sign up SIGN UP

5 Tips Agar Hasil Catokan Awet dan Tahan Lama

tyana | Minggu, 13 Jun 2021 10:00 WIB
5 Tips Agar Hasil Catokan Awet dan Tahan Lama
caption

Pernah enggak punya pengalaman nyatok rambut lama hingga berjam-jam, tetapi hasil catokan enggak awet dan langsung rusak? Duh pasti kesal banget deh!

Padahal kamu sudah melakukan cara yang sama seperti di salon sampai produk yang digunakannya pun sama. Selain itu penting banget untuk membuat hasil catokan bagus dan awet. Untuk itu, kita telah merangkum beberapa tips catokan rambut awet seperti di salon. 

Pastikan Kondisi Rambut Bersih Sebelum Mencatok

5 Tips Agar Hasil Catokan Awet dan Tahan Lama
Ilustrasi Keramas/Freepik.com

Agar hasil catokan terlihat cantik dan awet, kita perlu memastikan kondisi rambut dalam keadaan bersih. Rambut yang kotor dan berminyak dapat membuat hasil catokan menjadi lepek dan susah di atur.

Untuk itu, sebelum mencatok bersihkan rambut dengan menggunakan shampoo yang sesuai dengan jenis rambutmu. Jangan lupa juga untuk menggunakan conditioner, agar tampilan rambut lebih halus, lembut dan mudah diatur. 

Catok Rambut dalam Keadaan Kering

5 Tips Agar Hasil Catokan Awet dan Tahan Lama
Ilustrasi Mengeringkan Rambut/Freepik.com

Masih banyak yang menilai mencatok rambut dalam keadaan basah dapat membuat hasil catokan lebih tahan lama. Sayangnya, mencatok rambut saat basah dalam menyebabkan rambut menjadi rusak, kasar dan juga rontok.

Kondisi rambut yang basah juga membuat waktu dalam mencatok rambut menjadi lebih lama dan membuat kita cape, sehingga hasil yang didapat tidak maksimal. Untuk itu pastikan rambut dalam keadaan kering sempurna sebelum mencatok rambut. Kamu juga dapat melakukan blow dry untuk membuat rambut kering.

Jangan Gunakan Produk Perawatan Rambut Terlalu Banyak 

5 Tips Agar Hasil Catokan Awet dan Tahan Lama
Ilustrasi Penggunaan Perawatan Rambut/Freepik.com

Untuk melindungi rambut agar tidak rusak banyak orang menggunakan berbagai produk perawatan rambut, seperti hair serum, minyak rambut, vitamin, hairspray, ataupun heat protection. Sayangnya, masih banyak orang yang menggunakan perawatan rambut ini dengan jumlah yang terlalu banyak sehingga menyebabkan rambut terlihat lepek, basah, dan terlalu berminyak. Hal ini juga menyebabkan hasil catokan tidak awet dan lebih sulit dalam styling rambut. 

Agar hasil catokan awet dan cantik sebaiknya untuk menggunakan produk perawatan rambut dengan benar. Untuk penggunaan hair serum, minyak rambut, vitamin rambut atapun hairspray lebih baik digunakan setelah selesai mencatok rambut.

Gunakan Catokan Pada Suhu yang Tepat

5 Tips Agar Hasil Catokan Awet dan Tahan Lama
Ilustrasi Catokan/Freepik.com

Kesalahan yang banyak dilakukan saat mencatok rambut lainnya adalah menggunakan suhu yang terlalu tinggi. Suhu catokan lebih dari 160 derajat dapat mengurangi kelembapan rambut sehingga membuat rambut rusak dan kasar sehingga sangat sulit untuk diatur. Suhu yang terlalu rendah saat mencatok juga membuat waktu pengerjaan lebih lama dan hasilnya juga akan lebih mudah lepas. 

[Gambas:Instagram]

Jangan Langsung Dilepas Setelah Mencatok

5 Tips Agar Hasil Catokan Awet dan Tahan Lama
Ilustrasi Curlying/Freepik.com

Tips mencatok rambut awet dan cantik yang terakhir adalah dengan mengunci hasil catokan sebelum dilepas, khususnya untuk kamu yang sedang curlying ataupun waving rambut. Agar hasil catokan awet juga kamu dapat mengunci hasil catokan dengan roll rambut dan kemudian hairdrying sebelum melepaskan kuncian.

Sama halnya juga dengan kamu yang menginginkan rambut lurus, dapat menggunakan kuncian jari setelah rambut masih hangat. Jangan langsung melakukan kuncian jari setelah selesai mencatok, tunggu hingga satu menit agar rambut tidak panas. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id