sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Hampir Gak Kelihatan! Simak 5 Tanda Kamu Mengalami Trauma Pasca Menjalani Toxic Relationship

Lifia Mawaddah Putri | Selasa, 25 May 2021 14:30 WIB
Hampir Gak Kelihatan! Simak 5 Tanda Kamu Mengalami Trauma Pasca Menjalani Toxic Relationship
caption

Menjalin hubungan yang sehat memang enggak mudah. Nyatanya, masih banyak orang yang mengalami toxic relationship. Pastinya, hubungan ini pun akan berdampak buruk bagi seseorang. Salah satunya, seseorang yang pernah menjalani toxic relationship bisa mengalami trauma berkepanjangan lho!

Sayangnya, enggak banyak orang yang menyadari bahwa mereka mengalami trauma akibat toxic relationship. Nah, berikut ini Beautynesia.id sudah merangkum 5 tanda seseorang mengalami trauma. Yuk simak penjelasannya!

Takut Berkomitmen

Seseorang yang mengalami trauma karena hubungan yang kandas biasanya akan takut berkomitmen lagi.
Stres/freepik.com

Seseorang yang mengalami trauma karena hubungan yang kandas biasanya akan takut berkomitmen lagi. Sebab, rasa sakit karena kegagalan pun masih terbayang. Sehingga, kamu sulit mempercayai orang lain. Tapi jika kamu terus seperti ini, kamu akan selalu terjebak pada masa lalu lho! Bahkan, bisa saja kamu enggak akan berkembang. Jadi, jangan takut mencoba lagi.

Enggak Percaya Diri

Karena pernah gagal pada hubungan sebelumnya, seseorang yang mengalami trauma biasanya akan menutup diri. Bahkan, mereka pun bisa menjadi anti sosial dan enggak percaya diri saat berkenalan dengan orang lain. Selain itu, hal ini pun bisa terjadi karena mereka takut akan mengalami kegagalan yang sama seperti sebelumnya.

Merasa Kesepian

Nah, akibat dari enggak percaya diri, kamu pun akan merasa kesepian. Bukan karena orang-orang meninggalkanmu. Kamu sendirilah yang menutup diri dari orang lain.
Stres/freepik.com

Nah, akibat dari enggak percaya diri, kamu pun akan merasa kesepian. Bukan karena orang-orang meninggalkanmu. Kamu sendirilah yang menutup diri dari orang lain. Akhirnya, orang lain pun enggak berani mengganggumu. Agar cepat pulih dari trauma masa lalu, cobalah untuk membuka diri dengan orang baru.

Susah Move On

Eits! Susah move on dari mantan bukan berarti kamu terlalu sayang dengan si dia lho. Sebenarnya, kamu hanya terbayang-bayang dengan hubungan kalian yang runyam. Kalau kamu sulit melupakan mantan, jangan memaksakan diri untuk melakukannya. Sebab, hal ini hanya akan semakin membuatmu teringat si dia. Cobalah berdamai dengan diri sendiri dan terima semua perasaan yang kamu rasakan. Dengan begitu, kamu pun akan cepat move on dari masa lalu.

Terlalu Sering Meminta Maaf

Meminta maaf memang hal yang baik. Namun, jika kamu terlalu sering merasa bersalah dan meminta maaf, bisa jadi ini pertanda bahwa kamu mengalami trauma.
Minta Maaf/freepik.com

Meminta maaf memang hal yang baik. Namun, jika kamu terlalu sering merasa bersalah dan meminta maaf, bisa jadi ini pertanda bahwa kamu mengalami trauma. Hal ini biasanya terjadi karena kamu merasa tertekan dan selalu ada di pihak yang salah. Oleh sebab itu, kamu pun jadi terus merasa bersalah. Sebaiknya, jangan terlalu menyalahkan diri sendiri ya, Beautynesian!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id