sign up SIGN UP

5 Pameran Met Gala Paling Sukses! Dari yang Bertemakan Sejarah Sampai Superhero, Penasaran?

Rayoga Firdaus | Minggu, 12 Sep 2021 16:00 WIB
5 Pameran Met Gala Paling Sukses! Dari yang Bertemakan Sejarah Sampai Superhero, Penasaran?
5 Pameran Met Gala Paling Sukses! Dari yang Bertemakan Sejarah Sampai Superhero, Penasaran?/Foto: Corey Tenold/Vogue
Jakarta -

Beauties sudahkah kamu tahu tujuan diadakannya Met Gala? Pesta akbar yang tahun ini akan berlangsung pada 13 September tersebut bertujuan untuk mempromosikan dari pameran di The Anna Wintour Costume Center, yang merupakan bagian dari Metropolitan Museum of Art. Dengan adanya Met Gala diharapkan dapat menarik minat publik untuk datang berkunjung selain melihat kurasi karya desainer tapi juga untuk mengedukasi mengenai pemahaman mereka mengenai fashion, budaya, seni dan isu sosial. Untuk tema pameran tahun ini adalah America: A Lexicon of Fashion. Di mana akan membahas sejarah perkembangan fashion Amerika dari masa ke masa.

Meski tidak semua orang bisa menerima fashion bisa dikategorikan sebagai sebuah seni, namun Met Gala yang telah diadakan sejak tahun 1948 nyatanya selalu mendapat sambutan yang positif dari masyarakat luas. Lantas ekshibisi apa saja yang paling banyak dikunjungi dalam sejarah pelaksanaan Met Gala hingga sekarang ini? Berikut rangkumannya.

Superheroes: Fashion and Fantasy (2008)

MILAN, ITALY - FEBRUARY 20:  A view of the costumes on stage during the launch of the Giorgio Armani Sponsored Exhibition Super Heroes: Fashion and Fantasy as part of Milan Fashion Week Autumn/Winter 2008/09 at the Metropolitan Museum of Art on February 20, 2008 in Milan, Italy.  (Photo by Venturelli/WireImage)MILAN, ITALY - FEBRUARY 20: A view of the costumes on stage during the launch of the Giorgio Armani Sponsored Exhibition Super Heroes: Fashion and Fantasy as part of Milan Fashion Week Autumn/Winter 2008/09 at the Metropolitan Museum of Art on February 20, 2008 in Milan, Italy. (Photo by Venturelli/WireImage)/ Foto: WireImage/Daniele Venturelli


Di tahun 2008 tema dari pameran yang diadakan adalah Superheroes: Fashion and Fantasy. Di mana mengulik bagaimana fashion turut menjadi elemen penting dalam pengembangan karakter tokoh superheroes. Tema yang cukup dekat dengan pop culture ini berhasil menarik atensi publik di mana dikunjungi sebanyak 576 ribu orang seperti dikutip dari situs Fashionista.

Alexander McQueen: Savage Beauty (2011)

Alexander McQueen: Savage Beauty exhibition (2011)Alexander McQueen: Savage Beauty exhibition (2011)/ Foto: Courtesy of Met Museum


Pada tahun 2011, Metropolitan Museum of Art mengadakan pameran bertajuk Alexander McQueen: Savage Beauty sebagai bentuk penghormatan kepada sang desainer yang setahun sebelumnya wafat karena bunuh diri. Besarnya pengaruh mendiang Alexander McQueen di dunia fashion dibuktikan akan besarnya animo masyarakat di mana dikunjungi sebanyak 661.509 orang.

Manus x Machina: Fashion in an Age of Technology (2016)

Manus x Machina: Fashion in an Age of Technology (2016)Manus x Machina: Fashion in an Age of Technology (2016)/ Foto: Courtesy of Met Museum


Besarnya pengaruh teknologi dalam kehidupan bermasyarakat sekarang ini termasuk di dunia fashion menjadi tema pameran Met Gala pada tahun 2016. Ekshibisi yang juga disponsori oleh Apple ini dikunjungi sebanyak 752.995 orang.

China: Through The Looking Glass (2015)

China: Through The Looking Glass (2015)China: Through The Looking Glass (2015)/ Foto: Courtesy of Met Museum


Pada tahun 2015, sejarah China dan bagaimana budaya tersebut ditampilkan dalam dunia fashion global, diinterpretasikan dalam sebuah pameran China: Through The Looking Glass. Suguhan instalasi yang bernuansa sinematik di bawah arahan sutradara kenamaan Wong Kar-wai turut menjadi daya tarik tersendiri di samping koleksi busana dan karya seni yang dipamerkan. Pameran ini menjadi salah satu yang tersukses dalam sepanjang sejarah Met Gala di mana dikunjungi sebanyak 815.992 orang.

Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination (2018)

Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination (2018)Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination (2018)/ Foto: Corey Tenold/Vogue


Di tahun 2018, Met Gala berhasil mencetak sejarah di mana pamerannya yang memamerkan karya desainer yang terinspirasi akan agama Katolik dikunjungi sebanyak 1.659.647 orang. Sekaligus membuatnya menjadi ekshibisi paling sukses diadakan di Metropolitan Museum of Art. Setelah sebelumnya rekor tersebut dipegang oleh pameran bertajuk Treasures of Tutankhamun yang diadakan pada tahun 1979 dan dikunjungi sebanyak 1.360.957 orang.

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id