sign up SIGN UP

FASHION

6 Langkah Kembalikan Rambut Sehat yang Rusak Akibat Bleaching

Novianty Aulia | Sabtu, 29 May 2021 11:00 WIB
6 Langkah Kembalikan Rambut Sehat yang Rusak Akibat Bleaching
caption

Bagi kamu yang gemar gonta-ganti warna rambut pastinya sudah enggak asing lagi dengan proses bleaching.

Bleaching adalah tahapan dalam pewarnaan rambut untuk menghilangkan warna asli sehingga cat mudah meresap dan menghasilkan warna rambut yang kamu inginkan. Maka tak heran, bleaching menjadi pilihan paling dicari khususnya bagi pemilik warna rambut hitam pekat.

Namun dibalik semua itu, sebenarnya bleaching merupakan ancaman untuk kesehatan rambut lho. Mulai dari rambut kering, mudah patah hingga sulit disisir menjadi keluhan yang sering dilontarkan seusai bleaching. Risiko tersebut semakin berbahaya jika krim pada bleaching memiliki konsentrasi yang terlalu tinggi. 

Walaupun tak mudah untuk mengembalikan kondisi rambut, tetapi masih ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan berlanjut. Berikut, ada 6 langkah memulihkan rambut rusak akibat bleaching. Simak yuk!

1. Memakai Shampoo Khusus

Setelah bleaching sebaiknya kamu menggunakan shampoo yang dikhususkan untuk merawat rambut bleaching.
Ilustrasi Produk Shampoo/Freepik.com


Sederet perubahan pastinya kamu dapati setelah rambut di-bleaching. Kandungan kimia pada bahan bleaching membuat serat rambut lebih mudah patah. Akibatnya, rambut kamu menjadi rentan dan rapuh dibandingkan dengan rambut pada umumnya. 

Pada kondisi ini, shampoo biasa tentunya tak cukup untuk kembalikan kesehatan rambutmu. Dibutuhkan produk perawatan khusus yang diperuntukkan bagi rambut di-bleaching. Kandungan vitamin serta nutrisi pada shampoo tersebut akan merawat rambut dengan baik dan tentunya aman untuk dipakai.

Nah ladies, sebelum rambut kamu semakin rusak yuk segera ganti shampoo dengan produk khusus rambut bleaching ya.

2. Lengkapi dengan Conditioner

Tak cukup hanya dengan shampoo, kamu juga membutuhkan conditioner agar maksimal.
Ilustrasi Produk Conditioner Rambut/Freepik.com


Pemakaian shampoo memang membantu mencegah kerusakan berlebih pada rambut. Tetapi ladies, bukan berarti rangkaian dalam merawat rambut hanya cukup sampai disitu. Kamu masih harus menambahkan produk conditioner sebagai pelengkap agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Penggunaan conditioner menjadi salah satu produk yang wajib kamu pakai pada rambut yang di-bleaching. Pelembab rambut ini akan mengunci kadar air setelah berkeramas sehingga rambut kamu senantiasa lembut dan tidak kering. 

Walaupun hampir semua produk conditioner menawarkan manfaat yang serupa, ada baiknya kamu tetap menggunakan conditioner khusus untuk rambut bleaching. Hal ini dikarenakan conditioner tersebut mengandung lebih banyak nutrisi sehingga memberikan perlindungan yang extra terhadap rambutmu. 


3. Rutin Menggunakan Hair Mask

Fungsi all in one pada produk hair mask akan membantu kamu dalam memulihkan kesehatan rambut setelah bleaching.
Ilustrasi Memakai Hair Mask/Freepik.com


Produk lain yang tak kalah penting dalam merawat rambut bleaching ialah hair mask atau masker rambut. Membawa kandungan vitamin yang tinggi, hair mask dapat menyeimbangkan serta memulihkan kondisi rambut yang kering akibat proses bleaching. Fungsi all ini one ini juga dilengkapi dengan beragam variant sehingga kamu dapat memilih hair mask sesuai selera.

Engga cuma sampai disitu, penggunaan masker rambut secara rutin juga mampu memperkuat kembali akar rambut yang sebelumnya rapuh. Dengan aromanya yang lembut, hair mask dapat mengantarkan perasaan rileks dan cocok untuk melepas lelah seusai beraktivitas. 

4. Kurangi Frekuensi Mencuci Rambut 

Mencuci rambut terlalu sering nyatanya dapat membuat rambut semakin kering setelah bleaching.
Ilustrasi Mencuci Rambut/Freepik.com


Seringkali kamu menganggap sering keramas dapat membuat rambut hitam berkilau. Ya, hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah. Tetapi ladies, mencuci rambut secara sering nyatanya dapat membuat rambut semakin kering lho terlebih setelah di-bleaching. 

Diketahui, shampoo mengandung bahan pembersih yang berfungsi mengangkat kotoran serta minyak pada kulit kepala. Namun bahan pembersih tersebut dinilai terlalu keras untuk kondisi rambut yang rapuh seusai bleaching. Jika hal ini dibiarkan, rambut akan kehilangan kelembapan alami dan batang rambut malah semakin rusak. 

Oleh karena itu, aturlah kembali jadwal mencuci rambut agar tidak terlalu berlebihan ya.

[Gambas:Instagram]

5. Gunting Bagian Rambut yang Rusak

Segeralah membuang bagian rambut yang rusak sebelum semakin parah dan sulit untuk diperbaiki.
Ilustrasi Menggunting Rambut Rusak/Freepik.com


Segala cara telah dilakukan tetapi rambut tak kunjung membaik? Mungkin sudah saatnya kamu memotong bagian-bagian yang rusak tersebut.

Hal ini menjadi langkah yang paling direkomendasikan oleh sebagian besar ahli kecantikan. Bukan tanpa sebab, membiarkan bagian rambut rusak terlalu lama malah memperparah keadaan dari rambut itu sendiri. 

Oleh karena itu ladies, segeralah membuang bagian rusak pada rambutmu sebelum menyebabkan kerusakan yang lebih parah dari sebelumnya.


6. Melakukan Detoks Rambut

Ketika detoks rambut, kamu perlu menghindari berbagai macam peralatan hair stylist agar tidak semakin kering.
Ilustrasi Peralatan Rambut yang Dihindari/Freepik.com


Sama halnya dengan tubuh, rambutmu juga memerlukan proses pembersihan atau yang biasa disebut dengan detoks. 

Detoks pada rambut sebenarnya juga memiliki cara yang hampir sama pada umumnya. Diperlukan beberapa langkah yang harus dilakukan seperti menggunakan conditioner setelah mencuci rambut hingga minyak zaitun.  Rangkaian ini dilakukan agar rambut senantiasa lembut. 

Selain itu, terdapat juga beberapa hal yang perlu kamu batasi seperti penggunaan produk serta alat styling. Hal ini guna mencegah semakin keringnya rambut karena pemakaian bahan kimia.

7. Minyak Zaitun Sebagai Langkah Extra

Minyak Zaitun dapat dijadikan bahan alami untuk melengkapi langkah merawat rambut akibat bleaching.
Ilustrasi Menggunakan Minyak Zaitun/Freepik.com


Sulit pergi ke salon karena kondisi pandemi yang belum membaik? Jangan khawatir karena kamu bisa mencoba sendiri perawatan dari rumah menggunakan minyak zaitun.

Terkenal dengan segudang manfaatnya, minyak zaitun juga menawarkan khasiat untuk rambut salah satunya dapat mempertahankan kilau rambut alami. Tak hanya itu, minyak zaitun juga mampu menutrisi rambut sehingga tidak mudah rusak setelah proses bleaching.

Dengan begitu, kamu tetap bisa dapatkan perawatan rambut layaknya di salon dengan biaya yang jauh lebih murah!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id