sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Perhatikan Tips Ini Agar Tetap Aman Berselancar di Aplikasi Kencan!

Fahira mahza | Kamis, 18 Mar 2021 22:00 WIB
Perhatikan Tips Ini Agar Tetap Aman Berselancar di Aplikasi Kencan!
caption

Dunia digital telah berkembang pesat dia abad 21 ini. Setiap tahunnya selalu ada inovasi dan hal-hal baru yang dihadirkan. Di era digital ini komunikasi menjadi sangat mudah. Jarak kini menjadi tak berarti berkat teknologi yang tercipta. Belakangan ini, inovasi dari dunia digital apps semakin berkembang.

Digital apps yang sedang ramai dibicarakan dan digunakan salah satunya ialah aplikasi kencan. Aplikasi kencan ini dapat kamu download melalui playstore ataupun appstore. Kehadiran aplikasi kencan membawa angin segar karena mempermudah kegiatan komunikasi dengan orang baru bahkan meningkatkan kemungkinan terjalinnya hubungan di dunia nyata.

Namun, di balik hal positif yang ditawarkan, kamu tetap harus hati-hati dalam penggunaannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tips ini akan membantumu tetap aman menggunakan aplikasi kencan!

1. Pastikan fitur keamanan aplikasi 

Pastikan fitur keamanan aplikasi
Pastikan fitur keamanan aplikasi/foto: cichago.suntimes.com

Sebelum kamu mengunduh aplikasi kencan di ponselmu, sebaiknya pastikan sistem atau fitur keamanan privasi yang dimiliki oleh aplikasi tersebut benar-benar aman. Baca review aplikasi dari para pengguna sebelumnya sebagai referensi. Apabila kamu sudah mengunduh aplikasi tersebut, cobalah setiap fitur keamanan yang ada di aplikasi untuk menilai fitur tersebut berfungsi dengan baik. Perhatikan fitur laporkan dan blokir yang disediakan. 

2. Jangan berikan informasi pribadi secara detail 

Jangan berikan informasi pribadi secara detail
Jangan berikan informasi pribadi secara detail/foto: freepik.com

Saat menggunakan aplikasi kencan, maka biasanya ketika mendaftar aplikasi akan meminta data pribadi para penggunanya agar dapat menyesuaikan data dengan orang yang tepat. Namun, sebaiknya untuk menghindari hal-hal yang beresiko berikan data pribadimu secukupnya saja. Jangan terlalu detail dalam menunjukkan dirimu ketika kamu sudah merasa bertemu orang yang tepat.

3. Hindari aplikasi dengan fitur bebas kirim pesan

Hindari aplikasi dengan fitur bebas kirim pesan
Hindari aplikasi dengan fitur bebas kirim pesan/foto: freepik.com

Aplikasi kencan yang tersedia di situs unduh legal menawarkan beragam fitur menarik yang dapat kamu coba. Namun, hindarilah aplikasi yang memiliki fitur bebas kirim pesan. Fitur ini memperbolehkan penggunanya saling mengirim pesan sebelum saling "match". Terkadang pesan dari orang asing yang belum "match" akan mengganggu kita. 

4. Gunakan aplikasi pelacak nomor

Gunakan aplikasi pelacak nomor
Gunakan aplikasi pelacak nomor/foto: apkdone.com

Apabila kamu telah menemukan orang yang cocok, maka komunikasi melalui chat biasanya akan berlanjut ke panggilan. Apabila kamu ingin melakukan panggilan pertama dengan kenalanmu di aplikasi kencan, usahakanlah untuk menggunakan aplikasi ketiga. Aplikasi ketiga ini dapat berupa Google Voice Account ataupun Get Contact yang dapat membantu menyembunyikan nomor pribadi dari orang yang hendak dihubungi serta memastikan keaslian informasi kontak kenalanmu. 

5. Gunakan foto profil yang tepat 

Gunakan foto profil yang tepat
Gunakan foto profil yang tepat/foto: freepik.com

Aplikasi kencan merupakan platform yang bebas digunakan olah siapa saja. Karena itu ketika menggunakan aplikasi kencan, pilihlah foto profil yang tepat. Gunakan foto yang sopan dan dalam jarak yang tidak terlalu dekat sehingga akan menurunkan resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyalahgunaan identitas. 

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan aplikasi kencan, sebaiknya kamu menerapkan tips-tips tersebut agar kegiatan berselancar di situs kencan tersebut aman dan privasimu tetap terjaga. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id