sign up SIGN UP

Dia Lakukan Gaslighting? Coba Cara Ini buat Berdamai dengan Diri Sendiri, Beauties!

Anindya Milagsita | Minggu, 14 Nov 2021 06:00 WIB
Dia Lakukan Gaslighting? Coba Cara Ini buat Berdamai dengan Diri Sendiri, Beauties!
Cara berdamai dengan diri sendiri saat mengalami perlakuan gaslighting/freepik/tiarachardz

Pernah nggak dalam sebuah hubungan atau saat sedang masa pendekatan, sering kali merasa kehilangan kendali atas diri kamu, Beauties? Kamu merasa kebingungan sendiri dengan pikiran dan kenyataan yang ada, bahkan mempertanyakan apa yang salah dengan diri kamu. Kalau pernah mengalaminya, bisa jadi kamu tengah mengalami gaslighting.

Mengutip dari Very Well Mind, perilaku gaslighting bisa diartikan sebagai bentuk manipulasi yang terjadi dalam sebuah hubungan yang toksik. Kondisi ini bikin nggak nyaman dan seringkali membuat korban mempertanyakan penilaian dan kenyataan yang ada. Singkatnya, gaslighting ini dilakukan pelaku untuk melemahkan persepsi seseorang tentang realitas.

Lantas kalau gebetan atau pacar gaslighting, gimana caranya agar kamu bisa berdamai dengan diri sendiri dan keadaan? Simak kiatnya berikut, yuk!

Pastikan Kalau Itu Gaslighting

Memastikan kalau perlakuan yang didapat memang benar gaslighting.
Cara berdamai dengan diri sendiri saat mengalami perlakuan gaslighting/freepik/teksomolika

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan memastikan kalau perlakuan yang kamu terima memanglah gaslighting, Beauties. Dilansir dari Healthline, perilaku ini nggak mudah buat dikenali dan seringkali terjadi lewat hal-hal kecil. Bentuk manipulasi yang terjadi bisa berbentuk kebohongan ataupun mengambil kontrol atas diri kamu.

Ciri-ciri yang bisa dikenali dari perilaku ini adalah saat kamu selalu mempertanyakan diri sendiri, merasa ada yang salah dengan diri kamu, atau bahkan sering meminta maaf kepadanya atas hal-hal yang kamu pun bingung apakah itu kesalahanmu atau bukan.

Perilaku kasar atau kritis dari pasangan belum tentu gaslighting, lho. Mereka yang melakukan sering menganggap diri mereka selalu benar dan membuat kamu seolah-olah yang bersalah.

Kumpulkan Bukti Perlakuannya

Mengumpulkan bukti perlakuan gaslighting dari pacar atau gebetan.
Cara berdamai dengan diri sendiri saat mengalami perlakuan gaslighting/freepik/rawpixel.com

Selanjutnya, pastikan kamu mengumpulkan bukti-bukti perlakuan gaslighting yang dialami. Cara ini bisa membantu kamu dalam melalui dua kondisi sekaligusKondisi pertama adalah saat kamu mengkonfirmasi pada pasangan, tapi mereka menyangkal. Bukti seperti tangkapan layar chat atau bahkan rekaman suara yang kamu miliki bisa membantu untuk memperjelas situasi.

Selain itu dengan memiliki bukti perilaku gasligthing, bisa membantu juga untuk kamu memulihkan pikiran sekaligus mendukung emosional yang sebelumnya sempat terguncang.

Saat kamu kembali mempertanyakan kebenaran dan ragu pada diri sendiri, coba buka lagi tangkapan layar ataupun rekaman suara yang sudah kamu simpan sebelumnya. Cara ini membantu kamu untuk bisa bangkit dan mendapatkan kepercayaan diri kembali.

Bicarakan pada Pasangan

Membicarakannya pada pasangan atau gebetan.
Cara berdamai dengan diri sendiri saat mengalami perlakuan gaslighting/freepik/vidistudio

Masih belum lega dan merasa terbebani? Coba komunikasikan pada pasangan tentang kondisi yang tengah kamu alami, Beauties. Perlakuan si doi yang bikin kamu ragu dan  kehilangan kepercayaan diri tentu bikin nggak nyaman. Berbicara padanya soal kondisi ini seringkali hasilnya memang nggak sesuai harapan.

Tapi lewat cara ini juga kamu pun bisa mengetahui reaksi dan perasaan apa yang diberikan olehnya. Kamu pun bisa lebih terbantu untuk mempertimbangkan kembali langkah apa yang akan dilakukan setelah pembicaraan ini.

Fokus pada Diri Sendiri

Fokus berdamai dengan diri sendiri dan juga keadaan.
Cara berdamai dengan diri sendiri saat mengalami perlakuan gaslighting/freepik/lookstudio

Mengalami perlakuan gaslighting tentu melelahkan dan nggak jarang menguras banyak hal yang ada pada diri kamu, Beauties. Oleh karena itu, pastikan kamu tetap fokus merawat diri. Baik itu secara fisik maupun kesehatan mental.

Melakukan rutinitas ataupun hobi yang menyenangkan bisa membantu memulihkan pikiran, hati, hingga jiwa setelah apa yang terjadi pada hubungan kamu.

Masih melansir dari laman yang sama, berolahraga juga bisa membantu. Lakukan olahraga yang sesuai kemampuan atau kenyamanan kamu. Cara ini membantu menyehatkan badan sekaligus bikin rileks pikiran, lho. Kalau kamu nggak terlalu suka olahraga outdoor bisa juga mencoba yoga atau meditasi untuk mendapat manfaat kesehatan yang baik.

Ceritakan pada Orang Terpercaya

Jangan ragu untuk membagikan apa yang dirasa dengan orang kepercayaan.
Cara berdamai dengan diri sendiri saat mengalami perlakuan gaslighting/freepik/shurkin_son

Selain keempat cara di atas, ada kiat lain yang bisa kamu coba untuk bisa berdamai dengan diri sendiri atas perlakuan gaslighting yang diterima. Caranya dengan membagikan apa yang tengah dirasakan pada orang terpercaya. Dengan cara ini, kamu bisa mendapat perspektif lain yang mungkin bisa membantu untuk mengambil keputusan. 

Nggak melulu mendapatkan solusi, dengan melakukan sharing pada orang kepercayaan juga bisa membuat kamu meraih dukungan secara emosional. Pastikan memilih orang yang tepat yang bisa bersikap netral dan nggak akan menyalahgunakan privasi kamu, Beauties. Selamat mencoba!

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id