sign up SIGN UP

FASHION

Yuk Bantu Kurangi Limbah Fashion dengan 6 Cara ini!

Dimitrie Hardjo | Kamis, 17 Dec 2020 12:30 WIB
Yuk Bantu Kurangi Limbah Fashion dengan 6 Cara ini!
caption

Buka lemarimu dan lihat berapa banyak pakaian yang kamu miliki. Berapa banyak dari pakaian tersebut yang kamu pakai lebih dari 10 kali? Berapa kali dalam satu tahun kamu membeli baju baru? Apakah semua pakaian itu kamu kenakan atau hanya dibiarkan menjamur dalam lemarimu?

Pertanyaan demi pertanyaan silih berganti ketika kita memikirkan tentang fashion berkelanjutan atau sustainable fashion. Mengutip dari zerowaste.id, fashion berkelanjutan merupakan praktik dalam pembuatan segala jenis fashion yang etis dengan mengutamakan nilai - nilai seperti lingkungan dan kemanusiaan. 

Bahaya Limbah Fashion

Perubahan iklim global yang didorong dari industri fashion sangat memprihatinkan. Zerowaste.id, sebuah organisasi non profit yang mendukung pengurangan limbah di Indonesia, mengumpulkan berbagai fakta tentang bahaya limbah fashion terhadap lingkungan.

Beberapa diantaranya yaitu secara global, industri ini menjadi sektor kedua setelah minyak yang mencemari dunia dengan kontribusi 92 juta ton limbah tekstil di TPA, 10% emisi karbon yang mempengaruhi iklim bumi dan penebangan rata - rata 85 juta pohon per tahun untuk membuat tekstil, dan masih banyak lagi.

Kondisi bumi saat ini memang lebih buruk daripada tahun - tahun sebelumnya dan akan semakin parah jika orang tidak peduli akan hal ini dan berkontribusi untuk menghentikannya.

Nah, aksi sederhana untuk mengurangi sampah fashion bisa dimulai dari diri sendiri lho, Beautynesian! Berikut adalah beberapa tips dari instagram kampanye tukarbaju_ yang bisa kamu lakukan untuk berkontribusi:

1. Mix and match dari apa yang kamu punya

Mix and match pakaian lama membuat tampilan lebih sylish.
Mix and match pakaian lama membuat tampilan lebih sylish. Foto: freepik.com

Menggunakan pakaian yang kamu beli setahun lalu tidak akan membosankan ketika kamu melakukan mix and match. Styling justru akan membuat pakaian yang tampak kuno menjadi lebih modern.

Mengkombinasikan pakaian dengan aksesoris dan menyelaraskan warna bisa jadi kegiatan yang menyenangkan lho!

2. Jangan gengsi untuk pinjam baju

Meminjam baju lebih efisien dibandingkan membeli baju baru.
Meminjam baju lebih efisien dibandingkan membeli baju baru. Foto: freepik.com

Meminjam baju akan menjadi pilihan paling efisien ketika kamu harus menghadiri acara dengan dress code tertentu. Tidak hanya menghemat biaya, tapi kamu juga menghemat waktu untuk berbelanja.

Apalagi jika pakaian itu hanya untuk sekali pakai, satu sampah fashion berkurang adalah hal yang sangat berarti.

3. Tukar bajumu yang masih bagus

Tukar baju dengan sahabat lebih mengasyikkan.
Tukar baju dengan sahabat lebih mengasyikkan. Foto: freepik.com

Bosan memakai pakaian yang itu - itu saja tapi kondisinya masih bagus? Eits, jangan dibuang! Tukar saja dengan pakaian temanmu yang memiliki kondisi bagus juga. Dengan menukar pakaian, semakin banyak eksplorasi styling yang bisa kamu coba!


4. Thrift shopping

Kurangi limbah fashion dengan membeli baju bekas.
Kurangi limbah fashion dengan membeli baju bekas. Foto: freepik.com

Membeli pakaian secondhand mempunyai banyak keuntungan, tidak hanya kamu mengurangi sampah fashion, tapi kamu bisa menemukan hidden gem dan pakaian yang tidak pasaran. Memakai pakaian eksklusif, vintage, dan unik bisa membuat gayamu semakin oke dengan merogoh kocek yang sedikit. Tapi jangan lupa mencuci pakaiannya terlebih dahulu ya Ladies!

 

5. Tunjukkan kreativitas dengan membuat baju

Membuat baju sendiri dengan bahan alami dan tahan lama.
Membuat baju sendiri dengan bahan alami dan tahan lama. Foto: freepik.com

Kamu bisa unjuk kreativitas dengan membuat baju sendiri. Tantang diri sendiri untuk membuat pakaian yang tidak hanya sesuai seleramu, tapi juga bersifat minimalis dan timeless.

Gunakan bahan yang ramah lingkungan, seperti 100% pure linen agar tidak menghasilkan plastik ketika dicuci. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan pakaian tersebut khusus untuk diri sendiri dalam jangka waktu yang lama.

6. Shop smart

Perhatikan barang dan kualitas pakaian sebelum membelinya.
Perhatikan barang dan kualitas pakaian sebelum membelinya. Foto: freepik.com

Menahan diri untuk membeli pakaian adalah hal yang sulit. Tapi, bukan berarti kamu tidak boleh untuk membelinya sama sekali. Perhatikan toko yang kamu pilih untuk membeli pakaian, pilih brand yang mengadopsi fashion berkepanjangan, yaitu memproduksi pakaian dengan memperhatikan lingkungan.

Seperti tidak menggunakan pewarna kimia, menggunakan bahan kain natural (tidak mengandung plastik atau microfiber), packaging yang eco friendly, animal free, dan lain- lain.

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id