sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Supaya Hatimu Damai, Ini 4 Tips Mengatasi Trauma Cinta Masa Lalu

Ruhil Anadiah Sabrina | Rabu, 02 Jun 2021 23:00 WIB
Supaya Hatimu Damai, Ini 4 Tips Mengatasi Trauma Cinta Masa Lalu
trauma cinta /foto: freepik
Jakarta -

Dalam menjalin hubungan cinta gak ada ceritanya kalau cuma senang dan bahagia terus. Ada kalanya kita sering terjebak oleh toxic relationship hingga menimbulkan rasa trauma cinta yang mendalam. Rasa trauma tersebut membuat kita jadi takut membuka hati untuk orang baru, bayang-bayang masa lalu jadi menghantui, dan jadi susah untuk move on. Nah supaya hatimu lebih damai ini empat hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi trauma cinta masa lalu. 

1. Belajar untuk move on

belajar move on
belajar move on/pexels.com

Semuanya butuh proses pun untuk berdamai dengan keadaan juga butuh waktu. Nah salah satu caranya yaitu belajar untuk move on. Lupakan semua kenangan masa lalu, blokir atau unfollow akun media sosialnya, hingga putus koneksi jika itu perlu. Belajarlah untuk menerima kenyataan yang ada, dan jangan pernah lari dari masalah. Sebab dengan menerima keadaan bisa membantumu untuk lebih ikhlas sehingga akan lebih mudah untuk melupakannya. 

2. Menyibukkan diri 

sibuk kerja
sibuk kerja/pexels.com

Tips selanjutnya untuk mengatasi trauma cinta masa lalu yaitu, dengan menyibukkan diri pada hal yang positif. Daripada menghabiskan waktu untuk meratapi nasib dan untuk menyesali keadaan, lebih baik sibukkan diri pada hal yang positif. Kamu bisa melakukan hobi, pergi jalan-jalan atau travelling, fokus pada karier, pendidikan, dan kegiatan yang lain. Dengan menyibukkan diri setidaknya bisa membantumu melupakan hal buruk di masa lalu meski tidak dalam waktu yang singkat. 

3. Buka hati lagi secara perlahan-lahan

pasangan
pasangan/pexels.com

Gak mudah untuk menjalin hubungan baru ketika trauma cinta masa lalu masih terbayang-bayang sampai sekarang. Maka untuk memulainya bisa dengan membuka hati secara pelan-pelan. Mungkin awalnya rasa takut tersakiti dua kali akan menghampiri, namun jika keadaan tersebut kamu biarkan bisa membuatmu terjebak rasa trauma lebih dalam. Tapi sebelum menjalin hubungan pastikan orang tersebut adalah sosok yang tepat, supaya menghindarkanmu dari kesalahan. 

4. Hindari melakukan kesalahan yang sama

trauma cinta
trauma cinta/pexels.com

Karena sudah tahu bagaimana sakitnya terjebak dalam hubungan yang gak sehat,  ini menjadi kesempatanmu untuk menghindari kesalahan yang sama. Belajarlah dari masa lalu, lebih hati-hati dalam memilih pasangan hidup, dan ambil pelajaran dari setiap masalah yang kamu hadapi. Kalau dulu suka asal-asalan dalam memilih pasangan, mulai sekarang lebih hati-hati supaya gak terjebak kesalahan lagi. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id