sign up SIGN UP

FASHION

5 Trik Merawat Baju Berbahan Linen Agar Tetap Awet

tyana | Minggu, 23 Aug 2020 19:30 WIB
5 Trik Merawat Baju Berbahan Linen Agar Tetap Awet
caption

Pakaian berbahan linen tengah hits sekarang ini. Tekstur linen yang ringan membuat pakaian yang terbuat dari bahan ini lebih banyak disukai. Tidak membuat gerah, cocok digunakan di negara tropis seperti Indonesia. Bahan linen yang terbuat dari tanaman rami juga lebih ramah lingkungan. 

Diantara banyak manfaatnya. Bahan linen ternyata memiliki kekurangan karena lebih cepat rusak daripada bahan lainnya. Untuk itu, inilah tips merawat baju dengan bahan linen.

1. Jangan Terlalu Sering Mencuci Baju Bahan Linen

Cara Merawat baju Bahan Linen
Ilustrasi Mencuci Baju/pinterest.com/hollycolette

"Semakin sering dicuci, baju akan semakin lembut dan nyaman". Saran ini sepertinya tak berlaku untuk baju dengan bahan linen. Terlalu sering mencuci baju berbahan linen akan merusak serat dari bahan tersebut. Baju akan cepat rusak dan lepek. 


Saat mencuci baju bahan linen juga harus hati-hati. Jangan pernah mencuci baju linen dengan mesin cuci karena akan membuat serat cepat rusak. Jangan juga menggosok bahan linen terlalu kuat. 

Untuk mencuci baju bahan linen, cukup dengan merendam baju dalam air selama 15-20 menit. Serat rami yang besar akan membuat kotoran dalam pakaian cepat luntur dalam air.

2. Jangan Menggunakan Pemutih Pakain

Cara merawat baju bahan linen agar awet
Ilustrasi Mencuci Baju/pinterest.com/ehow/

Pemutih pakaian mengandung berbagai macam bahan kimia yang dapat merusak serat rami dalam bahan linen. Tak hanya itu bahan kimia yang terkandung dalam pemutih juga dapat membuat baju bahan rami lebih kaku dan cepat kotor.

Berbeda dengan baju dengan bahan lain. Baju bahan rapi lebih baik tidak sering dicuci dan cukup dengan dijemur untuk menghindari bau dan bakteri. Semakin sering baju bahan rapi digunakan maka tekstur dari bahan tersebut akan terlihat lebih lembut dan fit on body. 

3. Mencuci dengan Air Dingin

Cara Merawat Baju Bahan Linen
Ilustrasi Merendam Baju/pinterest.com/countrymom1783

Apabila kamu tidak menyukai menggunakan baju yang belum dicuci. Kamu dapat memilih mencuci baju bahan linen dengan merendam dalam air bersuhu ruangan atau dingin. Perhatikan juga tag dalam baju. Biasanya terdapat peringatan dan cara mencuci baju yang sesuai dengan bahan baju.

4. Hindari Pengering Mesin Cuci

Cara Merawat Baju Bahan Linen
Ilustrasi Mesin Cuci/pinterest.com/ednafayecreations/

Pengering mesin cuci bekerja dengan memeras pakaian sampai kering. Proses ini akan membuat bahan pakaian menjadi kusut. Terutama untuk baju bahan linen yang lebih sulit untuk menghilangkan kerutan.

Untuk itu setelah selesai mencuci baju bahan linen kibaskan beberapa kali sampai air dalam baju berkurang. Kemudian, jemur dengan menggunakan gantungan pakaian. Saat menjemur juga jangan lupa untuk membalik baju agar warna tidak cepat luntur karena panas.

5. Jangan Melipat Baju Bahan Linen

Cara Merawat baju bahan linen
Ilustrasi Menggantung Baju/pinterest.com/ducksnfoxes/

Setelah baju kering, gantung baju dalam lemari. Hindari untuk melipat baju. Melipat baju bahan linen akan membuat kusut dan akan sulit untuk membuatnya rapih seperti semula. Perhatikan juga kelembapan lemari. Lemari yang lembab akan membuat baju lebih cepat usang tak hanya bau yang berbahan linen.

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id