putus hubungan. (Freepik)

Ingin mengakhiri hubungan menjadi salah satu alasan laki-laki berselingkuh. Alih-alih mengatakannya secara baik-baik, mereka memilih untuk selingkuh dan membiarkan pihak perempuan untuk memutuskan akhir hubungan. Terkadang, ada pria yang mencari untuk memastikan ia mendapat pasangan baru sebelum mengakhiri hubungannya dengan pasangan sebelumnya.

4. Tidak Memiliki Sahabat Laki-Laki

Ilustrasi teman laki-laki.
Ilustrasi teman laki-laki. (Freepik)

Pria yang tidak mendapatkan dukungan dari sahabat laki-lakinya, mengisi tangki kebutuhan akan hubungan sosial dengan mencari perempuan. Jika hubungannya tak berjalan lancar, ia pun dengan mudah mencari wanita lain semata-mata untuk memenuhi kebutuhan tangki emosi dan hubungan sosialnya.

5. Mengalami Kekerasan Saat Kecil

Ilustrasi kekerasan pada anak.
Ilustrasi kekerasan pada anak. (Freepik)

Trauma masa kecil seperti pengabaian, kekerasan emosional dan fisik, membuat anak yang mengalaminya memiliki masalah kepercayaan. Hal ini membuatnya tumbuh menjadi orang yang tidak dapat berkomitmen. Laki-laki yang tumbuh dalam kondisi ini bisa juga mencari distraksi lain seperti berselingkuh untuk mengobati luka masa kecilnya.

6. Mengira Hubungan akan Terus Bergairah

Ilustrasi pasangan baru.
Ilustrasi pasangan baru. (Freepik)

Laki-laki yang mengira bahwa hubungan akan selamanya bergairah, seperti saat awal memulai hubungan, biasanya akan mudah berselingkuh. Mereka tidak tahu bahwa hubungan jangka panjang memang akan kehilangan gairahnya, namun hal ini akan berubah menjadi hubungan yang lebih dalam dan bermakna.

[Gambas:Instagram]

7. Ekspektasi Tak Realistis terhadap Pasangan

Ekspektasi tidak realistis mengakibatkan hubungan yang tak sehat.
Ekspektasi tidak realistis mengakibatkan hubungan yang tak sehat. (Freepik)

Ada pria yang mengira bahwa pasangannya harus selalu memenuhi kebutuhan dan keinginannya, tanpa memertimbangkan apa yang sedang pasangannya alami dan rasakan. Jika pasangannya tak dapat memenuhi hal tersebut, ia akan mencari wanita lain yang dapat mengisi kekosongan itu.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id