sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Sering Silent Treatment ke Pasangan? Ini Dampak Buruk yang Akan Terjadi!

Ayuliy Lestari | Sabtu, 01 Aug 2020 10:30 WIB
Sering Silent Treatment ke Pasangan? Ini Dampak Buruk yang Akan Terjadi!
Women/Silent treatment dalam sebuah hubungan/Pinterest.com
Jakarta -

Ladies, pernah dengar silent treatment? Ya, silent treatment adalah sikap dimana kamu mendiamkan pasangan ketika terjadi masalah yang seharusnya kalian berdua mencari solusi terbaik. Silent treatment adalah tindakan yang sangat kekanak-kanakan dan tidak seharusnya kamu gunakan sebagai ancaman terhadap pasangan kamu.

Terkesan sepele tapi silent treatment bisa disebut tindakan yang sangat kejam. Mengabaikan pasangan dengan cara mendiamkannya adalah taktik manipulatif yang sering digunakan oleh pasangan egois. Apalagi ketika kamu melakukan silent treatment hanya untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan dan pasangan diminta untuk mengerti apa yang kamu pikirkan tanpa mendengar permintaanmu secara langsung.

Banyak dampak negatif yang kamu timbulkan karena sering melakukan silent treatment. Padahal pasangan adalah partner jangka panjang yang seharusnya kalian selalu bekerja sama dan bernegosiasi. Mau tahu apa saja dampak negatif dari silent treatment? Keep scrolling!


Tidak Menyelesaikan Masalah

tidak menyelesaikan masalah
Women/Pinterest.com

Silent treatment biasanya digunakan untuk menyalahkan pasangan atas masalah yang bisa saja kamu sendiri yang menjadi penyebabnya. Mungkin kamu berpikir jika mengabaikan pasangan bisa membuat masalah cepat hilang. Tapi faktanya, yang kamu lakukan hanya menambah drama. Karena kamu dan pasangan tidak saling tahu akar permasalahannya dan solusi yang seharusnya bisa menyelesaikan permasalahan.

Menyakiti Mental Pasangan

menyakiti mental pasangan
Men/Pinterest.com

Ketika pasangan kamu membuat kesalahan, mungkin kamu merasa benar jika melakukan silent treatment. Kamu merasa harus memberi pelajaran atas kesalahannya. Seakan kamu mengendalikan situasi dan berusaha mendominasi pasangan dengan seolah-olah kamu adalah korban. Padahal yang kamu lakukan sangat menyakiti pasangan. Pasangan bisa merasa depresi, gelisah atau merasa terisolasi dan ditolak. Bukan tidak mungkin jika pasangan lama-lama jemu dan menyerah.

Menyakiti Fisik Secara Tidak Langsung

Menyakiti fisik
Sad/Pinterest.com

Kamu akan berpikir bahwa silent treatment tidak akan menyakiti pasangan secara fisik. Padahal ketika kamu membuat pasangan depresi dan gelisah, artinya kamu sedang mengaktifkan fungsi otak yang bernama anterior cingulate yang berfungsi mendeteksi rasa sakit. Lama-lama bisa menimbulkan gejala seperti insomnia, gangguan kecemasan, sakit kepala dan kelelahan. Dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan diabetes, darah tinggi dan juga penyakit jantung.

Menghancurkan Hubungan

merusak hubungan
Women/Pinterest.com

Sering melakukan silent treatment akan sangat berdampak buruk pada kelanggengan hubungan kalian. Apapun reaksi yang diberikan oleh pasangan, sikap kamu bisa menyebabkan konflik yang bahkan lebih besar, Ladies. Kamu dan pasangan biasanya hanya saling menunggu satu sama lain hanya untuk meminta maaf lebih dulu. Terlalu sering melakukan silent treatment ke pasangan, keintiman dan rasa cinta kamu dengan pasangan akan tergantikan oleh kebencian dan keagresifan. 

Pasangan kamu yang biasanya sabar dan membiarkan kamu melakukan silent treatment lama-lama akan jenuh apalagi jika kamu melakukannya secara berulang atau menjadi siklus permanen. Sedangkan komunikasi sangat penting untuk meningkatkan keharmonisan hubungan yang kalian jalin. Tanpa komunikasi lama-lama hubungan kalian akan renggang karena tidak saling tahu cara yang benar memperlakukan satu sama lain. 

Sebaiknya ketika kamu dan pasangan sedang mengalami masalah, bicarakan dan carilah jalan keluar yang tidak memberatkan salah satu pihak. Berdebat atau bahkan pertengkaran besar jauh lebih baik dibanding silent treatment karena ketika kamu mendiamkan pasangan sama saja kamu mendiamkan masalah dan tinggal menunggu waktu, nantinya akan meledak. Jadi mulai sekarang hindari silent treatment karena komunikasi dengan partner seumur hidup yaitu pasangan sangat penting, Ladies.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id