sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Prinsip atau Nasib, Inilah Alasan Kenapa Perempuan Takut Menjalin Sebuah Hubungan

Risma Oktaviani | Senin, 07 Jun 2021 22:00 WIB
Prinsip atau Nasib, Inilah Alasan Kenapa Perempuan Takut Menjalin Sebuah Hubungan
menikmati kesendirian/ foto: pexels.com

Terkadang kita merasa sudah tidak lagi tertarik untuk menjalin suatu hubungan. Bahkan, meskipun kesempatan itu sudah ada di depan mata, kita berusaha untuk membatasi dan menarik diri agar tidak lagi pergi terlalu jauh dan berakhir dalam hubungan yang tidak diinginkan. Apalagi memasuki masa quarter-life crisis, bagi sebagian orang sudah tidak penting lagi untuk mencari cara mendapatkan pacar.

Ketika kamu mencoba menjalin suatu hubungan, kemudian rasa takut tiba-tiba saja muncul. Dan sering kali, ketakutan itu menjadi sesuatu hal yang menghalangi. Berikut beberapa alasan mengapa perempuan takut untuk menjalin sebuah hubungan.

Low Self-Esteem

rasa insecure membuat orang untuk menjalin hubungan
insecure / freepik.com

Orang yang mempunyai low self-esteem merasa kurang percaya diri tentang siapa mereka dan apa yang bisa mereka lakukan. Seringkali, mereka merasa tidak kompeten, tidak cukup layak untuk dicintai. Saat menjalin hubungan, orang yang berjuang dengan harga diri yang rendah secara konsisten takut untuk membuat kesalahan bahkan takut untuk mengecewakan orang lain.

Takut Patah Hati

takut patah hati
patah hati / freepik.com

Semua orang pasti takut akan patah hati, dan itu sangat wajar dan manusiawi. Namun, bagi beberapa orang, patah hati adalah suatu hal yang besar. Gak sesimple take it and move on. Seseorang dapat dibuat depresi karenanya, dan tentunya suffering from depression itu bukanlah hal yang mudah. Sampai-sampai gak sedikit loh yang mengakhiri hidupnya dikarenakan patah hati.

Trauma di Masa Lalu

toxic relationship membuat trauma
toxic relationship / freepik.com

Sementara banyak orang yang merasa sedih atau kesal ketika suatu hubungan berakhir, ada perbedaan besar antara mengambil waktu dan berhenti sejenak untuk merenung atau bahkan menghabiskan beberapa hari untuk menangis. Ada juga yang mengalami post-traumatic relationship syndrome (PTRS) atau trauma yang disebabkan kekerasan dalam sebuah hubungan. Trauma yang disebabkan terjebak dalam hubungan yang toxic di masa lalu menyebabkan seseorang takut untuk memulai hubungan lagi.

Belum Siap Menjalin Hubungan Serius

komitmen membuat beberapa orang takut untuk menjalin hubungan
saat pasangan ingin hubungan yang lebih serius / freepik.com

Hubungan yang serius membutuhkan komitmen dan kesetiaan yang kuat. Bagi beberapa orang yang masih ingin menikmati romansa yang seru tanpa ada komitmen di dalamnya, menimbulkan suatu kekhawatiran tersendiri. Bagaimana jika pacarmu tiba-tiba mengajakmu ke arah yang lebih serius namun kamu belum siap? Kamu pasti akan merasa takut dia akan kecewa dan mungkin saja dia akan meninggalkan kamu. Pada akhirnya, kamu akan patah hati lagi.

Takut akan Perubahan

perubahan secara signifikan menjadi ketakutan tersendiri
adanya perubahan / freepik.com

Pernah mendengar kalau lelaki hanya berjuang di awal saja? Atau pernah gak kamu menjalani hubungan dengan orang yang mempunyai sifat mudah bosan? Ini adalah salah satu hal yang menjadi ketakutan untuk menjalin hubungan bagi beberapa orang.

Ketika kamu sudah mulai merasa nyaman dan perasaanmu semakin dalam, kamu takut bahwa orang yang kamu cintai tiba-tiba berubah. Hal tersebut kemudian membuatmu overthinking dan menyebabkan trust issues yang mulai meragukannya atau pun hubunganmu sendiri.

Malas untuk Memulai Lagi

memulai untuk saling mengenal
masa pengenalan / freepik.com

Semakin dewasa, kamu akan semakin malas untuk memulai hubungan baru lagi dan lagi. Kamu harus cari cara membuat pria jatuh cinta dan tergila-gila, atau mencari cara menaklukan pria cuek agar masa pdkt kamu dan dia lancar. Namun, tak jarang pdkt yang tak berjalan mulus malah berakhir ghosting. Dan itu tentunya membuang-buang waktu dan tenaga.

Lelah dengan Masalah Percintaan yang Klise

pertengkaran sepele yang sulit dihindari daat menjalin hubungan
bertengkar karen masalah sepele / freepik.com

Bertambahnya usia yang semakin dewasa membuat kamu malas menghadapi masalah-masalah yang disebabkan oleh hal-hal sepele seperti gak membalas pesan atau bahkan hilang tanpa kabar. Beberapa drama klise seperti kecemburuan atau sifat posesif dan banyak aturan pastinya akan membuat kamu berpikir ulang untuk menjalin hubungan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id