sign up SIGN UP

FASHION

5 Tips Bikin Rambut Jadi Lebih Tebal

Budi Rahmah Panjaitan | Minggu, 20 Sep 2020 16:00 WIB
5 Tips Bikin Rambut Jadi Lebih Tebal
caption

Salah satu kriteria rambut idaman adalah rambut yang tebal. Ya, dengan begitu, rambut akan terlihat lebih bervolume dan sehat.

Sayangnya, tidak semua orang bisa memiliki rambut yang tebal. Ada yang mengalami kerontokan dan ada pula yang memang memiliki rambut yang tipis. Namun tidak perlu khawatir, karena ada 5 tips ang bisa dilakukan untuk membuat rambut menjadi lebih tebal. Simak selengkapnya di bawah ini.

Rawat Rambut dengan Baik

merawat rambut menjadi bagian penting untuk membuatnya tetap sehat
hair care/freepik.com

Definisi merawat rambut dengan baik ini tentu saja sangat beragam. Dalam artian di sini kamu bisa merawat rambut untuk membuatnya lebih tebal dengan melakukan beberapa cara yaitu dengan berkeramas 2-3 kali dalam seminggu, menghindari produk shampoo yang mengandung sulfat, menghindari penggunaan alat penata rambut dalam suhu yang terlalu panas, menghindari pewarna rambut dengan bahan kimia yang terlalu keras dan menggunakan shampoo kering saat rambu terasa berminyak.


Hal-hal ini bisa membantu merawat rambut supaya tidak mengalami kerontokan sehingga ketebalannya tetap terjaga. Selain itu, pertumbuhan rambut bisa lebih optimal dengan meminimalkan bahan kimia yang diterima rambut.  

Membuat Masker Rambut Alami

membuat masker rambut dari bahan-bahan alami bisa menjadikan rambut lebih tebal
hair mask/freepik.com

Selanjutnya adalah membuat masker alami untuk rambut. Ada banyak pilihan masker alami rambut yang bisa dibuat, di antaranya adalah maseker protein, masker buah, masker fenugreek dan juga olesan minyak hangat untuk kulit kepala. Menggunakan masker protein untuk rambut bisa memperkuat helai rambut sehingga mencegah kerontokan.

Selain itu menggunakan masker buah juga sangat baik karena kandungan vitamin dan antioksidan yang membantu menebalkan rambut dan membuatnya tampak lebih berkilau. Sementara itu, untuk fenugreek bisa dijadikan pasta untuk menebalkan tiap helai rambut. Pijatan minyak hangat di kulit kepala juga sangat baik untuk merangsang pertumbuhan folikel rambut.

Menerapkan Gaya Hidup Sehat

menerapkan pola hidup sehat merupakan suatu keharusan untuk bisa mendapatkan rambut sehat
healthy life/freepik.com

Satu hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah gaya hidup. Segala sesuatu yang dirasakan dan dikonsumsi oleh tubuh tentu saja akan berpengaruh terhadap penampilan fisik. Termasuk pula di antaranya bagian rambut. Misalnya saja stress yang tidak jarang menyebabkan kerontokan.

Untuk itu, sebaiknya terapkan gaya hidup sehat dengan meminimalisir stress. Lakukan olahraga secara teratur guna menyehatkan tubuh. konsumsi makanan yang mengandung vitamin E, B, C, D dan seng untuk memperkuat rambut dan mempercepat pertumbuhannya.

Menggunakan Rol Rambut

Menggunakan rol rambut bisa membantunya untuk terlihat lebih bervolume
hair roll/freepik.com

Jika tips-tips sebelumnya mengarah kepada perawatan alami rambut maka untuk tips yang satu ini lebih kepada penciptaan ilusi rambut yang tebal. Caranya cukup mudah, kamu bisa gunakan rol rambut untuk menjadikannya lebih bervolume. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian kemudian gulung tiap bagian menggunakan rol rambut.

Agar rambut tetap tergulung, kamu bisa menggunakan bobby pin maupun penjepit rambut. Tunggulah sekitar 20 menit supaya rambut bervolume yang diinginkan bisa terbentuk sempurna.

Menggunakan Hair Mousse

Hair mousse bisa memberikan efek akar rambut yang lebih terangkat sehingga membuat tampilan lebih tebal
hair mousse/freepik.com

Nah, yang terakhir masih seputar menciptakan ilusi rambut lebih bervolume. Kamu bisa menggunakan hair mousse karena produk ini mampu membuat akar rambut lebih naik. Dengan demikian, rambut akan terlihat lebih bervolume. Tidak hanya itu, kandungan di dalam hair mousse juga dapat menjaga rambut tanpa membuatnya terasa lengket dan kaku.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id