sign up SIGN UP

Tips Aman Mengeringkan Rambut Tanpa Hair Dryer

Phanie Fauziah | Selasa, 22 Jun 2021 20:30 WIB
Tips Aman Mengeringkan Rambut Tanpa Hair Dryer
caption
Jakarta -

Saat terburu-buru ataupun terlambat seringkali kita malas untuk keramas. Jika rambut dalam keadaan basah kemudian kita memulai aktivitas, tentunya rambut menjadi lepek. Alat yang sering diandalkan sebagai alat pengering rambut paling praktis adalah hair dryer.

Risiko Menggunakan Hair Dryer Terlalu Sering

Hair dryer memang menjadi salah satu solusi mengeringkan rambut setelah keramas. Tapi tahukah bahwa penggunaan hair dryer atau pengering rambut yang terlalu sering juga memiliki risiko yang buruk.

Rambut Menjadi Kering

Penggunaan hair dryer yang terlalu sering bisa membuat rambut akibatnya rambut menjadi kusam dan kering.
Rambut Kering/Freepik

Kelembapan dan nutrisi yang terdapat di setiap helai rambut bisa terserap dengan panas yang dihasilkan hair dryer. Fatalnya, penggunaan hair dryer yang terlalu sering juga bisa memudarkan warna alami pada rambut akibatnya rambut menjadi kusam dan kering.

Batang Rambut Menjadi Rusak

Panas yang dihasilkan oleh hair dryer membuat batang rambut rusak.
Batang Rambut Rusak/Freepik

Panas yang dihasilkan oleh hair dryer membuat suhu air yang terdapat pada rambut meningkat, sehingga menimbulkan uap yang membentuk gelembung-gelembung dengan tekanan tinggi pada batang rambut. Nah, hal tersebutlah yang membuat rambut kita menjadi rapuh dan mudah patah.

Overheating pada Kulit Kepala

Penggunaan hair dryer bisa menyebabkan efek overheating atau sensasi terbakar pada kulit kepala.
Kulit Kepala Alami Overheating/Freepik

Banyak yang tidak menyadari, bahwa mengeringkan rambut menggunakan hair dryer terlalu sering atau bahkan setiap hari tanpa mengontrol suhu yang tepat, bisa menyebabkan efek overheating atau sensasi terbakar pada kulit kepala. Maka, perlu kita ketahui suhu yang pada saat proses pengeringan rambut adalah 45 derajat celcius.

Cara Aman Mengeringkan Rambut Tanpa Hair Dryer

Penggunaan pengering rambut terlalu sering setelah keramas memang harus kita hindari untuk kesehatan kulit rambut dan rambut itu sendiri. Ada beberapa cara mengeringkan rambut tanpa hair dryer yang bisa kita lakukan.

Goyang Rambut dengan Lembut

Menggoyangkan rambut adalah cara aman membuat rambut kering.
Menggoyangkan Rambut/Freepik

Rambut yang terlalu basah biasanya sulit dikeringkan dengan handuk. Kita bisa menggoyangkan rambut dengan jari kemudian lakukan gerakan menundukan kepala sambil membalikan rambut. Kita juga bisa membagi rambut menjadi beberapa bagian, kemudian memerasnya dengan lembut. Lakukan langkah tersebut dengan handuk agar lebih mudah kering dengan cepat.

Gunakan Handuk Microfiber

Handuk ini juga mampu menyerap dan membantu meminimalkan kerusakan rambut.
Handuk Microfiber/Freepik

Sebelum menggunakan handuk microfiber pastikan bahwa jenis rambut kita bukan keriting. Handuk microfiber ini kurang cocok bagi kita yang memiliki jenis rambut tersebut, karena malah bisa membuat rambut kita kusut. Handuk ini juga mampu menyerap dan membantu meminimalkan kerusakan rambut dibandingkan menggunakan handuk berbahan katun.

Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, kita bisa menggunakan bagian handuk yang masih kering, supaya air yang dihilangkan juga lebih maksimal. So, pemilihan handuk juga penting ya, Beautynesinan untuk mengeringkan rambut dengan cepat.

Gunakan Kondisioner

Manfaat kondisiener tak hanya melembapkan dan menghidrasi, tapi juga bisa mengurangi air pada rambut.
Penggunaan Conditioner/Freepik

Mengingat manfaat kondisioner tak hanya melembapkan dan menghidrasi, tapi juga bisa mengurangi air pada rambut. Maka penggunaan kondisioner setelah menggunakan sampo membuat rambut bisa terhindar dari penyerapan air yang lebih banyak dari yang dibutuhkan.

So, Beautynesians tak perlu malas menggunakan kondisioner, karena langkah ini bisa membantu kita lebih cepat dalam mengeringkan rambut.

Nah, pikirkan lagi ya jika kita harus menggunakan pengering rambut atau hair dryer setelah keramas, karena hal tersebut bisa memicu kerusakan pada rambut. Jika tidak terlalu buru-buru mengeringkan rambut secara alami tidak ada salahnya, kan?

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id