sign up SIGN UP

Nggak Gugup Lagi, Ini 4 Tips Kencan Pertama Kali buat Para Introvert

Nadya Quamila | Senin, 15 Nov 2021 23:30 WIB
Nggak Gugup Lagi, Ini 4 Tips Kencan Pertama Kali buat Para Introvert
caption
Jakarta -

Kencan pertama dengan gebetan merupakan momen yang dinanti-nantikan. Namun, hal ini juga bisa menjadi hal yang menakutkan atau bahkan menantang, terlebih bagi seorang introvert. Kencan bisa menjadi sebuah aktivitas yang melelahkan dan menguras energi bagi tipe kepribadian introvert.

Ada banyak kekhawatiran yang terlintas di benak seorang introvert saat kencan pertama. Mulai dari membuat kesan pertama, memastikan obrolan tetap berjalan dengan baik, hingga memilih tempat kencan.

Eits, tapi nggak perlu panik, Beauties! Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti demi kencan pertama yang mengesankan. Apa saja tipsnya? Yuk, cari tahu!


Menjadi Diri Sendiri

Ingatlah bahwa teman kencan tetap orang asing.Menjadi diri sendiri saat kencan pertama/Foto: Freepik

First thing first, pastikan kamu selalu menjadi diri sendiri, Beauties! Memang tak terhindarkan bahwa kamu ingin memberikan first impression yang baik ke gebetan, namun jangan sampai kamu tidak menjadi diri sendiri dan berpura-pura menjadi orang lain.

Seorang yang introvert cenderung tidak terlalu tertarik pada flirting, dan hal ini sebenarnya terkadang bisa menjadi keunggulan, lho. Karena kamu akan memberikan kesan tulus, lebih dapat dipercaya, serta dapat diandalkan. Jadi, nggak perlu menyembunyikan siapa diri kamu ya, Beauties!

Pilih Jenis Kencan yang Menyenangkan

Foto : Ide Kencan untuk Pasangan Introvert/pexels.com/RODNAE ProductionsTips kencan pertama kali untuk introvert/Foto: Pexels.com/RODNAE Productions

Pahami jenis kencan seperti apa yang bisa membuat kamu tidak menutup diri dan nyaman untuk membicarakan banyak hal. Menurut Dr. Susan Krauss Whitbourne, Profesor Emerita dari Ilmu Psikologi dan Otak dari University of Massachusetts, Amherst, pergi kencan ke konser ternyata bukan pilihan yang tepat bagi introvert.

"Apa pun yang terlalu berisik dan mengganggu hanya akan membuat seorang introvert lebih banyak menutup diri," ungkapnya seperti dilansir dari Cosmopolitan.

Namun, jika memilih pergi ke restoran atau kafe yang tenang dengan gebetan membuat mengobrol menjadi hal yang sulit, kamu mungkin bisa memilih kencan yang melibatkan aktivitas dan diskusi, seperti membaca atau menonton acara komedi. Hal ini karena aktivitas tersebut dapat dijadikan bahan diskusi setelahnya.

Satu hal yang pasti, pilihlah aktivitas yang membuat kamu nyaman ya!


Persiapkan Topik Obrolan

Split Bill Saat Kencan PertamaTips kencan pertama kali untuk para introvert/ Foto: Pexels.com/cottonbro


Jika kamu sangat khawatir akan kehabisan topik obrolan, ada baiknya kamu menyiapkan daftar topik pembicaraan sebelum berkencan dengan gebetan. Kamu bisa memilih topik-topik yang sering kalian berdua bicarakan dan ajukan pertanyaan terbuka.

Topik yang memicu obrolan ringan juga bisa membantu kamu dan gebetan merasa nyaman satu sama lain sebelum akhirnya beralih ke percakapan yang lebih dalam. Singkatnya, tidak perlu merasa segan untuk berbasa-basi, walaupun mungkin kamu tidak begitu menyukainya.


Fokus Mendengarkan

Kalau kamu sering-sering berkencan, bisa-bisa uang bulananmu akan habis. Akhirnya, kamu malah jadi gigit jari di akhir bulan.Tips kencan pertama kali untuk para introvert/Foto: Freepik/ Foto: Lifia Mawaddah Putri

Mendengarkan dengan baik adalah kemampuan yang dimiliki oleh para introvert secara natural. Manfaatkanlah kemampuan ini sepenuhnya untuk membangun empati dan hubungan yang lebih bermakna dengan gebetan.

Jangan lupa lakukan kontak mata dan tunjukkan bahwa kamu benar-benar mendengarkan si doi dengan serius dalam percakapan. Sesekali berikan respons di sela-sela percakapan, contohnya seperti mengangguk. Hal ini akan membuat gebetan merasa nyaman dan tahu bahwa ia didengarkan dengan sungguh-sungguh.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id