sign up SIGN UP

FASHION

Masih Ragu Untuk Mewarnai Rambut di Rumah? Ikuti Tips dan Trik Ini Aja!

Astari Dewi Larasati | Kamis, 24 Dec 2020 20:00 WIB
Masih Ragu Untuk Mewarnai Rambut di Rumah? Ikuti Tips dan Trik Ini Aja!
caption

Kebanyakan wanita masih lebih memilih mewarnai rambut di salon daripada mengerjakannya sendiri di rumah. Padahal biaya di salon lebih mahal dibandingkan di rumah. Cukup pastikan semua bahan dan alat lengkap, dan tidak perlu memakai teknik khusus. Jadi hanya perlu mengikuti tips dan trik untuk mewarnai rambut berikut ini.

Tahu kapan harus memakai warna terang atau gelap

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mewarnai rambut, yaitu cat rambut.
Tahu kapan harus memakai warna terang atau gelap/freepik.com

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mewarnai rambut. Untuk pewarna permanen bisa memilih warna yang lebih gelap karena punya developer kuat sedangkan warna temporer boleh memilih warna lebih terang. Pewarna rambut temporer tidak memiliki kandungan developer, artinya semakin gelap maka akan semakin tahan lama.

Pertimbangkan tekstur rambut

Tekstur rambut sama pentingnya dengan pewarna rambut yang dipakai.
Pertimbangkan tekstur rambut/freepik.com

Tekstur rambut sama pentingnya dengan pewarna rambut yang dipakai. Bagi yang punya tekstur kasar, keriting, dan kusut akan lebih susah menyerap pewarna serta warna cenderung dingin sehingga rambut menjadi lebih abu atau kebiruan.

Sedangkan bagi rambut halus menyerap pewarna dengan mudah dan warna menjadi hangat sehingga rambut menjadi oranye, merah, serta tembaga. Maka dari itu, cobalah warna hangat seperti emas, tembaga, dan perunggu bagi rambut kusut atau kering. Lalu untuk rambut halus dan lurus, coba pilih warna sampanye serta krem.

Lakukan perawatan rambut pada akar

Agar membantu menjaga kecerahan atau dimensi yang dimiliki rambut.
Lakukan perawatan rambut pada akar/freepik.com

Sebelum mewarnai rambut, lakukan perawatan rambut, namun hanya pada akar saja. Oleskan minyak kelapa atau masker di bagian tengah dan ujung rambut agar membantu menjaga kecerahan atau dimensi yang dimiliki rambut. Selain itu, untuk melindungi pewarna rambut agar tidak mengenai kulit kepala secara langsung. Jika tidak ada minyak kelapa bisa memakai pelembap seperti Vaseline.

Buat menjadi beberapa bagian

Hal ini akan mempermudah saat mengaplikan pewarna pada rambut.
Buat menjadi beberapa bagian/freepik.com

Untuk menghindari pewarnaan ganda (tambalan), buat bagian tengah yang membentang dari depan ke belakang kepala dan bagi rambut menjadi empat bagian. Dua di depan telinga dan dua di belakang. Hal ini akan mempermudah saat mengaplikasikan pewarna pada rambut. Untuk membuatnya lebih teratur, bisa memakai klip agar mempermudah mengerjakan dari depan ke belakang.

Tambahkan kondisioner

Sehingga menghasilkan rambut yang lebih lembut, menambahkan warna, serta lebih berkilau.
Tambahkan sampo/freepik.com

Setelah proses pewarnaan rambut selesai, biasanya pada ujung rambut akan kering. Untuk mengatasinya bisa memakai kondisioner dan hindari menggunakan pewarna lagi. Tiga menit sebelum membilas rambut, tambahkan kondisioner ke dalam pewarna yang tersisa. Kocok dan oleskan campuran ke ujung rambut sehingga lebih lembut, menambahkan warna, serta lebih berkilau.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id