sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Jangan Jadi Kebiasaan, Atasi Hubungan Putus Nyambung dengan Cara Ini

Jovita | Minggu, 21 Jun 2020 08:00 WIB
Jangan Jadi Kebiasaan, Atasi Hubungan Putus Nyambung dengan Cara Ini
caption

Sebagian orang menganggap kata putus dalam hubungan asmara sebagai hal yang tidak benar-benar serius dan tidak sengaja dilontarkan akibat emosi semata. Karenanya, beberapa dari kita memilih untuk meminta maaf dan menyambung kembali hubungan yang sudah putus itu.

Padahal, hubungan putus nyambung yang terjadi lebih dari sekali merupakan indikasi yang tidak baik dalam hubungan asmara. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini?

1. Temukan dan selesaikan sumber masalah 

Doors/ Foto: pixabay.com
Sumber Masalah dalam Hubungan/ Foto: pixabay.com

Masalah merupakan hal yang wajar ditemukan dan dihadapi dalam hubungan asmara. Namun akan menjadi tidak wajar, jika hal ini terus menerus menghantui kamu dan pasangan, apalagi sampai menyebabkan hubungan putus nyambung. Untuk terlepas dari lingkar setan in, kamu harus bisa memutus rantai tersebut dengan menemukan dan menyelesaikan sumber masalah yang ada.


Seringkali dalam hubungan asmara yang sedang menghadapi masalah, salah satu pihak akan mengalah dan menganggap masalah tersebut sudah selesai agar tidak menjadi panjang. Padahal hal ini bukanlah penyelesaian. Tindakan seperti ini hanya akan menimbun masalah yang akan terus terakumulasi saat nanti menemui situasi serupa. Pada akhirnya, ini seperti bom waktu yang pasti meledak.

Kondisi ini hanya bisa diselesaikan dengan kedewasaan dari kedua belah pihak. Jika kamu merasa masih penuh dengan emosi, maka lebih baik tenangkan pikiran terlebih dulu selama beberapa hari. Jangan mencari penyelesaian masalah saat masih diliputi emosi. Kamu juga bisa mencatat hal-hal yang ingin dibicarakan dengan pasangan. Saat emosi sudah lebih stabil, barulah diskusikan masalah yang ada beserta daftar yang sudah dibuat.

2. Bangun komunikasi yang lebih baik

Hands Together/ Foto: Pixabay.com
Membangun Komunikasi yang Baik/ Foto: Pixabay.com

Untuk mengatasi hubungan putus nyambung yang terjadi terus menerus, kamu dan pasangan perlu menjalin komunikasi yang lebih baik. Bisa jadi selama ini, penyebab putus nyambung dalam hubungan asmaramu adalah karena buruknya komunikasi antara kamu dengan kekasih. Buruknya jalinan komunikasi cenderung menyebabkan kesalahpahaman yang berakhir fatal. Oleh karena itu, mulai sekarang bangunlah komunikasi yang lebih baik.

Salah satu cara untuk membangun komunikasi yang baik dan berkualitas adalah dengan jujur dari hati ke hati. Kamu bisa mulai dengan menanyakan perasaan dan pendapat pasangan selama menjalani hubungan ini, apakah ada hal yang tidak ia sukai atau merasa terbebani, begitupun sebaliknya. Selain itu, kamu juga bisa tanyakan keseriusan pasangan dan bagaimana ia melihat hubungan tersebut dalam jangka panjang. Dengan begini, tentu pondasi hubungan asmara kalian akan jadi lebih kuat.

3. Pikirkan solusi dengan matang dan ambil keputusan

Woman/ Foto: pixabay.com
Ambil Keputusan Setelah Berpikir dengan Matang/ Foto: pixabay.com

Beautynesian, ada banyak penyebab hubungan putus nyambung yang mungkin kamu hadapi, salah satunya karena hubungan asmara memang sudah tidak sehat lagi. Saat hubungan dengan kekasih sudah tidak sehat, kata putus bukanlah solusi untuk memperbaiki semuanya atau untuk memberikan efek jera kepada pasangan. Apalagi, jika setelah itu, kamu malah menyambung kembali hubungan tersebut. 

Hal yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari situasi tersebut yaitu dengan mengambil keputusan secara tegas. Jika memang kamu melihat hubungan itu tidak bisa lagi dipertahankan, maka akhirilah dengan segala risiko yang ada. Tidak ada gunanya bertahan dalam hubungan dengan orang yang salah. Daripada menderita selamanya, lebih baik sakit sebentar tetapi setelah itu kembali bahagia, bukan?

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id