sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Perlu Dihindari, Berikut Jenis Komunikasi yang Bisa Merusak Hubunganmu dengan Pasangan

Ruhil Anadiah Sabrina | Minggu, 30 May 2021 16:15 WIB
Perlu Dihindari, Berikut Jenis Komunikasi yang Bisa Merusak Hubunganmu dengan Pasangan
caption
Jakarta -

Komunikasi adalah salah satu kunci yang membuat hubungan dengan pasangan jadi awet dan langgeng. Namun faktor komunikasi juga bisa memicu masalah dengan pasangan seperti suka memperdebatkan hal kecil, suka marah-marah tidak jelas, dsb. Nah supaya lebih berhati-hati, ketahui dulu nih apa saja sih jenis komunikasi beracun yang bisa merusak hubunganmu dengan pasangan, lebih lengkapnya yuk baca di bawah ini. 

1. Kamu gak bisa menjadi pendengar yang baik

komunikasi dalam hubungan
komunikasi dalam hubungan/pexels.com

Jenis komunikasi pertama yang bisa merusak hubunganmu dengan pasangan yaitu, kamu gak bisa menjadi pendengar yang baik. Kalau pasangan lagi berbicara suka kamu potong, sibuk dengan gadget, dan gak menghargai pembicaraan pasangan. Ingat pasangan juga butuh untuk didengar, maka cobalah untuk menjadi pendengar yang baik untuknya. Bukan malah seenaknya sendiri dengan mengabaikannya saat berbicara. 

2. Suka mendebatkan hal-hal kecil

pasangan sedang berdebat
pasangan sedang berdebat/pexels.com

Jenis komunikasi selanjutnya yang bisa merusak hubungan yaitu, suka sekali memperdebatkan hal-hal kecil. Misalnya nih memperdebatkan tentang selera makanan, tampilan, atau hal yang dianggap sepele lain. Alhasil masalah yang harusnya bisa diselesaikan dengan cara baik-baik, malah semakin besar dan melebar ke mana-mana. Waduh kalau sudah begitu antara kamu dan pasangan jadi timbul ketegangan.

Ingat kalian sudah sama-sama dewasa, sudah mampu berpikir ke depannya seperti apa, maka hindari untuk memperdebatkan hal-hal kecil karena hanya membuang waktu berharga kalian. 

 3. Mudah emosian

pasangan sedang marah
pasangan sedang marah/pexels.com

Poin selanjutnya yaitu belum bisa mengontrol emosi dengan baik. Sedikit-sedikit marah, pasangan melakukan kesalahan kecil emosi langsung meledak, dan mudah sekali tersinggung. Bagaimana hubungan bisa dibawa ke jenjang serius kalau kamu saja belum bisa mengontrol emosi dengan bijak. Pasangan juga akan berpikir dua kali untuk menjadikanmu pasangan hidup. Oleh karena itu cobalah untuk lebih pandai mengelola emosimu, gak perlu dengan omongan kasar apalagi teriak-teriak gak jelas dalam menyelesaikan masalah. 

4. Masih suka marah kalau gak membalas pesan dengan cepat

wanita menunggu pesan
wanita menunggu pesan/pexels.com

Jenis komunikasi terakhir yaitu, kamu masih suka gak terima kalau pasangan gak membalas pesanmu dengan cepat. Kamu inginnya dia cepat membalas pesanmu, menuntut untuk mengabari setiap waktu, dsb. Padahal nih ya, pasangan juga punya kesibukan lain, sibuk dengan pekerjaan, atau dengan tugas-tugasnya di kantor. Ya memang, pasti ada rasa sebel kalau doi cuekin pesan yang kita kirim, namun selagi komunikasi kalian terjaga itu tidak ada masalah kok sebenarnya. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id