sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Saat Dia Selingkuh, Mungkinkah Dimaafkan?

Dyah Na | Rabu, 19 May 2021 19:00 WIB
Saat Dia Selingkuh, Mungkinkah Dimaafkan?
caption

Diselingkuhi bisa jadi trauma dan membuat kamu sedih hingga bertahun-tahun lamanya. Memberikan hati untuk orang lain bukanlah hal yang mudah. Jadi ketika kepercayaan kita dikhianati, hati rasanya hancur berkeping-keping. Diketahui, ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang berselingkuh. Beberapa penyebab itu adalah:

Perselingkuhan/ Sumber: Freepik.comPasangan selingkuh/ Sumber: Freepik.com

1. Kurangnya Koneksi

Kehilangan koneksi dengan pasangan dapat mendorong seseorang untuk selingkuh. Harapan akan menemukan koneksi dengan orang lain menjadi faktor pendorong di balik perselingkuhan pasangan.

2. Kurangnya Cinta

Ada kalanya cinta dan kasih sayang antara dua orang berkurang karena berbagai faktor. Sentuhan, kebersamaan, dan kehangatan menjadi jarang dilakukan. Pada saat-saat seperti inilah, salah satu atau kedua pasangan mungkin mencari cinta lain.

3. Takut Komitmen

Jika seseorang takut berkomitmen pada suatu hubungan, dia akan secara sadar atau tidak sadar mencoba menemukan cara untuk merusak hubungan tersebut. Cara yang paling disukai untuk merusak suatu hubungan bisa jadi adalah selingkuh.

4. Kurang Pengakuan

Paling sering, orang yang kurang pengakuan dari pasangannya akan bertindak dengan cara tertentu untuk mendapatkan perhatian dan validasi dari orang lain. Dalam beberapa kasus, validasi hanya dari satu orang tidak akan pernah cukup untuk individu tertentu. Orang yang berselingkuh mungkin juga merasa tidak aman dalam suatu hubungan dan menganggap berselingkuh sebagai cara untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka.

5. Perilaku Seksual

Orang yang ketagihan seksmungkin merasa sulit untuk bersama dengan satu orang dalam waktu yang lama. Kecanduan ini mungkin bersifat kompulsif dan mereka kesulitan mengendalikan keinginannya.

Tidak peduli apa pun alasannya, diselingkuhi bisa sangat menyiksa. ​Lalu, kalau pasangan kamu selingkuh, mungkinkah untuk memaafkan dan memberi kesempatan kedua? Sebelum memutuskan untuk mengakhiri hubungan atau memberi kesempatan kedua, kamu perlu tahu apa saja kemungkinan terbaik dan terburuk saat kamu memberi kesempatan lagi untuknya.

Konsekuensi Balikan dengan Pasangan yang Pernah Selingkuhpasangan selingkuh/ freepik.com


Keuntungan Memaafkan  Pasangan yang Selingkuh

  • Memaafkan pasangan yang selingkuh dapat membantumu melepaskan amarah dan dendam. 
  • Memaafkan pasangan yang selingkuh juga dapat membantu menyembuhkan orang yang menyakitimu.
  • Memaafkan juga bisa menjadi langkah pertama untuk memperbaiki hubungan kamu dan pasangan.

Kekurangan Memaafkan  Pasangan yang Selingkuh

  • Ada kemungkinan pasangan selingkuh yang dimaafkan bisa memanfaatkan kamu lagi. Jika seseorang pernah melanggar komitmen, mudah bagi mereka untuk melanggarnya lagi.
  • Memaafkan dan melanjutkan hidup dengan pasangan yang selingkuh bukanlah hal yang mudah. Tinggal bersama mereka dapat membuat kamu overthinking terus-menerus.

Setelah mempertimbangkan semua kemungkinan di atas, hanya kamu yang tahu apakah perlu memberinya kesempatan kedua atau sebaiknya mengakhiri hubungan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id