sign up SIGN UP

5 Kiat Retail Therapy di Rumah Agar Tetap Hemat dan Tidak Menguras Dompet

tyana | Selasa, 07 Sep 2021 11:30 WIB
5 Kiat Retail Therapy di Rumah Agar Tetap Hemat dan Tidak Menguras Dompet
caption

Retail therapy merupakan aktivitas diri untuk melepaskan stres dan emosi negatif dengan cara berbelanja. Terapi jenis ini dinilai lebih baik karena hampir semua perempuan menyukai belanja. Berdasarkan hasil penelitian dari Journal of Consumer Psychology yang mengungkapkan berbelanja dapat memberikan kebahagiaan sekaligus melawan kesedihan berkepanjangan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Bella Theresia S.Psi,.M.Psi, Psikolog saat dihubungi melalui WhatsApp pada Sabtu (4/9). Ia mengatakan bahwa berbelanja dapat memberikan efek positif berupa perasaan bahagia kepada seseorang dan juga meredakan perasaan sedih.  Namun, Ia juga menjelaskan perlunya kontrol diri saat berbelanja untuk menghindari membeli barang yang tidak perlu secara berlebihan.

Nah, Beauties untuk meredakan stres di rumah aja selama pandemi covid-19 ini, kita dapat melakukan retail therapy. Eitss, tapi jangan lupa untuk melakukan 5 kiat belanja hemat dan tidak menguras dompet ya.

Pilih Barang yang Akan Kita Perlukan

5 kiat belanja hemat dan tidak menguras dompet
Kiat retail therapy di rumah agar tetap hemat/ Foto: istock/Atstock Productions

Belanja online sangat memudahkan kita untuk mendapatkan suatu barang yang kita inginkan. Tidak hanya itu, cara belanja satu ini juga membuat akses terhadap barang lebih banyak sehingga seringkali kita terlena untuk belanja berlebihan.

Meskipun kita sedang melakukan retail therapy bukan berarti kita harus menghabiskan semua uang yang kita miliki. Buatlah daftar belanja berupa barang yang kita butuhkan seperti kebutuhan makanan bulanan, pakaian yang kita butuhkan ataupun barang yang kita butuhkan untuk rencana dekorasi rumah.

Gunakan Aplikasi Belanja Online

5 kiat belanja hemat dan tidak menguras dompet
Kiat retail therapy di rumah agar tetap hemat/ Foto: istock/Tomwang112

Beauties, saat ingin melakukan retail therapy secara online sebaiknya menggunakan aplikasi belanja online. Hal ini mengingat banyaknya terjadi penipuan saat sedang belanja online. Aplikasi belanja online juga banyak banget yang menawarkan diskon, cashback dan juga  gratis ongkir sehingga dapat membuat rencana belanja kita lebih hemat.

Selain itu, banyaknya toko yang berjualan dalam aplikasi tersebut dapat memudahkan kita untuk membandingkan harga agar dapat mencari yang lebih murah. Mendapatkan barang yang kita inginkan dengan harga yang lebih murah dapat menjadi kebahagiaan tersendiri lho, Beauties.

Menggunakan E-Wallet

5 kiat belanja hemat dan tidak menguras dompet
Kiat retail therapy di rumah agar tetap hemat/ Foto: istock/Sorapop

E-wallet atau uang elektronik merupakan alat pembayaran dalam bentuk elektronik dimana nilai uang tidak berubah. Tujuan penggunaan uang elektronik ini adalah untuk memudahkan transaksi online yang biasanya memerlukan banyak waktu. Jadi, kita tidak perlu bolak balik ATM atau bank untuk melakukan pembayaran belanja kita.

Selain itu, cara pembayaran ini juga dapat memudahkan kita dalam menentukan budget yang akan kita keluarkan. Menentukan budget belanja juga sangat penting agar kita tetap dapat mengontrol keuangan dengan baik. Kabar bahagianya juga, banyak aplikasi e-wallet yang menawarkan cashback dan hadiah apabila kita aktif menggunakan aplikasi tersebut. Untung banget kan, bisa nambah budget untuk belanja lagi.

Pilih Waktu Belanja

5 kiat belanja hemat dan tidak menguras dompet
Kiat retail therapy di rumah agar tetap hemat/ Foto: istock/Tomwang112

Kelebihan dari belanja online diantaranya adalah mudah diakses dimanapun dan kapanpun sehingga kita dapat fleksibel dalam memilih waktu. Ada beberapa waktu yang dapat memberikan kita keuntungan saat berbelanja yaitu saat awal bulan, akhir tahun, hari kemerdekaan, dan juga mendekati hari raya. Hal ini dikarenakan pada waktu-waktu tersebut banyak toko yang menyediakan diskon yang besar.

Jangan Terlena dengan Diskon

5 kiat belanja hemat dan tidak menguras dompet
Kiat retail therapy di rumah agar tetap hemat/ Foto: istock/halfbottle

Diskon seringkali menjadi salah satu alasan kita membeli produk barang tertentu. Sayang banget kan kalau kita melewatkan barang dengan potongan harga yang tinggi. Harganya yang lebih murah juga dapat memberikan kita keuntungan saat berbelanja. Namun, diskon juga dapat menyebabkan kita kehilangan kontrol saat berbelanja dan membeli barang yang tidak kita perlukan.

Beauties, itulah 5 kiat retail therapy di rumah agar tetap hemat, adakah yang pernah kamu lakukan? Apabila memiliki tambahan kiat yang lainnya dapat sharing di kolom komentar ya.

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id