sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Pasangan Pernah Selingkuh? Ini Cara Berdamai dengan Keadaan dan Kesalahannya!

Ayuliy Lestari | Minggu, 28 Jun 2020 00:00 WIB
Pasangan Pernah Selingkuh? Ini Cara Berdamai dengan Keadaan dan Kesalahannya!
caption
Jakarta -

Perselingkuhan bisa dibilang kasus paling rumit di antara komitmen yang sudah dibangun. Banyak pasangan yang memutuskan mengakhiri hubungan karena tidak bisa mentoleransi perselingkuhan. Seseorang yang mendapati pasangannya selingkuh bisa mengalami trauma yang cukup dalam, nggak heran banyak yang pada akhirnya memilih sendiri setelah gagal pada hubungan sebelumnya.

Sebuah studi menunjukkan jika bagian otak yang bernama hipokampus masih berjalan normal, artinya kamu tidak mungkin melupakan pengalaman-pengalaman di masa lalu termasuk pengalaman buruk. Jadi ketika pasangan kamu pernah selingkuh, kamu tidak akan pernah melupakan peristiwa itu. Tapi untuk kamu yang ingin tetap bertahan dan memaafkan pasangan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.


Membuat Memori Baru

memaafkan pasangan
Pinterest.com/couple

Otak semakin mengingat kejadian yang berusaha dilupakan. Jadi sebaiknya kamu tidak perlu berusaha untuk melupakan apa yang sudah terjadi. Semakin kamu berusaha melupakan kejadian-kejadian itu sama saja kamu meminta otak untuk mengingatnya kembali.

Otak memang tidak bisa melupakan memori lama tapi kamu bisa memodifikasinya dengan memori baru. Jadi kamu bisa mencari memori atau kenangan baru yang lebih indah untuk menutup memori lama, Ladies. Kamu bisa membuat aktivitas baru bersama pasangan ditempat-tempat baru. Buatlah kenangan baru yang menyenangkan sebanyak-banyaknya agar kenangan lama tertutup dengan kenangan baru kalian.

Jangan Menutup Diri

berdamai dengan kesalahannya
Pinterest.com/couple

Pulihkan rasa sakit yang kamu alami dengan keterbukaan. Kamu harus menerima apa yang sudah terjadi. Jangan malah menutup diri karena hanya akan membuat kamu semakin terpuruk. Kamu harus berani mengotak-atik pengalaman pahit dan menerimanya sebagai pelajaran berharga. Mungkin memori itu tidak akan pernah hilang tapi rasa sakit yang kamu alami, lama-lama akan memudar karena mental kamu lebih kuat.

Mengingat Nilai Positif dari Pasangan

Nilai plus pasangan
Pinterest.com/couple

Bertahan dan berdamai dengan kesalahan pasangan bisa dengan cara mengingat kalimat klasik bahwa "tidak ada manusia yang sempurna". Pasangan kamu tentunya tidak selalu membuat kesalahan. Banyak momen-momen bahagia yang kalian lalui bersama. Jadi cobalah selalu mengenang momen-momen yang membahagiakan. Cobalah mengingat kebaikan-kebaikan yang sudah diberikan oleh pasangan, Ladies!

Buatlah Komitmen dengan Diri Sendiri

berkomitmen dengan diri sendiri
Pinterest.com/couple

Jika kamu memutuskan memaafkan apa yang sudah terjadi, artinya kamu harus benar-benar move on dari peristiwa itu. Jangan pernah membahasnya kembali atau mengungkit lagi. Kamu harus memiliki komitmen dengan diri sendiri bahwa masalah tersebut sudah selesai. 

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id