sign up SIGN UP

FASHION

4 Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Perawatan Kuku, Bikin Kuku Cling

Intan Dwi | Minggu, 18 Apr 2021 18:00 WIB
4 Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Perawatan Kuku, Bikin Kuku Cling
caption

Apa yang tidak bisa dilakukan minyak kelapa? Ini merupakan salah satu bahan yang sudah menjadi rahasia umum yang dapat digunakan untuk segala hal mulai dari kecantikan hingga memasak. Salah satu manfaat tak terduga yang datang dari minyak kelapa adalah untuk merawat kuku. Meskipun ini sesuatu yang sering diabaikan, tetapi sangat berguna jika kuku kamu rapuh dan kering.

Jika ingin mengetahui lebih lengkap, inilah manfaat dan cara menggunakan minyak kelapa untuk perawatan kuku agar tidak patah lagi.

Pijat ke kutikula

Kamu bisa gosokkan minyak kelapa langsung di atasnya dan biarkan meresap setidaknya selama 30 menit.
Pijat ke kutikula/instagram.com/coteshop

Kutikula, meski merupakan bagian penting dari perawatan kuku, tapi sering kali masih terabaikan. Mulai dari cuci tangan yang berlebihan hingga cuaca dingin, menjadi penyebab kutikula mengelupas dan terasa dehidrasi. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa untuk membantu mengembalikan kutikula ke bentuk terbaiknya.

Kamu bisa gosokkan minyak kelapa langsung di atasnya dan biarkan meresap setidaknya selama 30 menit. Tapi kamu juga bisa melakukan selama yang kamu inginkan, karena semakin lama akan semakin baik. Melakukan hal ini akan membantu memperkuat kutikula, melembapkan kulit di sekitar kuku dan menyingkirkan hangnail.

Mencegah nail ridges

Kandungan lemak di minyak kelapa membantu mempertahankan kelembapan alami yang membuat kulit kamu terhidrasi untuk waktu yang sangat lama.
Mencegah nail ridges/instagram.com/coteshop

Pernahkah kamu menyentuh nail bed kamu dan bertanya-tanya mengapa tidak terasa mulus? Jawabannya adalah nail ridges atau tonjolan kuku, yang dapat berasal dari kuku yang mengalami dehidrasi.

Kandungan lemak di minyak kelapa membantu mempertahankan kelembapan alami yang membuat kulit kamu terhidrasi untuk waktu yang sangat lama. Disarankan untuk memijat minyak kelapa extra-virgin ke nail bed kamu dengan gerakan melingkar sebelum tidur.

Tumbuhkan dan perkuat kuku

Dengan memasukkan minyak kelapa ke dalam rutinitas kuku kamu akan melembapkan, memperkuat dan tumbuhkan kuku.
Tumbuhkan dan perkuat kuku/freepik.com

Bagaimanapun, kuku yang tidak sehat dapat menyebabkan kuku patah dan kuku yang patah dapat merusak manikur kamu. Dengan memasukkan minyak kelapa ke dalam rutinitas kuku kamu akan melembapkan, memperkuat dan tumbuhkan kuku.

Diketahui minyak kelapa memang sangat bagus untuk merawat kuku yang rapuh dan dan mudah patah serta kutikula yang rusak karena sifat pelembapnya. Ini juga pelindung kulit ideal yang mengandung banyak asam lemak dan bertindak sebagai penghalang kehilangan air transepidermal.

Mengobati jamur kuku

Karena minyak kelapa adalah agen antijamur alami, ini dapat bekerja dengan baik pada kuku kaki yang menguning akibat jamur.
Mengobati jamur kuku/

Karena minyak kelapa adalah agen antijamur alami, ini dapat bekerja dengan baik pada kuku kaki yang menguning akibat jamur. Infeksi jamur kuku cenderung terjadi pada individu yang sirkulasi darah ke kaki berkurang dan sistem kekebalan yang melemah.

Selain itu, kuku yang rapuh dan kering dapat menyebabkan retakan pada kuku yang memungkinkan jamur masuk. Cara terbaik untuk mencegah jamur kuku adalah dengan menjaga agar kuku yang rapuh dan kering tetap lembap.

Karena itu, minyak kelapa bisa menjadi pilihan pencegahan yang bagus untuk mengurangi kemungkinan infeksi jamur kuku. Caranya, pijat minyak dengan lembut pada area kuku yang terkena setelah dibersihkan dan dikeringkan secara menyeluruh. Melakukan ini dua kali sehari menjadi metode yang paling memadai sampai jamurnya hilang.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id