sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Waspada, Ini 5 Ciri Pasangan Manipulatif dalam Hubungan

tjitradewi | Minggu, 06 Jun 2021 18:15 WIB
Waspada, Ini 5 Ciri Pasangan Manipulatif dalam Hubungan
Ilustrasi pasangan manipulatif/Freepik.com

Pasang surut dalam sebuah hubungan memang merupakan hal yang lumrah. Menyeimbangkan dua pikiran dan kebiasaan bukan merupakan hal yang mudah, namun pasangan yang sehat mampu melaluinya dengan baik dan menjadi terbiasa seiring berjalannya waktu.

Meski demikian, jika salah satu dari pasangan merasa sangat terbebani dan tak menemukan kebahagiaan lagi dalam hubungannya sepatutnya mereka berhati-hati. Sebabnya, ada beberapa orang yang pandai memanipulasi pasangannya dan membebankan semua ketidakberesan dalam hubungan kepadanya.

Seperti apa ciri-ciri pasangan manipulatif yang patut kamu waspadai? Dilansir dari Huffpost, berikut 5 di antaranya.

1. Selalu Dibuat Merasa Bersalah

Waspadai jika pasanganmu sering membuatmu merasa bersalah.
Waspadai jika pasanganmu sering membuatmu merasa bersalah. (Freepik)

Sebagai manusia memang seringkali kita berbuat salah dan mengakui kesalahan yang kita perbuat. Namun orang yang manipulatif sama sekali tak mau mengakui kesalahannya dan malah melempar kekeliruan itu kepada pasangannya. Tak hanya sekali dua kali, hal ini terjadi terus menerus sepanjang hubungan.

2. Pasif Agresif

Pasif agresif merupakan salah satu ciri manipulasi.
Pasif agresif merupakan salah satu ciri manipulasi. (Freepik)

Seseorang yang manipulatif biasanya lihai dalam berperilaku pasif agresif. Mereka bisa saja mengatakan hal-hal baik dan manis padahal sebenarnya dia sedang mengkritikmu. Jika kamu mengalami hal ini secara berkepanjangan sepatutnya kamu harus berhati-hati.

3. Gaslighting

Perasaan terperangkap dengan rasa bersalah adalah salah satu cara seseorang memperoleh power.
Perasaan terperangkap dengan rasa bersalah adalah salah satu cara seseorang memperoleh power. (Freepik)

Dikutip dari Yayasan Pulih, perilaku gaslighting adalah situasi di mana seseorang memanipulasi kita dengan penuh taktik dengan cara membalikkan ucapan agar kita mempertanyakan kembali tindakan dan terjerat dalam perasaan bersalah, padahal realitanya seseorang itu lah yang melakukan kesalahan. Perilaku ini biasanya dilakukan secara perlahan-lahan sehingga mereka yang menerima perilaku ini tak sadar dengan apa yang mereka terima.

4. Membatasi dan Mengecilkan

Berhati-hatilah jika pasanganmu selalu membuatmu insecure.
Berhati-hatilah jika pasanganmu selalu membuatmu insecure. (Freepik)

Seseorang yang manipulatif biasanya membatasi pasangannya untuk memiliki hubungan yang akrab dengan orang selain dirinya. Hal ini bertujuan agar pusat kehidupan pasangannya hanya berputar pada dirinya dan lebih mudah mengaturnya. Mereka yang manipulatif juga mengatakan atau bertindak agar pasangannya merasa rendah diri dan tak berguna.

5. Sering Berbohong

Berbohong merupakan salah satu perilaku yang biasanya menimbulkan kebohongan lain.
Berbohong merupakan salah satu perilaku yang biasanya menimbulkan kebohongan lain. (Freepik)

Jika pasanganmu kerap kali berbohong, kamu sudah sepatutnya waspada. Jika kamu kerap mendapatinya berbohong, bayangkan berapa banyak kebohongan lain yang tidak kamu ketahui. Mereka yang berbohong merupakan salah satu ciri orang manipulatif. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id