sign up SIGN UP

Ini Gaya Pacaran Orang Korea, Ada yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan!

Dian Aprilia | Minggu, 19 Sep 2021 17:30 WIB
Ini Gaya Pacaran Orang Korea, Ada yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan!
caption
Jakarta -

­Bagi penikmat drama Korea tentu sudah tidak asing lagi tentang gaya pacaran orang Korea. Namun, mungkin ada beberapa hal yang belum kamu ketahui tentang adat dan etika orang Korea dalam menjalani hubungan spesial dengan lawan jenis. Salah satu budaya yang mungkin mencolok di Korea mengenai dating adalah kencan buta.

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan cara berpacaran orang Korea, simak artikel ini hingga akhir ya Beauties! Berikut beautynesia telah merangkum gaya pacaran orang Korea dan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Kencan Buta (Sogaeting)

Ilustrasi - pacaran orang Korea (Hometown ChaChaCha)
Ilustrasi - pacaran orang Korea (Hometown ChaChaCha)/soompi.com

Dikutip dari 90daykorean.com, kencan buta atau dikenal dengan sogaeting adalah pertemuan antara pria lajang dan perempuan lajang. Kegiatan ini memungkinkan kamu memiliki satu referensi atau lebih untuk berkencan atau menjalin hubungan.

Cara ini sudah umum dilakukan oleh orang Korea untuk berkenalan dengan sosok baru yang mungkin bisa menjadi pasangan mereka. Cara melakukannya cukup mudah, kamu hanya perlu meminta teman, kerabat, atau orang tua untuk menjodohkan dengan seseorang.

Namun, kencan buta tak selalu berakhir dengan menjalin hubungan. Tetapi setidaknya bisa menjadi pengalaman menarik dalam hidup dan menambah networking.

PDA di Korea

Ilustrasi PDA di Korea (Check Out The Event
Ilustrasi PDA di Korea (Check Out The Event)/soompi.com

PDA (Public Display of Affection) adalah aktivitas yang menunjukkan afeksi atau perasaan pada pasangan di depan umum. Hal ini tentu sangat bergantung pada adat istiadat, etika, norma dan budaya masyarakat setempat.

Korea dinilai sebagai negara yang masih menjunjung tinggi adat ketimuran, oleh sebab itu ada perbedaan signifikan antara PDA di Korea dan PDA di Barat.

Daftar PDA di Korea:

  • Ngobrol dengan menikmati minuman keras
  • Saling memberi kabar dan aktivitas harian melalui chat atau telepon
  • Kencan pada hari libur dengan pasangan, di momen White Day, Pepero Day, setiap tanggal 14 dan Natal
  • Memakai cincin, sepatu, aksesoris, atau pakaian ‘couple’
  • Lebih sering bergandengan tangan dan merangkul dibandingkan berciuman

PDA yang tidak bisa diterima di Korea atau dinilai buruk bagi sebagian orang Korea adalah menunjukkan kasih sayang yang intens di depan umum. Dikutip dari 90daykorean.com, ciuman dan pelukan berlama-lama di depan umum akan dianggap norak dan tidak pantas.

Peringatan Hari Jadi

Ilustrasi orang Korea (Check Out The Event)
Ilustrasi orang Korea (Check Out The Event)/soompi.com

Berbeda halnya dengan pasangan di Indonesia yang merayakan hari jadi secara berkala setiap tahun, pasangan Korea memiliki perhitungan sendiri. Dikutip dari theculturetrip.com, pasangan Korea akan memilih hitungan 100 hari-an dalam kencan mereka.

Dimulai dari perjalanan hubungan pada 100 hari, 200, 300, 400, 500 hingga 1000 hari. Sementara itu, pasangan yang lebih muda biasanya memilih untuk merayakan hari jadi bersama pada hari ke-22.

Itulah gaya pacaran orang Korea dan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama menjalin hubungan. Semoga bermanfaat, ya!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id