sign up SIGN UP

FASHION

DIY Masker dari Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Rusak

Astari Dewi Larasati | Minggu, 13 Dec 2020 10:30 WIB
DIY Masker dari Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Rusak
caption

Mengatasi rambut yang mengalami kerusakan butuh perawatan khususLadies. Walaupun banyak produk rambut yang bisa mengatasinya, coba buat terlebih dahulu beberapa DIY masker yang bisa dibuat sendiri. Karena masker rambut yang dijual pasaran banyak mengandung bahan kimia serta pengawet.

Jangan heran apabila rambut mengalami kerusakan yang lebih parah. Namun, DIY masker akan memakai bahan alami dan tanpa pengawet. Selain itu, memastikan rambut tampak lebih sehat setelah sekali penggunaan. Yuk coba buat DIY masker rambut yang cocok untuk rambut rusak berikut ini.

Telur dan Mayo

Kombinasi dari dua bahan ini cocok untuk yang punya rambut rusak kering.
Telur dan mayo/freepik.com

Kombinasi dari dua bahan ini cocok untuk yang punya rambut rusak kering. Cukup sediakan lima sendok makan mayo dan dua telur. Mayo mengandung minyak yang dapat ditemukan dalam masker pasaran. Mampu menembus batang rambut untuk menutrisi secara maksimal. Cocok untuk rambut kering karena melindungi rambut dari panas.

Telur kaya akan protein dan membantu memperkuat serta menebalkan rambut. Campur semua bahan dan lapisi diseluruh kepala dengan masker. Balut dengan handuk hangat supaya mengunci kelembapan rambut selama 20 menit. Setelah selesai, keramas seperti biasa dan lakukan perawatan ini satu atau dua kali seminggu.

Minyak Atsiri

Masker rambut ini kaya akan minyak untuk rambut rusak tipis dan rapuh.
Minyak atsiri/freepik.com

Masker rambut ini kaya akan minyak untuk rambut rusak tipis dan rapuh. Siapkan satu sendok makan shea butter, satu sendok teh minyak argan, dua sendok minyak kelapa, dan beberapa tetes minyak essensial lavender. Minyak kelapa memang terkenal banyak manfaat apalagi jika dikombinasikan dengan shea butter dan minyak argan.

Akan mengunci kelembapan sedangkan tetesan minyak essensial lavender meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperbaiki rambut rusak. Campur semua bahan dan gosokkan ke kulit kepala, biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

Alpukat, Santan, dan Minyak Zaitun

Rambut kering dan kusam yang kurang berkilau akan mendapatkan manfaat jika memakai masker ini.
Alpukat, santan, dan minyak zaitun/freepik.com

Rambut kering dan kusam yang kurang berkilau akan mendapatkan manfaat jika memakai masker ini. Siapkan bahan-bahan seperti satu buah alpukat, setengah cangkir santan, dan seperempat cangkir minyak zaitun. Santan tidak seberat minyak kelapa namun punya khasiat hampir sama dan minyak zaitun punya sifat menghidrasi.

Campur semua bahan dan pastikan tidak ada alpukat yang menggumpal. Oleskan pada rambut basah yang baru dikeramas dan balut kepala menggunakan handuk. Biarkan selama satu jam atau semalaman lalu bilas.

Yogurt dan Madu

Sangat cocok digunakan bagi yang ingin memperbaiki rambut keriting rapuh.
Yogurt dan madu/freepik.com

Masker rambut ini sangat mudah untuk ditemukan dan hanya perlu dua bahan. Sangat cocok digunakan bagi yang ingin memperbaiki rambut keriting rapuh. Siapkan dua sendok makan yogurt dan satu sendok makan madu.

Yogurt yang mengandung protein akan membantu melapisi rambut dan menjadikan kondisioner. Sedangkan madu bisa mempertahankan kelembapan rambut. Campur bahan dan pijat ke kulit kepala, biarkan selama 10 hingga 20 menit kemudian bilas.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id