sign up SIGN UP

Tak Perlu Minder! Inilah 5 Keuntungan Saat Menjomblo

Fahira mahza | Sabtu, 08 May 2021 10:30 WIB
Tak Perlu Minder! Inilah 5 Keuntungan Saat Menjomblo
caption

Menjalani suatu hubungan romantis merupakan hal yang lumrah ketika sudah beranjak dewasa. Tak jarang banyak orang yang berusaha mencari pasangan yang tepat karena merasa bahwa menjalin hubungan dapat memberikan dampak positif serta menambah kepercayaan diri.

Namun, berada dalam suatu hubungan romantis bukanlah tolak ukur kebahagiaan. Saat kamu sedang dalam status single atau jomblo, sebenarnya banyak sekali hal baik yang bisa kamu dapat.

Menjadi jomblo bukanlah hal yang menyedihkan! Kamu bisa mengeksplor berbagai hal dan tetap merasa bahagia tanpa pasangan. Tak perlu minder jika memang kamu belum menemukan pasangan yang tepat. Ini 5 keuntungan saat menjomblo ini perlu kamu ketahui!

Hubungan sosial lebih kuat 

Hubungan sosial lebih kuat
Hubungan sosial lebih kuat/foto: freepik.com

Jomblo belum tentu kesepian. Ketika sedang menjomblo, biasanya kamu akan lebih sadar untuk menghindari perasaan sepi dan terisolasi sehingga lebih fokus membangun hubungan dengan keluarga maupun teman. Dengan begitu, hubungan sosialmu akan lebih kuat dan intens. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang telah berpasangan cenderung lebih renggang dalam hubungan sosial dengan keluarga maupun teman. 

Minim konflik

Minim konflik
Minim konflik/foto: freepik.com

Seperti yang kita tahu, manusia memiliki ego dan keinginan masing-masing. Dalam suatu hubungan yang terjalin antar dua individu berbeda tentunya tak akan selalu berjalan mulus. Konflik pasti tak bisa dihindari karena perbedaan sifat yang ada. Menurut survey, mereka yang berstatus single biasanya lebih sedikit mengalami kecemasan dan minim konflik. Pertengkaran dan argumen dalam sebuah hubungan dapat memicu stres. 

Banyak waktu membahagiakan diri

Banyak waktu membahagiakan diri
Banyak waktu membahagiakan diri/foto: freepik.com

Saat kamu menjomblo, maka kamu bisa fokus terhadap diri sendiri. Ketika kamu memiliki pasangan, tentunya kamu harus memikirkan perasaan dan kebahagiaan pasanganmu. Tak jarang bahkan kebahagiaanmu terabaikan. Dengan menjadi jomblo tentunya kebahagiaan diri sendiri dapat menjadi prioritasmu. Kamu tak perlu khawatir akan tanggung jawab untuk menyenangkan orang lain. Fokuslah terhadap keinginan dan hal yang ingin kamu capai. 

Pengeluaran lebih sedikit 

Pengeluaran lebih sedikit
Pengeluaran lebih sedikit/foto: freepik.com

Uang memanglah tak bisa membeli kebahagiaan, namun jika kekurangan uang dapat memicu stres. Perbedaan jumlah tagihan dan pengeluaran cukup signifikan antara orang yang telah berpasangan dan orang yang masih single. Hal ini karena ketika telah berpasangan, maka kuantitas kebutuhan bertambah.

Selain itu, banyak hal lain yang harus dipenuhi guna menunjang suatu hubungan. Berbeda jika kamu berstatus single maka tagihan dan pengeluaran hanya untuk dirimu sendiri. 

Menikmati karir 

Menikmati karir
Menikmati karir/foto: freepik.com

Ketika kamu telah berpasangan, maka orientasimu dalam berkarir sangat tinggi guna memenuhi ekspektasi pasanganmu serta meningkatkan income karena harus menanggung beban untuk dua orang. Tak ayal hal tersebut membuat stres dan tidak nyaman dalam bekerja.

Saat kamu menjomblo, maka akan lebih mudah untukmu menikmati karir dan pekerjaan yang sedang kamu lakoni, hal ini karena kamu belum dituntut untuk memenuhi kebutuhan orang lain dan fokus pada diri sendiri.

Menjadi jomblo bukanlah sesuatu yang mengenaskan, ada dampak positif yang bisa kamu rasakan ketika menjadi seorang jomblo. Manfaatkan masa-masa kesendirianmu untuk meningkatkan kualitas diri ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id