sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Stop Menyiksa Diri Sendiri, Ini Dampak Kamu dalam Hubungan Abusive!

Ayuliy Lestari | Kamis, 07 Jan 2021 23:00 WIB
Stop Menyiksa Diri Sendiri, Ini Dampak Kamu dalam Hubungan Abusive!
caption

Ladies, pernahkah kamu mendengar istilah abusive relationship? Hubungan toxic yang sebaiknya kamu tinggalkan.

Abusive relationship adalah sebuah hubungan yang penuh kekerasan, biasanya salah satu pihak berusaha membentuk kuasa dan kendali terhadap pasangannya. Tanda-tanda bahwa kamu berada pada abusive relationship adalah kekerasan secara fisik seperti pukulan, cubitan, jambakan, tendangan, bisa juga secara emosi seperti menghina, intimidasi, bullying dan mencaci maki.

Tidak hanya fisik dan verbal saja, pasangan yang mencoba mengendalikan berbagai aspek kehidupan, seperti cara berpakaian, dengan siapa saja kamu boleh berteman, mengatur aktivitasmu, mengancam akan menyakitimu atau dirinya sendiri dan sering memutarbalikan fakta untuk membuatmu merasa bersalah juga masuk kategori abusive relationship.

Jika kamu bertahan pada hubungan semacam itu, tentu saja akan sangat berdampak buruk dan merugikan. Berikut beberapa dampak yang sangat mungkin kamu alami!

Kerugian Fisik atau Gangguan Kesehatan

Dampak abusive relationship
Dampak abusive relationship/Freepik.com

Abusive relationship yang paling nyata adalah kekerasan fisik. Nantinya akan banyak kerugian yang kamu alami seperti sakit, luka jangka panjang bahkan kematian jika kamu tidak segera keluar pada hubunganmu yang toxic. Bahkan banyak kasus kekerasan fisik yang mengakibatkan memar sampai gegar otak.

Dilansir dari American Medical Association, kamu akan sering mendapatkan gangguan kesehatan seperti sakit kepala, masalah ginekologi, sakit punggung, atau masalah pencernaan jika terus berada pada hubungan yang abusive. Jika kamu terlibat dalam kekerasan fisik dalam jangka waktu yang lama, kamu akan mengalami masalah kesehatan permanen dan dapat memicu kematian atau cacat.

Mengisolasi Diri dari Interaksi Sosial

Dampak abusive relationship
Dampak abusive relationship/Freepik.com

Abusive relationship bisa menjauhkan korban dari anggota keluarga dan teman-temannya. Tanpa disadari, kamu akan memutuskan hubungan sosialmu karena korban kekerasan biasanya akan mengalami konsekuensi fisik dan psikologis sehingga cenderung merasa aneh berada di lingkungan sosial.

Orang-orang yang mengalami kekerasan yang diakibatkan oleh pasangan sendiri cenderung merasa bersalah dan malu sehingga dapat menghalangi mereka dari interaksi sosial dan mencari bantuan.

Kondisi Emosional dan Psikologis Semakin Kacau

Dampak abusive relationship
Dampak abusive relationship/Freepik.com

Menurut Journal of Woman’s Health, berada pada abusive relationship juga berisiko terkena depresi, pikiran ingin bunuh diri, post traumatic disorder dan penyalahgunaan zat. Rasa takut dan cemas juga akan berlanjut sampai di masa depan, kamu menjadi lebih tertutup dan jika diteruskan akan berdampak tidak baik untuk hubungan di masa depan meskipun kamu sudah berhasil melaluinya.

Sehingga ketika kamu berada pada abusive relationship maka sebaiknya kamu segera sadar dan keluar dari situasi yang merugikan tersebut. Sebelum kondisi emosional dan psikologismu semakin kacau dan berdampak untuk hubunganmu dengan orang baru di masa depan karena traumatik maka segera hentikan dan tinggalkan dia.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id