sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Ingin Mengakhiri Hubungan Tanpa Membuat Pasangan Tersakiti Terlalu Dalam? Lakukan dengan Cara Ini

Ade Irma Suryani | Minggu, 27 Sep 2020 18:00 WIB
Ingin Mengakhiri Hubungan Tanpa Membuat Pasangan Tersakiti Terlalu Dalam? Lakukan dengan Cara Ini
caption
Jakarta -

Setiap orang pastinya menginginkan hubungan percintaan yang langgeng agar bisa menuju ke tahap lebih serius. Namun tak jarang, seringkali sebuah hubungan harus diakhiri di tengah jalan, baik itu karena tanpa restu orang tua, hubungan yang tidak jelas ujung kepastiannya, atau karena alasan lain sebagainya. Tentunya bukanlah suatu hal yang mudah untuk menjadi orang yang langsung memutuskan hubungan tersebut, apalagi jika kamu telah lama mengenal pasangan, terlebih lagi jika tidak ingin hatinya sampai terluka begitu dalam. 

Namun, sesuatu yang harus diakhiri memang harus segera untuk diakhiri. Mengingat hal ini juga sangat penting untuk kebaikan dirimu sendiri dan juga pasangan. Tentunya ada beberapa cara yang harus kamu lakukan, agar hubungan yang harus berakhir tersebut tidak sampai menyakiti pasangan terlalu dalam. Simak ulasannya berikut ini.

 

Lakukan di Waktu yang Tepat Tanpa Mengulur Waktu

Akhiri hubungan di waktu yang tepat dan tidak menunda waktu.
Lakukan di Waktu yang Tepat Tanpa Mengulur Waktu/Pexels.com 

Ketika kamu telah memilih untuk mengakhiri sebuah hubungan, lakukanlah di waktu yang benar-benar tepat, namun jangan sampai juga menunda terlalu lama. Pilihlah waktu dimana kamu merasa siap secara sadar untuk memutuskannya dan pastikan juga bahwa pasangan sedang tidak berada dalam kondisi buruk, seperti sedang bertengkar dengan orang tuanya, ditolak lamaran pekerjaan, ataupun bahkan tepat di hari ulang tahunnya. Memutuskan pasangan di momen yang tidak pas bisa saja akan lebih menyakitinya.

Selain itu, terus-terusan mengulur waktu karena merasa tidak enak atau karena hal lain yang tidak jelas hanya akan membuat semuanya berjalan menjadi tidak baik bagimu dan dirinya. 

 

Bertatap Muka Langsung

Akhiri hubungan dengan memilih bertatap muka langsung.
Bertatap Muka Langsung/Pexels.com

Jika kamu peduli dengan perasaan pasangan dan tidak ingin sampai menyakitinya terlalu dalam, hindarilah memutuskan hubungan melalui pesan singkat atau lewat telepon. Karena hal ini sendiri merupakan cara yang tidak bijak dan terkesan seakan tidak peduli dengan perasaan seseorang.

Meskipun kamu merasa tidak nyaman harus menyampaikan hal tersebut dengan bertemu langsung, namun ketahuilah bahwa ini merupakan cara terbaik dalam mengakhiri hubungan. Bertatap muka langsung akan menghindari terjadinya salah paham dan membuat pasangan bisa mendapatkan  penjelasan yang jelas darimu. 

 

Jangan Lakukan di Tempat Publik

Jangan mengakhiri hubungan di tempat publik.
Jangan Lakukan di Tempat Publik/Pexels.com

Sebaiknya carilah tempat yang agak privat dan jauh dari keramaian orang, agar proses tersebut tidak mengalami gangguan. Hindarilah untuk mengakhiri hubungan di tempat publik seperti di kafe atau tempat ramai lainnya. Karena hal ini tentunya akan mengganggu kenyamananmu dan juga pasangan. Apalagi jika kamu harus melakukan percakapan yang agak intim, panjang dan mengandung emosi, tentunya akan membuat banyak orang menyaksikan hal tersebut. Selain itu hal ini juga terkesan tidak adil bagi pasangan, dimana ia menjadi tidak bebas mengekspresikan perasaannya. Sebaiknya pilihlah tempat yang agak privat, agar proses tersebut tidak mengalami gangguan. 

 

Nyatakan dengan Jujur dan Terbuka

Berikan alasan yang jujur dan terbuka.
Nyatakan dengan Jujur dan Terbuka/Pexels.com 

Penting bagimu untuk mengakhiri hubungan ini dengan alasan yang jujur dan terbuka. Janganlah menutupi apa yang telah kamu rasakan tentang hubungan yang tidak berjalan dengan baik ini. Berterus teranglah, karena itu jauh lebih baik. Sampaikanlah keputusanmu itu dengan cara yang tulus, lembut, namun dibarengi dengan sikap yang tegas bahwa hubungan ini memang harus benar-benar berakhir. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id