sign up SIGN UP

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan Produk Perawatan Rambut

Siti Mukaromah | Kamis, 08 Jul 2021 22:30 WIB
5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan Produk Perawatan Rambut
caption

Rambut merupakan salah satu aset berharga, entah buat pria, perempuan, tua atau muda, semua relatif akan selalu menjaga kesehatan rambut agar tak rusak.

Lalu, di antara kamu, pasti banyak yang melakukan upaya untuk mempercantik rambut, misalnya dengan styling atau coloring. Namun alih-alih menjadi lebih cantik, mungkin banyak yang berakhir dengan rambut kering, kusut maupun bercabang.

Beauties, sebenarnya keadaan rambut yang rusak itu tidak melulu karena styling atau coloring. Kerusakan rambut juga bisa dipicu karena kesalahan penggunaan haircare atau produk perawatan rambut. Apa saja?

Menggunakan Hairmask Saat Keadaan Rambut Kering

Hair care, rambut, hair mask, hari tonic, sampo
Menggunakan hair mask pada saat rambut kering/freepik.com/valuavitaly

Penggunaan hairmask pada saat rambut kering sebenarnya hal yang kurang tepat. Penggunaan hairmask pada kondisi ini akan menghambat penyerapan nutrisi, karena kondisi rambut yang kotor maupun berminyak.

Sebaliknya, gunakanlah hairmask setelah kamu selesai keramas. Hal ini bertujuan agar penyerapan nutrisi yang terkandung dalam hairmask terserap dengan sempurna.

Pemakaian Sampo Dua Kali

Apakah kamu menganggap menggunakan sampo dua kali saat keramas, untuk memastikan benar-benar bersih? Hal ini rupanya hanya mitos belaka. Sebab kamu cukup pakai sampo sekali saja, Beauties. Termasuk juga untuk tidak menggosok helaian rambut terlalu keras saat keramas, hal ini bisa merusak helai rambut. Sebaliknya, berikan pijatan lembut saja.

Menggunakan Conditioner Dari Kulit Kepala

Hair care, rambut, hair mask, hari tonic, sampo
Menggunakan hair mask sampai kulit kepala/freepik.com/prostooleh

Ini hal yang keliru ya, Beauties! Penggunaan conditioner di kulit kepala memang bukan hal yang berbahaya. Namun karena kandungan conditioner yang diformulasikan untuk melembapkan batang rambut, maka jika diaplikasikan di kulit kepala justru akan membuatnya memproduksi lebih banyak minyak alami dan membuat rambut mudah lepek.

Untuk itu, cukup gunakan dari batang hingga ujung rambut saja.

Langsung Membilas Hairmask Sesaat Setelah Menggunakan

Hair care, rambut, hair mask, hari tonic, sampo
Langsung membilas hair mask/freepik.com/valuavitaly

Berbeda dengan conditioner, penggunaan hair mask membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit setelah penggunaan agar nutrisi yang terkandung dapat diserap oleh rambut. Jadi, pastikan kamu meluangkan waktu untuk itu.

Penggunaan Hair Tonic yang Asal-Asalan

Beauties, adakah di antara kamu yang menggunakan hair tonic dengan cara menyemprotkannya di beberapa batang rambut atau dari segala arah seperti hair spray? Penggunaan hair tonic semacam ini keliru.

Pasalnya kamu hanya perlu menyemprotkan pada kulit kepala agar nutrisinya lebih cepat terserap oleh akar rambut. Saat mengaplikasi hair tonic ini, kamu juga bisa melakukannya dengan memijat kulit kepala.

Beauties, itulah beberapa kesalahan saat menggunakan produk perawatan rambut. Hal-hal lain yang perlu kamu perhatikan juga, pastikan gunakan produk yang memang sesuai dengan kondisi rambut, ya.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id