sign up SIGN UP

FASHION

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Rambut Basah

Sylvia Yuliasar | Senin, 14 Dec 2020 15:00 WIB
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Rambut Basah
caption

Rambut terkenal sebagai mahkota seorang wanita. Meskipun disebut begitu, pada kenyataannya rambut sangat sensitif dan tidak sekuat mahkota sungguhan.

Rambut bisa saja mengalami kerontokan, berketombe, kusam, dan mudah patah. Oleh karena itu, harus hati-hati dan telaten dalam merawatnya terutama saat rambut masih basah.

Faktanya, banyak kaum wanita yang salah merawat rambutnya setelah keramas. Enggak mau dong perawatan dari shampoo favoritmu jadi sia-sia, makanya kita simak ulasan tentang hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat rambut masih basah ini yuk!

Pakai Pengering Rambut dengan Suhu Tinggi

Penggunaan hair dryer dengan suhu tinggi tidak baik untuk rambut
Ilustrasi penggunaan hair dryer / pexels.com (Andrea Piacquadio)

Pengering rambut memang menjadi salah satu alat ampuh untuk membuat rambut yang basah menjadi cepat kering. Namun, harus hati-hati, kebiasaan menggunakan pengering rambut bersuhu tinggi juga tidak baik lho. Rambut cantikmu bisa jadi semakin rapuh dan mudah bercabang jika hal ini berlangsung dalam waktu yang lama.

Menyisir Rambut

Menyisir rambut sebaiknya dilakukan saat rambut sudah kering
Ilutrasi menyisir rambut / pexels.com (Jill Wellington)

Menyisir rambut saat masih basah seperti sudah menjadi kebiasaan sejak kecil. Anggapannya, kalau tidak langsung disisir akan membuat rambut akan menjadi gampang kusut.

Memang enak dan gampang menyisir rambut ketika masih basah. Tapi, kebiasaan ini bisa bikin rambut mudah rontok lho.

Jumlah kerontokannya akan terlihat setelah rambut mu kering. Jadi, lebih baik keringkan atau setengah keringkan saja dulu rambut mu sebelum menyisirnya. Gunakan juga sisir dengan bulu halus dan kecil ya.

Mengikat Rambut

Mengikat rambut saat basah akan menimbulkan masalah
Ilustrasi mengikat rambut / pexels.com (Karolina Grabowska)

Mengikat rambut saat masih basah sering dilakukan wanita berhijab, alasannya biasanya karena tuntutan untuk segera beraktivitas sehabis keramas. Padahal kalau kamu buru-buru mengikatnya, rambut justru jadi lebih mudah patah. Selain itu, rambut kamu akan menjadi bau dan mudah mengembang. Tak hanya itu, kulit rambut bisa gatal-gatal dan ketombe juga akan bermunculan lho.

Membungkus Rambut dengan Handuk

Menggulung rambut dengan handuk bukan lah cara yang baik
Ilustrasi menggunakan handuk saat rambut basah / pexels.com (Cottonbro)

Membungkus rambut dengan handuk paling sering kita lakukan. Banyak yang mengira, membungkus rambut menggunakan handuk merupakan cara yang sehat untuk mengeringkan rambut dibanding menggunakan hair dryer.

Boleh saja menggunakan handuk, tapi pilihlah serat-serat handuk yang lembut seperti dari bahan katun agar rambut tidak rusak saat dibaluti dengan serat kasar. Gunakan kurang lebih selama 30 menit ya.

Langsung Tidur

Saat rambut masih basah, jangan langsung tidur.
Ilustrasi tidur dengan rambut basah / pexels.com (Ivan Oboleninov)

Tidur setelah keramas memang akan terasa sejuk, apalagi saat udara terasa sangat panas. Tapi sabar dulu, tunggu rambut agak sedikit kering agar keesokan harinya tidak kesulitan menyisirnya karena mengalami rambut kusut.

Ternyata selama ini, hal-hal di atas sering kita lakukan dan tanpa kita sadari merusak rambut kita. Yuk, berhati-hati dalam merawat rambut kita yang masih basah agar rambut selalu sehat dan kuat.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id