sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tak Hanya Khilaf, Ini Motif Kuat Seseorang Putuskan Berselingkuh Diam-diam

Dian Aprilia | Sabtu, 05 Jun 2021 22:00 WIB
Tak Hanya Khilaf, Ini Motif Kuat Seseorang Putuskan Berselingkuh Diam-diam
Perselingkuhan/ foto: pexels.com

Khilaf atau berarti kesalahan yang tidak disengaja sering menjadi alasan seseorang untuk berselingkuh. Padahal perilaku selingkuh sebenarnya jauh dari kata tak disengaja, sebab biasanya dilakukan secara sadar dan tanpa paksaan orang lain. Apalagi mengingat bahwa perselingkuhan bisa terjadi berkali-kali, baik dengan orang yang sama atau orang yang berbeda.  

Perselingkuhan bisa menyebabkan perceraian, KDRT dan juga mengganggu kesehatan mental korban. Untuk itu penting bagi pasangan mengetahui penyebab seseorang berselingkuh agar bisa menghindarinya. Berikut beautynesia.id telah merangkum motif kuat seseorang putuskan berselingkuh diam-diam:

Jatuh Cinta dengan Orang Lain

Jatuh cinta dengan orang lain
Jatuh cinta dengan orang lain/pexels.com

Tak bisa dipungkiri bahwa rasa cinta dalam hubungan bisa pasang surut bergantung kondisinya. Ada kalanya kekurangan cinta ini kemudian memicu salah satu pihak untuk membagi cintanya pada orang lain. Ia merasa tidak yakin dengan hubungan cinta dengan pasangannya.

Selain itu jatuh cinta dengan orang lain ini juga bisa terjadi karena terlalu sering bertemu dengan orang lain dibandingkan pasangan. Dari percakapan, aktivitas bersama, kedekatan yang intim membuat keduanya jatuh cinta.

Bosan dengan Pasangan

Rasa bosan mungkin pernah dirasakan pasangan yang sudah membina rumah tangga puluhan tahun. Hal ini sebenarnya wajar terjadi, tetapi jika tidak disikapi dengan tepat maka akan membuat kurangnya antusiasme dalam hubungan. Dan bahkan memicu salah satu pihak untuk memenuhi kebutuhan cintanya dengan orang lain.

Situasi Tertentu 

Situasi yang mendesak
Situasi yang mendesak/pexels.com

Situasi  yang dimaksud adalah dalam keadaan mabuk, tidak sadar, atau sedang stres dan depresi berat. Hal ini membuat pasangan tidak bisa berpikir jernih dan menimbang baik dan buruk suatu perilaku. Alhasil mereka melanggar batasan hubungan dengan melakukan perselingkuhan hingga menjurus ke hubungan seksual.

Meningkatkan Harga Diri

Selain itu, perselingkuhan juga sering jadi ajang meningkatkan harga diri utamanya di hadapan pasangan. Hal ini dikarenakan pasangan yang selingkuh merasa egonya menang dan harga dirinya terangkat dengan perilaku tersebut. Sehingga ia merasa lebih baik dan meyakinkan bahwa ia bisa berdikari dan tidak bergantung dengan pasangan.

Hasrat Seksual yang Tinggi

Hasrat seksual
Hasrat seksual/pexels.com

Terakhir, perselingkuhan bisa disebabkan karena hasrat seksual yang tinggi. Sehingga saat ia tidak puas dengan hubungan seksual dengan pasangan, ia akan memilih untuk selingkuh dan berhubungan seksual dengan orang lain. Hal ini juga bisa terjadi karena pasangan tidak saling terbuka dengan preferensi seksual sehingga salah satu atau keduanya merasa tidak puas.

Kurang Komitmen

Orang yang berselingkuh juga bisa disebabkan karena kurangnya komitmen dengan pasangan. Ia merasa tidak bertanggung jawab untuk menjaga hubungan yang telah dibina. Selain itu ia merasa bahwa perbuatan selingkuh bukanlah masalah besar yang bisa mengakhiri hubungannya dengan pasangan.

Kemarahan dan Balas Dendam

balas dendam
Balas dendam/pexels.com

Selingkuh juga bisa jadi aksi balas dendam pasangan yang tidak suka dengan perilaku pasangannya. Misalnya pasangan tidak pernah menafkahi, memperhatikan, dan membimbing sehingga membuat wanita memutuskan selingkuh dengan orang lain untuk balas dendam atas sikap si pria.

Itulah 7 motif kuat orang yang memutuskan berselingkuh diam-diam. Untuk menghindarinya, kamu perlu berkomunikasi dan saling terbuka dengan pasangan sehingga saling tahu keinginan masing-masing.  

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id