sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Takut Berlebihan Kehilangan Orang Tersayang? Atasi dengan Cara Ini

Ruhil Anadiah Sabrina | Minggu, 11 Jul 2021 11:15 WIB
Takut Berlebihan Kehilangan Orang Tersayang? Atasi dengan Cara Ini
kehilangan orang tersayang/pexels.com
Jakarta -

Apa salah satu ketakutan terbesar yang sering dialami oleh seseorang? Ya benar, salah satunya yaitu ketakutan kehilangan orang tersayang. Entah itu disebabkan oleh kematian, dipisahkan oleh keadaan atau kondisi tertentu, atau karena memang nggak bisa sama-sama lagi.

Padahal yang namanya pertemuan, pasti ada perpisahan. Kita tinggal menyiapkan karena hal tersebut sewaktu-waktu bisa terjadi. Nah berikut empat cara mengatasi ketakutan berlebihan kehilangan orang tersayang. 

1. Memahami Betul Namanya Pertemuan Pasti Ada Perpisahan

pertemuan dan perpisahan
pertemuan dan perpisahan/pexels.com

Cara pertama untuk mengatasi ketakutan berlebih kehilangan orang tersayang yaitu, dengan memahami betul yang namanya pertemuan pasti ada perpisahan. Nggak ada yang abadi dalam dunia ini, termasuk dengan yang namanya pertemuan.

Mungkin sekarang masih sama-sama, bisa menghabiskan waktu berdua, saling bertukar cerita, namun ingat roda hidup itu akan terus berputar. Setiap temu ada pisah entah disebabkan karena kematian, keadaan yang memaksa, atau hal lain. Dengan memahami hal ini, kamu jadi lebih siap dengan apa pun yang terjadi di depan sana. 

2. Menghargai Waktu Kebersamaan Kalian

keluarga bahagia
keluarga bahagia/pexels.com

Cara selanjutnya yaitu, dengan menghargai waktu kebersamaan kalian. Mumpung masih sama-sama, masih ada waktu untuk bertemu, dan bertukar cerita, manfaatkan waktumu sebaik mungkin. Jangan sampai menyesal karena keberadaan seseorang bakal terasa jika sudah tiada.

Maka nikmati hari-harimu saat ini, jangan biarkan ketakutan tersebut menghantui karena apa yang kamu pikirkan belum tentu terjadi. Maka nikmati keadaanmu sekarang dan maksimalkan kebersamaan dengan orang tersayang. 

3. Alihkan Pikiran Pada Kegiatan yang Positif

wanita fokus kerja
wanita fokus kerja/pexels.com

Mungkin salah satu penyebab kenapa kamu takut berlebih, karena kamu nggak punya kesibukan atau sesuatu yang bisa dikerjakan. Jadi pikiran isinya cuma overthinking terus. Nah untuk mengatasi hal tersebut coba cari kegiatan positif seperti melakukan hobi, menyelesaikan pekerjaan, meditasi, hingga fokus untuk mengejar cita-citamu saat ini. Dengan menyibukkan diri, tentu waktumu jadi nggak terbuang sia-sia. 

4. Tidak Usah Takut Kehilangan, Karena Kamu Pasti Bisa Melaluinya

kehilangan seseorang
kehilangan seseorang/pexels.com

Bisa jadi kekhawatiran yang selama ini dirasakan, karena kamu takut tidak bisa menghadapi situasi tersebut. Situasi di mana datangnya secara tiba-tiba dan merasa belum siap berpisah dengan orang tersayang. Wajar sebenarnya, dan ketika ditanya pasti banyak orang yang nggak siap ketika harus dihadapkan dengan namanya kehilangan. Tapi, setiap manusia punya kekuatannya sendiri-sendiri, dan kamu lebih kuat dari yang diduga. 

Kehilangan dan perpisahan adalah hal yang pasti. Maka nikmati momen bahagia kalian mumpung masih bersama. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id