sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Takut Ditinggalkan dan Mudah Cemburu, Itu Cinta atau Posesif?

Ayuliy Lestari | Minggu, 23 May 2021 11:00 WIB
Takut Ditinggalkan dan Mudah Cemburu, Itu Cinta atau Posesif?
caption

Dicintai atau mencintai dengan sangat dalam memang terdengar indah. Namun hati-hati karena terkadang kamu tidak bisa membedakan rasa cinta dengan posesif.

Seseorang bisa bersikap posesif tanpa disadari dan mengatasnamakan kasih sayang atas sikap posesifnya. Padahal terlalu posesif bisa membuat pasangan menjadi tidak nyaman bahkan tersiksa.

Menurut KBBI, posesif adalah sifat yang membuat seseorang merasa menjadi pemilik. Artinya kamu merasa memiliki pasangan sepenuhnya sehingga kamu mencoba mengontrol apapun yang akan pasangan lakukan.

Lalu apakah posesif merupakan rasa cinta atau kasih sayang? Ternyata antara posesif dan cinta merupakan dua hal yang berbeda, Ladies.

Posesif Membuat Kamu Selalu Berfikir Negatif

beda cinta dengan posesif
beda cinta dengan posesif/freepik.com

Seharusnya ketika jatuh cinta pada seseorang, kamu akan memiliki perasaan yang positif dan merasa nyaman. Kamu lebih fokus membicarakan hal-hal yang membahagiakan untuk masa depan berdua.

Sedangkan posesif sebaliknya, kamu akan berpikir negatif, memiliki rasa cemas berlebihan, takut akan ditinggalkan dan kehilangan. Ketika kamu tidak berada di dekatnya, kamu akan mudah overthinking.

Posesif Membuat Kamu Cemburu Berlebihan

beda cinta dengan posesif
beda cinta dengan posesif/freepik.com

Ketika kamu mencintai dengan tulus, kamu akan belajar tentang bagaimana menjadi tanpa pamrih. Sedangkan posesif bisa dikatakan sebagai bentuk lain dari keegoisan. Kamu bisa cemburu berlebihan tanpa alasan yang jelas.

Jika kamu mulai mengintrogasi, mengecek akun media sosial dan yang paling parah adalah menguntit bahkan pasangan tidak memiliki privasi lagi maka yang kamu rasakan sebenarnya bukanlah cinta atau kasih sayang namun posesif.

Posesif Membuat Kamu dan Pasangan Downgrade

beda cinta dengan posesif
beda cinta dengan posesif/freepik.com

Seharusnya cinta dan kasih sayang membuat kamu dan pasangan saling membantu untuk berkembang dan maju. Kamu dan pasangan saling bahu-membahu untuk sukses bersama.

Sedangkan posesif membuat satu sama lain tidak memiliki kebebasan. Sikap selalu mengontrol pasangan membuat satu sama lain malah menjadi downgrade. Tanpa disadari kamu dan pasangan membuat batasan-batasan tertentu yang membuat kalian sulit untuk bergerak maju.

Posesif Membuat Hubungan Penuh Ancaman

beda cinta dengan posesif
beda cinta dengan posesif/freepik.com

Ketika mencintai seseorang dengan tulus, kamu akan membiarkannya bahagia. Kamu akan mendukung setiap proses yang ia lalui, mendukung karir dan menemani aktivitasnya dengan sukacita. Bahkan pasangan kamu bebas menyalurkan hobi tanpa ada tekanan.

Sedangkan posesif adalah hubungan yang tidak sehat dan dipenuhi dengan ancaman. Kamu menuntut pasangan untuk selalu berada di dekatmu bahkan menuntutnya meninggalkan hobi dan karier demi fokus pada hubungan. Parahnya, kamu tidak segan mengancam untuk melukai diri sendiri jika pasangan tidak menuruti kemauanmu.

Posesif Menjauhkan Pasangan dari Teman dan Keluarga

beda cinta dengan posesif
beda cinta dengan posesif/freepik.com

Mencintai pasangan artinya juga mencintai kehidupannya, kamu akan berusaha dekat dengan teman dan keluarganya. Kamu tak segan menghabiskan waktu bersama pasangan sekaligus teman dan keluarganya.

Berbeda dengan posesif, tidak hanya membuat pasangan meninggalkan hobi bahkan karier, tanpa kamu sadari, kamu juga membuatnya menjauh dari teman bahkan keluarga. Kamu akan protes ketika teman atau keluarga menelpon saat kalian tengah bersama.

Ladies, sebenarnya kamu tidak perlu mengontrol pasangan berlebihan. Cukup buat dia nyaman dan selalu upgrade diri hingga kamu layak dicintai, dengan begitu tanpa posesif pun, pasangan akan tetap berada di sisimu.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id