sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Hindari Toxic Relationship, Begini Lho Karakteristik Hubungan yang Sehat

Rumaysha Milhania | Minggu, 02 May 2021 13:00 WIB
Hindari Toxic Relationship, Begini Lho Karakteristik Hubungan yang Sehat
caption

Penting untuk membangun hubungan yang sehat dengan pasangan. Simak ciri-ciri hubungan sehat yang bisa kamu kembangkan dengan pasangan berikut ini.

Untuk membangun hubungan yang baik, kamu harus bisa mengisi dirimu sendiri dengan kebahagiaan.
Pasangan bahagia/ Sumber: Freepik.com

1. Kedua pasangan tahu bahwa mereka bertanggung jawab atas kebahagiaan individu mereka sendiri

Untuk membangun hubungan yang baik, kamu harus bisa mengisi dirimu sendiri dengan kebahagiaan. Sayangnya, banyak orang jatuh ke dalam kebiasaan buruk untuk percaya dan mengharapkan bahwa pasangan kita dimaksudkan untuk menjadi sumber semua kebahagiaan, cinta, dan kepuasan dalam hidup mereka.

Namun, dalam hubungan yang benar-benar sehat, tidak ada pasangan yang mengharapkan pasangannya menjadi sumber semua kebahagiaan dalam hidup mereka. Kedua orang tersebut tahu dan memahami bahwa mereka sendiri bertanggung jawab atas kebahagiaan dan kesejahteraan mereka sendiri. 

2. Tidak ada keinginan untuk mengontrol atau "memperbaiki" orang lain

Banyak orang bertahan dengan pasangannya yang jelas-jelas memiliki kebiasaan buruk dengan alasan ingin memperbaiki dan membimbingnya berubah. Sayangnya, kenyataannya adalah tidak ada karakter yang dapat diubah atau diperbaiki, khususnya jika bukan atas keinginan sendiri.

Pasangan yang sehat cenderung mendukung dan berkompromi untuk tiap kelebihan dan kekurangan pasangannya. Sebaliknya, pasangan yang tidak sehat akan menuntut perubahan dan itu sulit. 

Banyak orang bertahan dengan pasangaannya yang jelas-jelas memiliki kebiasaan buruk dengan alasan ingin memperbaiki dan membimbingnya berubah.
Hubungan yang sehat/ Sumber: Freepik.com

3. Hubungan itu seimbang

Pasangan yang sehat cenderung netral dalam hal dominasi. Tidak ada satu pihak yang lebih memberikan kuasanya dalam tiap keputusan dan kontrol dalam hubungan. Kedua orang memiliki suara yang sama dan memiliki kontrol yang sama atas keputusan yang dibuat. Tidak hanya itu, keduanya juga sama-sama menghormati satu sama lain sebagai manusia yang berbeda dan unik.

4. Konflik ditangani langsung dan kemudian dihentikan

Diam tidak selalu emas. Dalam hubungan, sangat penting untuk membicarakan permasalahan dan terbuka untuk tiap persepsi, asumsi, dan perasaan yang dimiliki satu sama lain. Dalam hubungan yang sehat, konflik bukanlah pemecah kesepakatan. Konflik cenderung dipandang sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh. Kedua belah pihak secara terbuka berbagi perasaan dan pandangan mereka dengan jujur ​​dan hormat.

Dalam hubungan yang sehat, kedua pasangan cenderung berbagi perasaan tulus mereka satu sama lain dengan bebas. Kedua pasangan menghormati dan menerima perasaan satu sama lain.
Suami dan Istri/ Sumber: Freepik.com

5. Perasaan diungkapkan secara jujur ​​dan terbuka

Dalam hubungan yang sehat, kedua pasangan cenderung berbagi perasaan tulus mereka satu sama lain dengan bebas. Kedua pasangan menghormati dan menerima perasaan satu sama lain. Mengekspresikan perasaan sejati satu sama lain tidak ditekan karena kedua pasangan tahu bahwa dengan tidak membagikannya dan dengan tidak menerima perasaan orang lain, hal itu akan menimbulkan konflik di kemudian hari.

Nah, itulah beberapa ciri pasangan dengan hubungan yang sehat. Cobalah untuk kembangkan kebiasaan ini untuk membangun relasi yang baik dengan pasanganmu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id