sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Orangtua Tidak Merestui Hubungan, Apa yang Harus Dilakukan?

Rumaysha Milhania | Rabu, 24 Mar 2021 21:00 WIB
Orangtua Tidak Merestui Hubungan, Apa yang Harus Dilakukan?
caption

Dalam menjalani sebuah hubungan, semua orang pasti mengalami hambatan dan masalah. Salah satu yang paling rumit yang mungkin tidak pernah kamu bayangkan adalah saat orangtua tidak merestui dan tidak menyetujui hubunganmu dengan kekasih. Padahal, kamu sudah berniat untuk menjalani hubungan yang lebih serius. Lalu, apa yang sebenarnya harus dilakukan?

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengkomunikasikan masalah yang kamu hadapi langsung pada orangtuamu.
Berbicara dengan Orangtua/ Sumber: Freepik.com

1. Komunikasikan dengan Orangtua

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengkomunikasikan masalah yang kamu hadapi langsung pada orangtuamu. Ungkapkan pada mereka kebimbangan yang kamu rasakan. Katakan bahwa kamu sangat ingin orangtuamu bahagia dan kamu juga sangat mencintai pasanganmu sekarang.

2. Jalin Hubungan Baik dengan Orangtua

Mungkin mereka akan menolak dan mengelak tentang apa yang kamu rasakan. Ini bisa disebabkan oleh hubunganmu dengan orangtua yang kurang baik. Akan lebih baik jika kamu menjaga hubungan baik dengan orangtua dengan lebih sering menghabiskan waktu bersama. Dengan begitu, orangtua mungkin akan bisa membuka hati dan pikirannya untukmu.

Setelah kamu memperbaiki hubunganmu dengan orangtua, kamu dapat mulai memberikan jawaban untuk semua keraguan yang mereka miliki.
Berbicara dengan Orangtua/ Sumber: Freepik.com

3. Berikan Jawaban untuk Semua Keraguan

Setelah kamu memperbaiki hubunganmu dengan orangtua, kamu dapat mulai memberikan jawaban untuk semua keraguan yang mereka miliki. Berikan mereka keyakinan bahwa pilihan kamu adalah pilihan yang baik. Jika mereka tidak menyukai pasanganmu karena satu penyebab, berikan mereka argumen yang masuk akal dengan tetap menghargai pertimbangannya.

4. Berikan Waktu untuk Orangtua Mengenal Calonmu

Meskipun orangtuamu tidak menyetujui hubunganmu dengan pasangan, tidak ada salahnya untuk mencoba mempertemukan mereka. Buatlah mereka dalam kondisi yang dekat dan intim untuk memberikan waktu saling mengenal. Selain itu, berikan waktu pada mereka untuk saling menilai apakah mereka akan cocok. Ingat, ini bukan hanya tentang kamu dan orangtuamu, tetapi juga tentang opini dan pendapat kekasihmu.

Meskipun orangtuamu tidak menyetujui hubunganmu dengan pasangan, tidak ada salahnya untuk mencoba mempertemukan mereka.
Berbicara dengan Orangtua/ Sumber: Freepik.com

5. Terbuka dengan Pasanganmu

Terakhir, jangan tutupi masalah ini dengan pasanganmu. Jangan takut ia akan menjauh saat tahu bahwa orangtuamu masih meragukan hubungan kalian berdua. Membuka segala masalah dan tantangan akan membuat kamu lebih mengenal pasanganmu. Selain itu, dia jika memiliki hak untuk menentukan apakah ia mau berjuang untuk mengambil hati kedua orangtuamu atau memilih untuk mundur karena merasa restu orangtua sejak awal adalah yang utama.

Apapun itu pilihanmu, pastikan untuk memilih keputusan yang bijaksana dan dilandaskan oleh akal sehat. Jangan pernah terbawa emosi dan perasaan berlebihan karena itu akan membawamu pada pilihan yang gegabah.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id