sign up SIGN UP

FASHION

3 Bahan Alami untuk Merawat Rambut Berwarna agar Tidak Rusak

Retno Wulandari | Selasa, 12 Jan 2021 20:30 WIB
3 Bahan Alami untuk Merawat Rambut Berwarna agar Tidak Rusak
Foto: Bahan Alami Merawat Rambut/Freepik.com

Rambut merupakan mahkota penting bagi wanita untuk menunjang penampilan. Maka, tidak heran jika saat ini gaya serta model warna rambut semakin berkembang, Ladies.

Sayangnya, tidak semua produk pewarna rambut menggunakan bahan-bahan yang aman untuk kesehatan kulit kepala serta rambut lho. Nah, buat kamu yang tertarik untuk bereksperimen dengan tren warna rambut, pastikan produk yang kamu pilih menggunakan bahan yang aman, seperti 3 bahan alami di bawah ini!

Olive Oil

3 Bahan Alami yang Tidak Merusak Rambut
Foto:Olive Oil/freepik.com/

Bahan alami pertama yang tidak akan merusak rambut indahmu adalah olive oil. Yup, olive oil atau minyak zaitun ini cocok digunakan pada jenis rambut apa saja. Khusus untuk rambut yang diwarnai, kehadiran olive oil sangat dibutuhkan untuk melembapkan.

Seperti yang kita ketahui, rambut yang diwarnai cenderung lebih mudah kering karena efek produk cat rambut yang digunakan. Kandungan vitamin dan mineral pada olive oil membuat bahan alami satu ini cukup populer sebagai perawatan rambut karena memiliki beragam manfaat baik, seperti:

  • Menjaga Kelembapan

Penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Trichology menyebutkan bahwa beberapa minyak, termasuk olive oil berperan penting dalam menjaga kelembaban rambut agar tidak rusak.

Selain itu, olive oil juga dapat membantu mengurangi kadar air yang diserap oleh rambut, sehingga mengurangi risiko rambut mengembang. Kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalen pada olive oil juga berguna untuk membuat rambut lebih sehat dan lembut lho.

  • Rambut Makin Berkilau

Selain menjaga kelembaban, olive oil juga dapat membuat rambut semakin berkilau, Ladies. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A dan antioksidan yang terkandung dalam olive oil berperan melindungi keratin rambut, sehingga dapat mengurangi penumpukkan sebum yang menghambat pertumbuhan folikel dan rambut. Pertumbuhan rambut baru inilah yang nantinya akan membuat rambut menjadi lebih berkilau.

  • Mengurangi Ketombe

Ladies, tingkat kelembaban yang seimbang pada kulit kepala dapat mengurangi terjadinya pengelupasan kulit kepala yang menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe. Nah, karena olive oil bermanfaat untuk melembabkan kulit kepala, maka bahan alami ini juga bisa kamu andalkan untuk mengurangi ketombe.

Almond Oil

3 Bahan Alami yang Tidak Merusak Rambut
Foto:Almond Oil/freepik.com/

Almond merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menjaga rambut agar tidak rusak. Hal ini dikarenakan adanya kandungan nutrisi, seperti vitamin E, protein, serta asam lemak oleic acid dan linoleic acid pada almond oil. Dengan kandungan asam lemak dan molekul antioksidan di dalamnya, maka almond oil menjadi salah satu bahan alami yang digunakan oleh produk pewarna rambut yang kaya akan manfaat, seperti:

  • Mengurangi Rambut Rontok

Kandungan oleic acid dan linoleic acid pada almond oil diyakini dapat meningkatkan ketahanan rambut, sehingga mengurangi risiko rambut rontok. Selain mengurangi rambut rontok, dua kandungan ini juga diyakini dapat mengurangi risiko rambut patah serta bercabang, Ladies.

  • Rambut Menjadi Lebih Lembut

Almond oil bersifat sebagai amolien, yaitu bekerja mengisi kekosongan pada rambut hingga pada tingkat sel. Sifat emolien pada almond oil ini akan membantu membuat rambut jadi terasa lebih lembut dan memperbaiki struktur rambut yang rusak.

  • Mengatasi Masalah Pada Kulit Kepala

Selain diyakini dapat mengatasi masalah ketombe dan psoriasis kulit kepala, almond oil juga diyakini dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala berkat sifat antioksidannya, Ladies. Oleh sebab itu, pastikan produk pewarna rambut yang kamu gunakan memiliki kandungan almond oil untuk merawat sekaligus mengatasi masalah pada kulit kepala.

Alpukat

3 Bahan Alami yang Tidak Merusak Rambut
Foto:Alpukat/freepik.com/

Selain enak dikonsumsi dan memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh, ternyata buah alpukat juga dapat membuat rambut jadi lebih sehat lho, Ladies. Kandungan asam lemak dan biotin pada alpukat memberikan segudang manfaat baik untuk rambut yang tidak boleh dilewatkan begitu saja, seperti:

  • Menjaga Kelembapan

Buah alpukat memiliki lemak baik yang bermanfaat untuk membantu melembapkan dan menutrisi rambut. Manfaat baik ini tentu saja sangat dibutuhkan oleh jenis rambut yang kering karena pewarna rambut atau dehidrasi. Kandungan asam lemak jenuh ganda maupun tunggal pada alpukat inilah yang nantinya akan memberikan efek lembap.

  • Rambut Terasa Lebih Lembut

Kalium dan magnesium yang terkandung pada alpukat dapat membantu menutup celah sel kutikula, sehingga membuat rambut terasa lebih lembut, bersinar, dan tidak mudah patah. Manfaat alpukat untuk membantu meningkatkan kualitas rambut secara keseluruhan serta membantu mengurangi minyak sudah dibuktikan melalui riset dalam Journal of Cosmetology & Trichology.

  • Merawat Kulit Kepala

Menjadi salah satu buah yang mengandung banyak vitamin, tidak heran jika alpukat memiliki segudang manfaat baik untuk merawat rambut hingga kulit kepala, Ladies. Vitamin yang terkandung dalam alpukat berpotensi untuk membuat kulit kepala lebih sehat, bersinar, dan terhidrasi dengan baik. Nah, di antara vitamin yang terkandung, vitamin B7 atau biotin merupakan salah satu vitamin yang diyakini dapat membantu pertumbuhan rambut dan kukuĀ lho.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id