sign up SIGN UP

FASHION

Tips Menghindari Rambut Rusak Setelah Bleaching

Phanie Fauziah | Selasa, 25 May 2021 17:30 WIB
Tips Menghindari Rambut Rusak Setelah Bleaching
caption
Jakarta -

Sudah banyak diketahui bahwa rambut merupakan mahkota wanita. Gaya potong, mewarnai, hingga cara merawat pasti sangat diperhatikan untuk tetap tampil optimal. Mengalami masalah pada rambut akan sangat mengganggu penampilan. Salah satunya adalah mengalami rambut rusak setelah bleaching. Efek setelah bleaching biasanya akan mengalami pengelupasan kutikula sebagai pelindung batang rambut, serta rambut mudah patah.

Eits! Tenang, ada berbagai cara merawat atau menghindari kerusakan rambut setelah bleaching, dan terbilang cukup mudah lho! Yuk, simak tipsnya!

Shampoo Khusus

Shampoo Khusus
Shampoo Khusus/Freepik

Bleaching termasuk kegiatan yang melibatkan bahan kimia yang keras dan dapat menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan rambut. Salah satu dari kerusakan rambut yang dapat dialami adalah kerusakan struktur serat di dalam rambut yang mengakibatkan rambut lebih mudah rapuh, patah, luka di bagian ujung, susah diatur, dan mengembang.

Kondisi seperti ini tentu perlu dilakukan perawatan khusus, sampai kegiatan membilas rambut pun perlu dengan shampoo khusus rambut yang dibleaching. Pilih shampoo yang memiliki kandungan planet placenta extract yang mampu memberikan perawatan rambut rusak disebabkan oleh bleaching

Menggunakan Conditioner

Conditioner
Conditioner/Freepik

Selain menggunakan shampoo khusus, conditioner pun perlu memilih yang khusus. Penggunaan conditioner ini tidak boleh diabaikan, karena rambut yang sudah terkena reaksi kimia perlu perawatan spesial. Gunakan conditioner pada ujung dan tengah rambut untuk menutrisi dan meregenerasi sel pada batang rambut. Hindari pula pengaplikasian conditioner pada kulit kepala yang akan menyebabkan akar rambut lebih lepek dan kempes.

Detoks Rambut

Detoks Rambut dengan Minyak Zaitun
Detoks Rambut dengan Minyak Zaitun/Freepik

Bukan hanya tubuh lho yang perlu detoks, rambut juga tentunya perlu. Penggunaan conditioner setiap hari, penggunaan hair mask setiap akhir pekan, hingga mengurangi produk atau alat styling juga merupakan bagian dari detoks rambut. Penggunaan minyak zaitun dengan kandungan antioksidan yang tinggi juga mampu merawat rambut dengan baik. Kamu bisa mengaplikasikannya dengan mencampur minyak zaitun dengan krim creambath.

Setelah melakukan kegiatan pengaplikasian produk-produk tertentu, kamu wajib membilas rambut hingga bersih agar sisa produk tidak tersisa di bagian kulit kepala.

Hair Oil dan Masker Rambut

Hair Oil
Hair Oil/Freepik

Setelah bleaching, hair care menjadi sangat penting agar terhindar dari kerusakan rambut. Pastikan untuk memakai hair oil dan sering menggunakan masker rambut untuk menghindari rambut kering dan rusak. Setidaknya pengaplikasian masker rambut didiamkan sekitar 1 hingga 2 jam untuk penyerapan optimal. 

Prepare Hair Styling

Hair Styling
Hair Styling/Freepik

Menghindari styling memang agak sulit, apalagi jika ada kegiatan yang tentunya harus tampil optimal. Penggunaan hairdryer dan curling wand bisa tetap kamu lakukan, dengan syarat tidak melakukannya secara reguler. Pastikan menggunakan heat protectant spray dan penggunaan alat styling dalam waktu yang lama. 

Nah, Beautynesians pikirkan dahulu sebelum melakukan bleaching ya, karena perlu waktu yang cukup untuk perawatannya.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id