sign up SIGN UP

FASHION

5 Tips Agar Tak Ada Lagi Masalah Anak Rambut Berantakan pada Hairlines

Nisrina Salsabila | Sabtu, 02 Jan 2021 16:30 WIB
5 Tips Agar Tak Ada Lagi Masalah Anak Rambut Berantakan pada Hairlines
caption
Jakarta -

Punya banyak anak rambut yang banyak menandakan rambutmu akan tumbuh lebat. Akan tetapi, biasanya rambut-rambut kecil di garis rambut itu tumbuh tak tentu arah, mencuat ke atas bahkan susah untuk diatur. Permasalahan ini terutama dialami oleh pemilik rambut keriting dan kribo. Gel dan sikat edge-control terbaik dapat membantu kamu menjinakkan helai anak rambut yang susah diatur dan menambahkan sentuhan tampilan anak rambut yang ditata berbentuk gelombang.

Selain itu, ada juga tips lainnya yang akan membuat anak rambutmu lebih ‘nurut’ untuk ditata. Check this out!

1. Sebaiknya Jangan Terlalu Sering Keramas

Menata anak rambut
Terlalu sering keramas bisa membuat rambut kering/Foto: Pinterest/instyle

Ritual mencuci rambut ini memang kebiasaan yang baik, tapi jika kamu terlalu sering keramas hal itu akan membuat rambutmu kering dan kehilangan minyak. Akibatnya, akan semakin banyak anak rambut yang mencuat ke atas dan semakin susah diatur karena kehilangan kandungan minyak alami. Disarankan, lakukan keramas 3-4 kali seminggu saja, ya!

2. Kurangi Penggunaan Hair Dryer

Menata anak rambut
Minimalisir penggunaan hair dryer/Foto: Cosmopolitanfr

Bagi kamu pemilik rambut kering dan memiliki banyak anak rambut yang membandel, penggunaan hair dryer juga bisa membuat rambutmu kehilangan kelembapan alaminya dan menjadikan rambut semakin kering. Jadi, sebaiknya keringkanlah rambut secara alami menggunakan handuk dengan gerakan meremas rambut secara lembut ke arah ujung rambut.

Hindari gerakan menggosok-gosokkan rambut pada handuk untuk menghindari rambut bercabang dan gerakan listrik statis yang malah membuat semakin banyak rambut yang mencuat ke atas.

3. Sikat atau Sisir Rambut Berbahan Kayu

Menata anak rambut
Pilihlah sisir kayu/Foto: Pinterest/aylabeauty

Tahukah Ladies? Faktanya, penggunaan sisir berbahan plastik pada rambut akan memicu gerakan listrik statis pada area rambut, loh! Sama seperti saat kamu mengosokkan balon pada rambut, sisir plastik juga akan memicu anak rambut kamu untuk berdiri. Solusinya, pilih sisir rambut yang terbuat dari material logam atau kayu. Sikat rambut dari bulu sintetis yang lembut juga mampu merangsang kulit kepala sambil mendistribusikan minyak alami dan menjaga rambut tetap di tempatnya.

4. Beri Nutrisi dari Minyak Rambut

Menata anak rambut
Hair oil menutrisi dari dalam/Foto: https://shopee.co.id/lorealindonesia/aveccabeautyofficialshop, Instagram/pulchra.id

Teruntuk bagi kamu yang mempunyai rambut lebat dan mengembang, coba aplikasikan hair oil pada bagian rambut yang cenderung lebih kering dan sulit diatur. Hair oil dengan kandungan minyak argan, minyak kelapa murni atau minyak kastor di dalamnya akan menjadikan rambutmu terlihat lebih rapi dan juga ternutrisi. Pakailah secukupnya untuk menghindari rambut yang terlihat lepek.

5. Produk dan Alat Pengatur Anak Rambut

Menata anak rambut
Produk gel edge-control/Foto: Pinterest/ultabeauty/tisunbeauty

Hair spray dan gel rambut menjadi produk rekomendasi untuk mengatasi anak rambut yang susah diatur dan menjaga tatanan rambut dalam waktu yang lama. Sebenarnya, tersedia produk khusus untuk menjinakkan helai anak rambut, yaitu cream atau gel edge-control. Produk yang biasanya digunakan untuk rambut keriting tersebut diformulasikan untuk menghaluskan rambut kering dan rapuh serta meluruskan rambut tepi yang membandel. Miss Jessie's Hold Me Down Super Edge Control Hair Gel atau Style Factor Edge Booster Gel menjadi rekomendasinya.

Menata anak rambut
Alat edge-control brush/Foto: Pinterest/shopbabytress

Selain berupa produk, edge-styling brush merupakan alat penata rambut yang dirancang untuk menyisir dan menata anak rambut dengan sempurna. Alat ini memiliki dua sisi berbeda di kedua ujungnya atau juga secara depan belakang. Bagian sikat lembut yang menyerupai sikat gigi berfungsi untuk menghaluskan anak rambut ke bawah dengan bulu yang lebih padat. Sementara bagian sisir mini akan menyisir helaian rambut tipis dan menyempurnakan tatanan garis rambut.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id