sign up SIGN UP

FASHION

6 Rekomendasi Brand Lokal yang Menerapkan Sustainable Fashion

Dimitrie Hardjo | Minggu, 20 Dec 2020 14:15 WIB
6 Rekomendasi Brand Lokal yang Menerapkan Sustainable Fashion
caption

Di era yang modern ini, gerakkan untuk mengurangi dampak pemanasan global semakin marak dan bergerak dari berbagai sektor, mulai dari energi terbarukan, pangan, teknologi, transportasi, bahkan fashion.

Vice.com menyatakan limbah dari sektor fashion secara global memiliki nilai US$500 miliar per tahun. Mengetahui hal itu, banyak brand fashion bahkan yang ternama sekalipun, turut mendukung gerakkan tersebut dengan menerapkan sustainable fashion atau fashion berkepanjangan.

Fashion berkepanjangan itu sendiri ialah produksi pakaian dengan cara yang etis, baik untuk kesejahteraan tenaga kerja, maupun untuk lingkungan.

Walaupun terdengar idealis karena akan sangat sulit bagi fashion agar 100% etis tanpa menghasilkan limbah sedikitpun, partisipasi individu secara masif bisa membantu agar dampak yang dihasilkan signifikan. 

Namun, ada beberapa fashion brand yang mempropagandakan eco-friendly products dan sustainable fashion hanya untuk sekedar marketing. Maka dari itu, kita harus lebih teliti lagi ketika menilai sebuah brand, dengan menelusuri lebih jauh bagaimana sustainability yang dilakukan fashion brand tersebut.

Berikut adalah beberapa contoh dari banyak brand lokal yang menerapkan fashion berkepanjangan ini seperti yang dilansir dari instagram kampanye @tukarbaju_ :

1. Ease

Pakaian dari brand lokal Ease.
Pakaian dari brand lokal Ease. Foto: instagram.com/ease.brand/

Brand lokal Ease menggunakan bahan alami, seperti bahan viscose dari Lenzing dan Tencel, tidak menggunakan material dari hewan asli, dan mempunyai packaging yang eco-friendly.

Selain itu, proses pembuatan pakaian yang ramah lingkungan juga menjadi salah satu usaha brand ini untuk mendukung fashion berkepanjangan.

2. Lepas

Pakaian dari brand lokal Lepas yang ramah lingkungan.
Pakaian dari brand lokal Lepas yang ramah lingkungan. Foto: instagram.com/lepaswear/

Brand Lepas menggunakan natural fabric, seperti linen murni dan tencel, dan memiliki eco-friendly packaging. Usaha untuk memproduksi fashion yang etis juga dilakukan dengan pemberdayaan penjahit Indonesia skala rumah tangga, mempunyai kalender produksi hanya 2 season setahun untuk meminimalisir limbah produksi dan bahan baku. 

3. Elias & 

Produk jumpsuit brand Elias & terbuat dari bahan Alexander McQueen.
Produk jumpsuit brand Elias & terbuat dari bahan Alexander McQueen. Foto: instagram.com/shop.eliasand/

Elias & merupakan salah satu produk lokal yang etis dengan metode upcycling. Tidak hanya memberdayakan penjahit lokal, brand ini juga menggunakan pakaian bekas untuk di-upscale atau melakukan pengerjaan ulang pakaian lama atau bekas menjadi pakaian dengan design baru yang lebih modern.

Tidak jarang pakaian bekas yang digunakan adalah pakaian dari fashion house besar sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi karena materialnya berkualitas tinggi.

4. OSEM 

Teknik jumputan dengan pewarna alami dari tumbuhan oleh brand lokal OSEM.
Teknik jumputan dengan pewarna alami dari tumbuhan oleh brand lokal OSEM. Foto: instagram.com/_osem/

Melestarikan teknik tradisional jumputan, brand lokal OSEM sengaja memilih warna biru yang dihasilkan secara alami dari tanaman Indogofera tinctoria. OSEM juga menggunakan material dengan bahan ramah lingkungan, seperti linen, rami, dan katun. Tidak hanya itu, kontribusi mengurangi limbah fashion juga dilakukan dengan menghindari penggunaan resleting pada pakaian dan melakukan upcycling.

5. SukkhaCitta 

Tagline brand Sukkhacitta yaitu #MadeRight.
Tagline brand Sukkhacitta yaitu #MadeRight. Foto: instagram.com/sukkhacitta/

Mengusung slogan #MadeRight, brand SukkhaCitta dengan bangga memberdayakan para ibu di desa untuk memproduksi pakaiannya. Kain yang digunakan tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga dimaksimalkan untuk produksi sehingga tidak ada menyisakan sampah. Pewarna alami juga digunakan sehingga tidak hanya mengurangi pencemaran air, para pekerjanya pun terhindar dari bahaya zat - zat kimiawi.

6. Bysihadian

Produk pakaian set By Sihadian.
Produk pakaian dari brand lokal By Sihadian. Foto: instagram.com/bysihadian/

Brand By Sihadian menggunakan 100% pure linen dari serat rami (bukan campuran seperti linen katun, linen import, linen bangkok, dll) untuk pakaiannya dan packaging yang eco-friendly terbuat dari kertas daur ulang.

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id